Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tren Teknologi Pada Dekade Selanjutnya


tren teknologi dekade yang selanjutnya

Persiapkan dirimu. Kita telah memasuki dekade baru dan dengan itu datang pula segala macam peningkatan teknologi keren yang pasti akan mengubah hidup kita - dan mendorong kita untuk membelanjakan uang kita, tidak diragukan lagi. Teknologi maju akan dikembangkan pada kendaraan listrik, internet seluler, telepon pintar, tablet, dan hal-hal lainnya yang awal mula dikembangkan pada tahun 2010-an. Dari teknologi konsumen (consumer tech; teknologi yang dibeli langsung oleh individu untuk memenuhi kebutuhan mereka), hingga kekuatan industri baru, inilah yang akan dibawa tahun 2020-an kepada kita.

Semua Hal Tentang 5G

perkembangan jaringan teknologi 5g

Peluncuran teknologi 5G mungkin saja belum terlalu besar-besaran pada tahun 2019, tetapi dekade baru ini adalah ketika perlombaan akan menjadi sengit. Singkatnya, 5G membuat internet 120 kali lebih cepat dari 4G dalam kondisi ideal. Perangkat dapat terhubung dan berkomunikasi satu sama lain tanpa delay, ini sangat mendukung untuk berkembangnya Internet of Things (IoT), di mana segala sesuatu yang melekat pada anda, dari ponsel, jam tangan, hingga mobil dan lampu-lampu di kota, saling terhubung. Hal ini menjanjikan untuk mendukung berbagai proyek, dari Virtual Reality untuk kaum kebanyakan, hingga tahap baru pada proses otomatisasi.

Tetapi pada tahun 2020, kita masih melihat perusahaan telekomunikasi meluncurkan 5G di kota-kota di seluruh dunia, dimana diantaranya  masih dalam tahap pengembangan untuk mencapai kecepatan seperti dewa yang kita harapkan. Dan juga adanya tekanan - pasar yang mendorong 5G kepada masyarakat umum, hal ini bisa memberikan mendapatkan keunggulan kompetitif senilai triliunan dolar selama beberapa tahun ke depan kepada para produsen, terutama jika mereka dapat menyediakannya kepada negara-negara tetangga yang tidak memiliki infrastruktur untuk mengembangkan 5G mereka sendiri. Kita akan melihat lebih banyak perkembangan tersebut pada dekade ini.

Mobil Otomatis dan Kendaraan Listrik

perkembangan mobil listrik pada dekade 2020

Dan dengan munculnya 5G, berkembang pula kendaraan tanpa pengemudi (driverless vehicles). Banyak produsen memoles sensor pada kendaraan mereka (on-board censors), untuk memastikan produk mereka sempurna. 5G mengisi celah tersebut, memungkinkan kendaraan untuk berkomunikasi dengan perangkat lain di sekitaran jalan, sehingga komputer bisa mendapatkan pandangan yang jelas tentang lingkungan sekitar, secara digital. Ini akan membantu kendaraan dalam membuat keputusan yang tepat dan lebih dapat diandalkan yang akan membuat kendaraan tanpa pengemudi menjadi lebih aman.

Produsen juga mengembangkan kendaraan otomatis yang tidak memerlukan campur tangan dari pengemudi dalam kondisi apapun. Banyak pengemudi berpendapat bahwa ini merupakan hal yang berisiko bagi mereka untuk mengambil alih secara tiba-tiba berdasarkan permintaan, katakanlah, jika komputer pada kendaraan tidak yakin dengan jalanan. Pengemudi memerlukan waktu untuk kembali memperoleh gambaran mengenai keadaan sekitar di jalan. Keragu-raguan yang singkat ini bisa menelan korban jiwa.

Tesla juga memberikan banyak kehebohan di tahun 2010-an, mengeluarkan kendaraan listrik kepada khalayak umum dan mengakhiri dekade ini dengan Cybertruck miliknya. Para pesaingnya pun sekarang mengikuti langkah Tesla. Ford dan produsen lain telah menanggapi atas hype tersebut dengan kendaraan listrik mereka sendiri, suatu pertanda baik bagi planet bumi.

Taksi Terbang

Perkambangan taksi terbang pada dekade baru

Melawan kemacetan dengan berkendara di udara, menjadi impian yang segera menjadi kenyataan. Para produsen besar seperti Boeing dan Uber mengucurkan banyak uang untuk merealisasikan taksi udara, yang bisa segera diluncurkan di kota-kota seperti Singapura, New York dan LA. Banyak dari kendaraan ini terlihat seperti helikopter mini atau pesawat kecil dengan kemampuan Vertical Take Off dan Landing (VTOL) yang memungkinkan untuk lepas landas dari langsung pada lokasi dan bisa dijalankan di tempat-tempat perkotaan. Presentasi Volocopter di Singapura memberikan visi yang jelas tentang bagaimana  hal ini bisa segera menjadi kenyataan.

Kendala besar yang sekarang dihadapi masih tetap soal hukum. Kota-kota perlu mencari tahu cara kontrol lalu lintas dalam wilayah udara di perkotaan, dan juga keselamatan penumpang dan properti saat cuaca buruk.
Banyak dari proyek ini akan diluncurkan pada tahun 2023.

Perjalanan ruang angkasa

perjalanan wisata luar angkasa sebentar lagi akan segera terwujud

Dari jalanan darat hingga ke udara, dan sekarang kita menuju ke angkasa itu sendiri. NASA telah menandatangani perjanjian dengan Boeing, Blue Origin dan juga SpaceX milik Elon Musk untuk mengerjakan proyek yang akan mengirim kargo dan manusia ke Stasiun Luar Angkasa Internasional dan lebih dari itu- Musk berharap akan mampu mengirim kargo dan manusia ke Mars pada sekitar dekade ini.

Banyak dari proyek ini berfokus pada bagian pengembangan roket yang dapat digunakan kembali sehingga dapat mengurangi limbah selama setiap kali peluncuran roket, dan menurunkan biaya secara signifikan. Ini berarti, segera, bepergian ke luar angkasa tidak hanya untuk suatu misi, tetapi bisa cukup terjangkau bagi orang kaya dan makmur untuk membayar perjalanan ke perbatasan akhir tersebut.

Rekayasa Genetik

rekayasa genetika akan berkembang pesat pada dekade ini

2019 diakhiri dengan berita bahwa ilmuwan China He Jiankui dijatuhi hukuman penjara karena percobaan rekayasa gen embrio manusia pertama yang dilakukan dengan sukses. Percobaan ini menghasilkan gadis kembar - pertama kalinya embrio manusia berhasil dimodifikasi, ditanamkan, dan dilahirkan.
Tentunya pertanyaan di benak kita adalah apakah ini semua etis. Sementara itu, para ilmuwan yang antusias tidak akan berdiam diri dan menunggu pendapat tersebut menjadi masuk akal. Hukum dan konsensus harus segera dikukuhkan segera karena dekade ini akan menjerumuskan umat manusia lebih dalam ke dalam lubang kelinci (rabbit hole; digunakan untuk merujuk pada situasi atau lingkungan yang aneh, membingungkan, atau tidak masuk akal) pengeditan gen. Sekarang para ilmuwan memiliki jalur maju yang jelas dan terbukti yang dulunya termasuk dalam fiksi ilmiah.

Handphone Lipat

banyak produsen handphone saat ini yang akan merelease type hanphone lipat

Layar lebih besar, footprint (footprint dapat merujuk pada jumlah ruang disk yang dibutuhkan oleh suatu aplikasi) yang lebih kecil. Samsung Galaxy Fold menghadirkan tampilan yang benar-benar segar untuk smartphone pada akhir dekade ini. Para pengembang lain mengikuti tren ini, yang pasti akan terus berlanjut hingga beberapa tahun ke depan.
Samsung telah mengeluarkan tanda-tanda akan meluncurkan perangkat lipat vertikal untuk menyaingi si fleksibel Motorola Razr yang akan diluncurkan. Microsoft juga telah mengumumkan Surface Neo dan Duo, sepasang layar ramping yang dihubungkan oleh engsel yang akan masuk ke pasar pada akhir tahun 2020.

 
AR / VR

AR/VR Teknologi

2010 adalah dekade yang tanggung untuk headset AR/VR. Para desainer memiliki ide-ide keren yang tak terhitung jumlahnya yang siap untuk dilempar ke pasar, tetapi entah bagaimana itu tidak laku. Kebanyakan headset tersebut sangat tidak praktis dan nampak tidak sedap dipandang. Kecepatan internet yang tidak memadai juga berarti bahwa sebagian besar proses rendering yang lambat.
Dengan pertumbuhan 5G dan teknologi yang berlomba-lomba memasukkan prosesor yang lebih besar dalam bingkai yang lebih kecil, gadget AR/VR bisa menjadi barang sehari-hari untuk khalayak umum pada dekade ini. Microsoft, Facebook, Huawei dan banyak produsen lainnya bekerja dengan pengembang perangkat lunak untuk membuat aplikasi dan ide bagi konsumen. Kita bisa segera menggunakannya dalam hal pendidikan, hiburan, dan pekerjaan, menambah dimensi baru dalam cara kita menjalani hidup.

Deepfakes

ancaman teknologi deepfakes ata penyebaran berita bohong

Pengubah CGI dari orang sungguhan ini menjadi masalah yang nyata dalam menipu pemirsa untuk memercayai berita palsu. Deepfakes menjadi lebih cepat untuk dibuat dan mudah menyebar, menimbulkan masalah besar bagi kebebasan berbicara dan regulasi di internet. Konsekuensinya bisa membawa kekacauan.
Setelah pada pemilu 2019 lalu, masyarakat Indonesia dibanjiri oleh berita - berita HOAX, penulis memprediksi pada pemilu 2024 deepfakes menjadi ancaman yang lebih mengerikan pada pesta demokrasi kita saat itu. Di Amerika sendiri, kongres sudah mendesak situs media sosial untuk meninjau kembali kebijakan berita palsu mereka, yang dapat memainkan peran besar dalam peredaran berita palsu. Mengingat Amerika sendiri akan menjalani pemilu di 2020 ini. Adapun pembaca seperti kita, pertahanan terbaik kita adalah dengan tetap membaca secara hati-hati, tidak terlalu serius dalam menganggapi hal-hal sepele dan jangan terlalu mudah meyebarkan berita-berita yang belum valid kebenarannya.