Tips dan Trik Windows 10

Tips dan Trik Windows 10SabineBlog.com, Windows adalah suatu sistem operasi pada komputer yang digunakan untuk data server. Para pengguna komputer biasanya sangat kenal betul denngan sistem ini. Perusahaan Microsoft yang merupakan pengembang dari windows ini terus dan terus mengembangkan berbagai windows dengan inovasi- inovasi terbaru.

Jenis windows juga tidak hanya satu, bahkan lebih. Diantaranya adalah dimulai dari pertama kali yang dikembangkan yaitu windows 1.0, windows 2, windows 3, windows 95, windows 98 dan seterusnya sampai ke windows 10. Windows 10 adalah yang terbaru mereka kembangkan. Pada penggunaannya, windows 10 ini lebih mudah dan modern dari yang sebelumnya. Bahkan banyak cara yang masih jarang diketahui banyak orang saat menggunakannya.

Tips dan Trik Windows 10

20 Tips dan Trik Windows 10

Berikut 20 tips dan trik windows 10 yang tak banyak di ketahui orang.

Lazada Flash Sale hemat 99%

Mengaktifkan start menu rahasia

Trik dan tips windows 10 yang tak banyak diketahuin orang ini sangat simple sekali dan sangat mudah juga. Jika anda ingin melakukannya cukup hanya dengan melirik pada ikon windows, setelah anda melihatnya klik kanan dan di sudut kiri bawah. Lalu menu start tampilan lama akan muncul seketika.

Tak hanya itu, cara cepat juga tersedia untuk melakukan tips dan trik ini yaitu anda hanya perlu menekan tombol kombinasi Win+X secara bersamaan. Dan menu start langsung aktif. Sangat mudah dan cepat ya hanya butuh waktu dalam hitungan detik atau menit.

Cek: Cara Rekam Layar Laptop Windows 10

Merubah ukuran start menu sesuai selera

Ukuran yang digunakan pada Start Menu ada dua yaitu Full Screen dan regular. Jika anda ingin mengatur atau membuat rapi app tiles yang anda pasang di Start Menu Windows 10, anda bisa menggunakan ukuran regular yang tingginya terbatas tapi dapat disesuaikan dengan ukuran layar yang anda pilih.

Ukuran Start Menu di Windows 10 yang anda atur, app tile yang tampil dapat ditentukan jumlahnya sesuai dengan ukurannya tanpa harus scroll ke bawah loh. Cara mengubah ukurannya yaitu dengan menjalankan Start Menu dan atur app tiles yang anda mau atau yang sering anda gunakan. Lalu arahkan kursor ke paling ujung dari Start Menu yang akan mengubah bentuk kursornya, setelah berubah klik dan drag sesuai yang anda suka mau besar atau kecil lebar dan tingginya, yang terpenting adalah rapi dan sesuai dengan apa yang anda inginkan.

Cek: Cara Mengecek Spesifikasi Laptop Windows 10

Membuka menu pengaturan windows 10

Tips dan trik windows 10 yang tak banyak diketahui orang berikutnya adalah memuka menu pengaturan windows. Kadangkala ketika kita ingin mengubah atau mengatur menu- menu yang terdapat pada windows atau aplikasi yang kita punya. Karena terlalu ribet atau susah menemukannya, maka itu pada windows 10 ini terdapat caranya.

Trik nya anda hanya perlu menekan tombol Windows Key dan tombol huruf I secara bersamaan. Dan anda akan langsung masuk pada menu pengaturan.

Mengatur Fitur Shutdown Rahasia

Karena hanya tersedia di Windows 10, jadi menu yang satu ini harus di aktifkan terlebih dahulu caranya dengan mengklik kanan di desktop lalu pilih new lalu shortcut. Nanti akan muncul windows pop-up anda harus masukan kode baris %windir%\System32\SlideToShutDown.exe . dengan memasukkan kode baris tersebut nantinya akan menciptakan ikon yang bisa di klik pada desktop dan anda bisa mengganti nama ikon itu sesuai yang anda inginkan.

Untuk shutdown menggunakan slide-down, anda tinggal klik ikon baru yang tadi anda buat sebanyak dua kali lalu tarik ke bawah layar. Anda harus pastikan bahwa semua program telah dimatikan dulu sebelum menggunakannya.

“Move” antara Desktop

Hanya dengan menekan tombol task view akan terlihat di bagian bawah ada beberapa dekstop yang muncul bahkan anda bisa menambah desktop yang baru dan lain yang anda inginkan dengan menekan tombol New yang ada di sebelah kanan. Nah, sekarang anda bisa berpindah dari Desktop yang satu ke yang lain. Gampang bukan salah satu Trik dan tips windows 10 yang tak banyak diketahuin orang.

Multiple Screen

Banyak yang beranggapan bahwa fitur atau menu ini adalah yang paling top markotop. Kenapa ? karena dengan fitur ini, pada saat anda bekerja atau sedang melakukan tugas lainnya pada komputer anda, anda bisa melakukannya bersamaan.

Tips dan trik windows 10 yang tidak banyak diketahui orang yang satu ini, benar- benar sangat membantu. Anda hanya tinggal menyeret windows program ke setiap sudut layar trus membagi layar program separoh ataupun seperempat sesuai keperluan anda. Atau bisa juga mengaturnya dengan  cara cepat dengan menekan tombol Win+tombol arah panah. Dan anda langsung bisa mengaturnya sesuai keinginan anda.

Cortana

Bingung nih atau gak pernah dengar, cortana itu apa sih? Cortana adalah asisten atau pembantu virtual yang Microsoft ciptakan untuk membantu anda yaitu si penguna. Banyak sekali kegiatan yang seru di Cortana ini. Pada windows 10, Cortana telah siap menyambut anda walaupun berada dalam mode Lockscreen.

Anda pasti penasaran, dimana letak keseruannya Cortana ini. Fitur ini secara default telah aktif, jadi kamu hanya tinggal panggil saja dengan “Hey Cortana” di Lockscreen dan perintahlah. Perintahlah sesuai yang tersedia di menu, dan Cortana akan melakukan perintah anda. Seperti robot ya.

Tutup Program Lain dengan Getaran

Biasanya kalau kita sedang rapat atau ada kegiatan lain yang tidak bisa diganggu, pasti kita akan mengubah mode silent atau getaran di smartphone. Tapi kali ini berbeda, di Windows 10 ini Getaran di buat bukan untuk meredam suara atau apapun melainkan untuk menutup program lain.

Kalau anda sedang bekerja atau menggunakan banyak menu lainnya di komputer anda, pasti banyak program yang terbuka. Anda bisa menggunakan fitur getaran ini caranya mudah sekali hanya perlu mengambil bagian atas dari sebuah program lalu goyangkanlah, secara otomatis program lainnya akan tertutup. Wah, unik sekali ya Windows 10 ini.

Menggunakan PIN untuk Autentikasi

Penggunaan PIN adalah salah satu kemampuan yang lebih mudah ketika melakukan autentikasi yang di tawarkan Perusahaan Microsoft. Kelebihan mengunakan PIN ini adalah pengguna bisa masuk tanpa harus menggunakan password. Terlebih lagi PIN ini tidak butuh untuk menekan tombol ‘Enter’.

Cara memasang PIN di Windows 10 adalah diawali dengan buka Settings, akan muncul Accounts lalu anda pilih Sign ini Options. Pada tampilan Sign in option akan muncul seperti Password, PIN, Picture password, anda hanya perlu melihat ke arah PIN kli tombol Add yang ada pada PIN. Lalu masukan password Microsoft account jika PC tersambung dengan Microsoft account. Dan terakhir anda masukan PIN dan konfirmasi PIN dengan cara mengulanginya lalu klik OK.

Dan finally, PIN telah terpasang di Windows 10 anda.

Jalan Pintas Keyboard Windows 10

Penggunaan mouse pada komputer terkadang sedikit berantakan karena lari- lari atau terlalu dinamis. Tapi dengan cara yang satu ini, anda tidak perlu menggunakan mouse. Anda cukup menggunakan tombol kombinasi Windows + A, dengan cara ini akan membuka notifikasi/ Action Center yang ada pada sebelah kanan pada Windows 10.

Touchpad Gesture Untuk Askes Ragam Fitur

Touchpad gesture ini khusus bagi pengguna laptop yang sudah menggunakan Windows 10. Di PC anda tetap bisa menggunakan Touchpad gesture ini dengan mengandalkan Cortana yang telah dijelaskan fungsi dan manfaat Cortana sebelumnya. Kelebihan dari Touchpad gesture ini, anda dapat mengakses bermacam- macam fitur dengan lebih cepat ketimbang yang lain.

Terkadang anda si pemilik laptop belum mengetahui apakah laptop milik anda sudah mendukung gesture ini atau belum. Jika anda ragu silahkan cek terlebih dahulu dengan cara membuka menu Setting lalu buka Devices > Mouse & Touchpad. Anda lihat pada bagian Touchpad kalau anda dapat pesan seperti ini “Your PC has a precision touchpad”, nah berarti anda harus melakukan swipe dan tap.

Berikut ini terdapat daftar gestur yang bisa anda lakukan di touchpad yang sudah didukung ya.

Pilih item dengan mengetuk touchpad sekali saja. Meletakkan dua jari pada touchpad dan geser jari ke atas atau kebawah, Scroll. Zoom in/ out, dengan meletakkan dua jari di touchpad dan cubit atau regangkan jari. Klik Kanan, ketuk touchpad dengan dua jari atau tekan tombol di sudut kanan bawah. Dan banyak lagi yang bisa dilakukan di touchpad .

GodMode

GodMode adalah sebuah folder yang tersembunyi berisi beragam akses pintar dan fitur canggih di Windows 10. Cara mengaktifkannya dimulai dengan membuat folder baru di Dekstop caranya klik kanan pada Desktop pilih new lalu klik folder. Ubah nama folder itu dengan GodMode.{ED7BA470-8E54-465E-825C-99712043E01C} . dan jika berhasil ikon akan berubah semacam Control Panel. Dengan ini, anda dapat mengatur semuanya di pengaturannya.

Right Click Pada Taskbar

Right Click artinya klik kanan, klik kanan pada taskbar di Windows 10 ini membuat anda dapat cepat mengakses sejumlah preset, Task Manager, Cortana dan lainnya. Setelah anda klik kanan pada Taskbar, maka akan muncul beragam menu yang mungkin sebelumnya, harus anda cari lebih dalam lagi menu ini. Tapi dengan adanya Right Click pada Taskbar, anda bisa lebih cepat dan gampang namanya juga Trik dan tips windows 10 yang tak banyak diketahui orang.  Pastinya akan lebih unggul dari yang lainnya.

Right Click Pada Tiles

Kalau sebelumnya tips dan trik windows 10 yang tak banyak diketahui orang yaitu Right Click pada Taskbar, tapi kali ini Right Click juga tetapi beda nya ini pada Tiles. Fungsinya juga sama yaitu untuk memudahkan dan mempercepat akses ke menu yang tersedia. Hanya dengan klik kanan pada tiles yang ingin anda atur dan selanjutnya akan menampilkan pop up menu. Nah, menu ini akan menyediakan banyak pilihan seperti, mengubah ukuran, mematikan live tile dan lain sebagainya.

Gunakan Mode Tablet

Sekarang, Windows 10 sudah dilengkapi dengan mode tablet yang bisa anda gunakan dengan gaya tampilan sama seperti tablet yang keren. Cara untuk menggunakannya dengan membuka “Action Center” lalu pilih ikon tablet mode. Dan mode tablet siap untuk digunakan.

Bash Linux

Untuk mengaktifkan Bash linux, akan sedikit membutuhkan waktu yang lumayan panjang. Yang pertama anda harus buka Turn Windows features on or off > centang Windows Subsystem for Linux (beta) > restart Windows jika di perintahkan. Dilanjutkan dengan membuka settings > update & security > for developers > pilih developer mode. Dan untuk finishingnya buka Command Promp as Admin ketik atau tulis Bash > Enter > dan kalau ada konfirmasi instalasi , pilih ya. Windows 10 akan langsung menginstall Bash.

Jangan lupa untuk memasukkan username dan password terserah apapun yang anda mau. Dan selesai deh untuk instalasi Bash ini. Bash linux sendiri mempunyai fungsi untuk keperluan pengembangan saja seperti anda bisa menginstall dan menjalankan aplikasi linux ini. Dan ingat satu hal, fitur ini tersembunyi, walaupun komputer atau laptop anda sudah dilengkapi Windows 10, bukan berarti akan langsung tersedia Bash Linux ini.

Show Desktop “Tersembunyi”

Biasanya kalau kita sedang mencari data atau informasi di internet, sering sekali menggunakan tautan baru di window, terkadang kalau ingin membaca sekaligus anda akan meminimize kan window itu, tapi di Windows 10 terdapat tombol show desktop yang terhidden alias tersembunyi.

Print to PDF

Tips dan trik pada Windows 10 yang tak banyak diketahui orang yang ke 18 ini adalah adanya Print to PDF. Saya sendiri sering sekali ingin mencetak atau mengubah dokument dari doc ke pdf dengan menggunakan pihak ketiga atau pun harus disambungkan dengan internet dengan menggunakan jasa print online.

Di windows 10 ini sudah dilengkapi Microsoft Print to PDF dengan cara tekan atau klik print dokumen yang akan anda cetak, pada menu printer ubah ke Microsoft Print to PDF. Nah mudah sekali ya.

Record Gaming Session

Zaman sekarang, apalagi anak muda senang sekali dengan game yang tersedia di berbagai gadget. Selain itu mereka juga sering sharing atau membagikan hasil permainan atau permainan apa yang sedang dimainkan ke teman- teman atau komunitas mereka. di windows 10 ini lah tempatnya.

Dengan menggunakan tombol Windows + Alt + R secara bersamaan, anda dapat merekam dan membagikan permainan anda pada yang lain. Seru ya. Eits, jangan karena keasyikan main anda sampai lupa untuk menghentikan rekaman ini ya. Caranya tetap sama kok dengan menggunakan tombol yang tadi. Jadi mulai dan mengakhiri tetap dengan menggunakan tombol yang sama.

Control PC

Selanjutnya trik dan tips pada Windows 10 yang tak banyak di ketahui orang yang terakhir. Untuk mengunci atau shutdown komputer anda tidak harus memakai mouse. Ada cara tersecret loh yaitu dengan menekan Windows + L untuk mengunci dan WINDOWS + x  dan tekan U untuk shutdown sistem di komputer anda. Jadi anda tidak perlu repot dan capek- capek menggunakan mouse. Karena dengan cara ini akan lebih praktis lagi.

Gak menyangka ya, banyak juga trik dan tips pada Windows 10 yang tak banyak diketahui orang. Trik dan tips tersebut benar- benar sangat memudahkan kita untuk mengoperasikan komputer kita. Ditambah lagi dengan banyaknya tuntutan pekerjaan yang mengharuskan kita menggunakan komputer dan deadline yang harus cepat.

Demikian informasi mengenai 20 trik dan tips pada Windows 10 yang tak banyak diketahui orang. Semoga informasi yang sudah dijelaskan diatas dapat membantu permasalahan anda dalam menggunakan komputer atau laptop yang sudah memakai sistem Windows 10.

best seller lazada
About Author: