Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Oppo Reno3 Pro 5G, Smartphone Kelas Menengah Premium

Smartphone asal Tiongkok, OPPO tak hentinya merilis produk terbaru. OPPO pun ikut meramaikan deretan ponsel canggih yang dilaunching pada akhir tahun lalu, brand tersebut memperkenalkan Oppo Reno3 Pro. Hadir dengan harga berkisar delapan jutaan, Oppo Reno3 Pro disebut sebut sebagai smartphone kelas menengah premium. Sebelum kamu membeli produk tersebut, ini spesifikasi dan harga Oppo Reno3 Pro yang harus kamu ketahui.
spesfikasi, harga dan review oppo reno3 pro 5g

Spesifikasi Oppo Reno3 Pro

Dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5 yang didukung dengan alumunium frame, Oppo Reno3 Pro ini memiliki layar berukuran 6,5 inch yang didesain sedikit melengkung agar nyaman jika digenggam. Layar Super AMOLED Oppo Reno3 Pro tersebut mempunyai rasio screen to body mencapai 92,1 persen dengan resolusi Full HD 1080 x 2400 pixels yang dilengkapi sertifikasi DCI-P3. Selain itu layar HDR 10 plus Oppo Reno3 Pro juga didukung oleh refresh rate 90 Hz dan deteksi sentuhan hingga 180 Hz.

Layar Oppo Reno3 Pro yang memiliki kerapatan pixel ~402 ppi tersebut, mempunyai punch hole di sisi kiri atas. Di dalam punch hole tersebut, terdapat kamera dengan layar wide beresolusi 32 MP dan aperture f/2.4 yang didukung fitur HDR. Tak hanya itu, kamera depan Oppo Reno3 Pro tersebut mampu merekam video hingga 1080p.

Sedangkan pada bagian belakang Oppo Reno3 Pro hadir dengan empat kamera, salah satu kamera tersebut yang menjadi keunggulan Oppo Reno3 Pro di sisi fotografi. Pasalnya, lensa utama smartphone tersebut yang memiliki resolusi 48 MP dengan aperture f/1.7 itu didukung sensor Sony IMX 586 fsn, teknologi Optical Image Stabilization dan phase detection autofocus sehingga dapat mengambil gambar dengan stabil dan auto focus yang cepat. Lensa kedua, lensa telephoto yang beresolusi  13 MP dan aperture f/2.4 itu, selain dilengkapi oleh fitur phase detection autofocus juga didukung 2x optical zoom. Selanjutnya lensa ultrawide beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.2 dan lensa 2 MP B/W dengan aperture f/2.4. Keseluruhan kamera tersebut memiliki fitur Dual-LED flash, HDR, juga panorama dan dapat merekam video dengan resolusi 2160p dan 1080p yang tak lupa didukung dengan Optical Image Stabilization dan Electronic Image Stabilization.

Oppo Reno3 Pro juga menawarkan dua pilihan memori meliputi RAM 12 GB dengan memori internal 256 GB dan RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB. Ponsel pintar tersebut menyematkan pulsa tekologi UFS 2.1 untuk meningkatkan kemampuan penyimpanan agar Oppo Reno3 Pro dapat memiliki kinerja yang cepat dari smartphone pendahulunya. Sehingga Oppo Reno3 Pro tersebut tidak menambahkan slot Micro SD.

Menggunakan sistem operasi Android 10.0 dan didukung oleh Color OS 7 untuk meningkatkan kinerja ponsel itu sendiri, Oppo Reno3 Pro pun membekali diri dengan Qualcomm SDM765 Snapdragon 765G (7 nm) sehingga mampu mendukung konektivitas 5G. Tak puas Oppo Reno3 kembali menggandeng CPU Octa core dan GPU Andreno 620. Lalu menyematkan beragam fitur dari speaker Dolby Atmos Sound, Near Field Communication, hingga USB Type-C. Sayangnya, Oppo Reno3 Pro ini belum mensupport port audio jack 3.5 mm.

Tampil dengan desain yang tipis, Oppo Reno3 Pro yang berdimensi 159.4 x 72.4 x 7.7 mm dengan ketebalan berkisar 7,7 mm dan berat ponsel sebesar 171 gram. Oppo Reno3 Pro yang telah memiliki sertifikasi TUV Rheinland untuk memberikan kenyamanan pada pengguna sehingga tidak gampang lelah, hadir dengan kapasitas baterai sebesar 4.025 mAh yang didukung oleh VOOC Flash Charge 4.0 atau fast battery charging 30W. Warna ditawarkan pun beragam, mulai dari Blue Starry Night, Moon Night Black, Sunrise Impression, Misty White, hingga Classic Blue dengan fitur keamanan fingerprint.

Kelebihan Oppo Reno 3 Pro

Oppo Reno 3 Pro hadir dengan kamera utama yang didukung sensor Sony IMX 586 fsn, bahkan keseluruhan kamera pun telah dilengkapi oleh Optical Image Stabilization dan Electronic Image Stabilization. Tak cukup disitu, penyimpanan memori yang ditawarkan pun besar dari 128 hingga 256 GB dengan RAM 8 dan 12 GB. Oppo Reno 3 Pro juga memiliki banyak fitur dari VOOC Flash Charge 4.0 untuk pengisian daya, speaker Dolby Atmos Sound, konektivitas 5G, Near Field Communication, dan USB Type C. Layar yang dimiliki telah dilengkapi pula dengan sertifikasi DCI-P3 atau TUV Rheinland dan warna yang ditawarkan ada lima pilihan.

Kekurangan Oppo Reno 3 Pro

Meskipun mempunyai banyak keunggulan, Oppo Reno 3 Pro tetap memiliki kekurangan. Salah satunya smartphone ini tidak menyediakan slot Micro SD sehingga kamu tidak dapat menambahkan penyimpanan. Selain itu Oppo Reno 3 Pro belum menghadirkan port jack audio 3.3 mm, bahkan fitur keamanan hanya tersedia fingerprint tanpa adanya face unlock.

Harga Oppo Reno 3 Pro

Bicara tentang harga, untuk memperoleh Oppo Reno 3 Pro ini. Kamu harus mengeluarkan dana sebesar Rp 7,4 juta untuk varian RAM 8 GB dengan memori internal 128 GB. Sedangkan untuk Oppo Reno 3 Pro yang memiliki RAM 12 GB dan memori internal 256 GB, Rp 9,9 juta harus kamu siapkan.