Review ASUS ROG Phone 5s Pro, Performa Overkill Dengan Fitur Fast Charging

Sabineblog.com – ASUS ROG Phone 5s Pro adalah salah satu produk milik ASUS yang dinobatkan sebagai smartphone gaming terbaik di tahun 2021. Gelar ini dinobatkan karena smartphone tersebut secara keseluruhan memiliki keunggulan dari berbagai sisi.

review Asus ROG Phone 5s Pro

Dari salah satu spesifikasinya yang cukup handal adalah kapasitas RAM 18GB dan memori internal mencapai 512GB. Tak hanya itu, ASUS ROG Phone 5s Pro juga dibekali dengan spesifikasi lain yang membuat ponsel ini layak untuk dijadikan pilihan.

Spesifikasi Bodi

Pada bagian belakang, smartphone ini menggunakan material kaca dan framenya menggunakan bahan aluminium. ASUS ROG Phone 5s sendiri hanya memiliki satu varian warna yaitu Phantom Black baik pada bagian bodi ataupun framenya. Untuk keseluruhan bodi dan frame memiliki bobot yang cukup berat yaitu sekitar 238 gram.

Kabarnya bobot yang cukup berat ini disokong oleh layar besar serta beberapa komponen di dalamnya. Sehingga, Anda yang mencari smartphone ringan maka Asus ROG ini tidak disarankan untuk dibeli.

Tak hanya itu, pengguna juga disarankan untuk menggunakan case guna melindungi keamanan dan daya tahan ponsel. Terlebih pada bagian belakang ponsel ini terdapat empat tombol penting seperti tombol L dan tombol R serta serta tombol sentuh L2 dan R2.

review ASUS ROG Phone 5s Pro

Pengujian Performa

Untuk masalah performa, ASUS ROG Phone 5s hanya hadir dalam satu varian dengan RAM 18GB plus memori internal 512GB. Dengan kapasitas RAM yang sedemikian rupa, ponsel ini masih terbilang aman ketika diuji pada game Genshin Impact meskipun tanpa cooler extra. Meski demikian pengguna disarankan untuk menggunakan pendingin tambahan atau berada di ruang AC saat bermain.

Selain pada game di atas, berbagai pengujian lain juga dilakukan pada beberapa jenis game yang tergolong berat dan hasilnya masih tetap berjalan lancar. Sehingga, ketika ada masalah saat penggunaan dan tidak lancar hal itu disebabkan dari optimasi game dari pihak developernya.

Untuk masalah gaming memang tidak bisa diragukan lagi bahkan ASUS juga telah bekerjasama dengan beberapa developer game. Disebut demikian karena untuk bermain game sudah ada settingan tertentu yang tidak ditemukan di smartphone lain.

Untuk pengujian masalah konektivitas juga tergolong bagus sebab sudah support untuk menggunakan jaringan 5G. Dengan demikian, Anda yang lokasinya berada di jaringan 5G maka sudah bisa menikmati internet super kencang.

Kapasitas Baterai

Untuk kualitas baterai saat diuji coba dengan menonton video tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Sehingga, kualitas baterai bisa dikatakan stAndard dan tidak awet karena SoC menggunakan performa monster.

Proses pengujian di game Genshin Impact tergolong boros ketika layar belakangnya diaktfikan saat bermain. Untuk pengujian ke beberapa game lain juga tidak berbeda jauh tetapi untuk game-game yang levelnya menengah ke bawah tergolong aman.

Untuk masalah charhing memang tergolong cepat dari low battery hingga penuh hanya butuh waktu kurang dari 1 jam. Proses ini dinilai sangat baik karena di baterai berkapasitas 6000 mAh mampu melakukan proses charging secepat itu.

Dari sekian banyak Review ASUS ROG Phone 5s Pro ini yang paling disorot adalah proses charging yang super cepat. Selain itu, ASUS juga sudah banyak bekerjasama dengan beberapa game online yang cukup populer.

Hal yang cukup disayangkan adalah bobotnya yang tergolong berat karena beberapa komponennya memang berat. Beberapa kekurangan lainnya adalah saat bermain game berat maka suhu smartphone akan menjadi tinggi. Sehingga bagi Anda yang baru pertama kali memainkan game berat di smartphone tersebut tentu akan merasa tidak nyaman.