WhatsApp Luncurkan Fitur Voice Message Preview, Berikut Reviewnya!

Sabineblog.com – Selain mengirimkan pesan via ketikan teks, pengguna whatsapp juga banyak yang suka bertukar pesan via pesan suara atau voice message. Fitur voice message menjadi populer karena WhatsApp tidak membatasi durasi pesan suara yang bisa dikirimkan penggunanya.

fitur whatsapp voice messages preview

Baru-baru ini WhatsApp meluncurkan sebuah fitur terbaru bernama voice message preview. Fitur voice message preview memungkinkan pengguna untuk mendengarkan ulang pesan suara sebelum dikirimkan ke kontak tujuan.

Baca: Cara Mengunci Aplikasi Whatsapp

Aplikasi pesan instan keluaran Meta ini mengeluarkan fitur voice message preview agar pengguna dapat mendengarkan ulang pesan suara yang akan dikirimkan untuk memastikan pesan suara tersebut jelas dan masuk akal.

Fitur voice message preview dapat digunakan pada percakapan individu maupun percakapan dalam grup WhatsApp. Kini, fitur voice message preview sudah bisa diakses di perangkat iOS, Android, aplikasi web, serta aplikasi desktop.

Opsi untuk mendengarkan kembali pesan suara ini muncul setelah pengguna menekan tombol stop untuk menyelesaikan rekaman suara. Pengguna dapat mendengarkan kembali pesan suara dengan menekan tombol play. Untuk menghapusnya, cukup menekan tombol sampah. Jika pesan suaranya sudah siap, pengguna bisa mengirimkannya dengan menekan tombol Send.

Cara Menggunakan Fitur Voice Message Preview pada WhatsApp

Tentu kehadiran fitur voice message preview ini sangat bermanfaat untuk pengguna WhatsApp yang suka berkirim pesan suara. Beginilah langkah-langkah menggunakan voice message preview:

• Pertama, bukalah percakapan, baik yang individual atau percakapan grup WhatsApp.

• Kemudian, rekam pesan suara dengan menekan tombol mikrofon dan geser ke atas untuk mengaktifkan perekaman handsfree.

• Setelah selesai merekam pesan, tekan tombol stop.

• Selanjutnya, tekan tombol play untuk mendengarkan rekaman. Kamu juga bisa menekan timestamp tertentu untuk mendengarkan bagian spesifik.

• Jika kamu kurang puas dengan pesan yang mau dikirim, bisa klik ikon sampah.

• Kamu bisa menekan tombol send untuk mengirimkan pesan suara.

Perkembangan Fitur Voice Message Preview pada WhatsApp

Fitur Voice Message Preview ini sebelumnya telah diuji coba oleh WhatsApp sejak Mei 2021 lalu. Berdasarkan pantauan dari situs WABetaInfo, awalnya WhatsApp memberikan opsi Review dan Cancel untuk memeriksa kembali rekaman pesan suara.

Kini, setelah WhatsApp resmi meluncurkan fitur ini, WhatsApp mengganti kedua opsi tersebut dengan tombol putar dan hapus. Pihak WhatsApp menyatakan bahwa fitur voice message preview akan muncul secara berkala sejak awal bulan Desember ini.