Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Cara Menghemat Baterai Handphone

Salah satu komponen paling penting yang ada di ponsel adalah baterai. Tanpa baaterai, mau secanggih apapun smartphone dan mau sebanyak apapun data yang dimiliki tidak akan berguna. Oleh karena itu, banyak pemilik ponsel yang baterainya boros mencari cara menghemat baterai handphone guna memperpanjang umur baterai.

cara menghemat baterai handphone


Untuk menghemat baterai ponsel yang cenderung boros ternyata ada caranya tersendiri. Caranya cukup mudah juga untuk dilakukan, jadi tidak perlu khawatir. Ulasan lengkapnya ada di bawah ini.

1. Cek dan Hentikan Aplikasi yang Boros Baterai


menghemat baterai handphone dengan cara mematikan aplikasi boros baterai

Biasanya, Anda bisa melihat mana aplikasi yang memakan baterai paling banyak dari menu setting. Cara untuk mengetahuinya adalah:

  • Buka menu pengaturan atau setting dan pilih bagian battery
  • Pilihlah Show Full Device Usage untuk melihat informasi penggunaan baterai

Jika sudah tahu aplikasi mana yang memakai banyak baterai, maka Anda hanya perlu menghentikan jalannya aplikasi tersebut untuk menghemat banyak baterai. Cara singkatnya adalah dengan menekan tombol recent di ponsel dan pilih Tutup Semua Aplikasi.

2. Turunkan Tingkat Kecerahan atau Brightness


Cara menghemat baterai yang boros selanjutnya adalah dengan menurunkan tingkat kecerahan layar dari android. Cara melakukannya cukup mudah. Anda hanya perlu membuka jendela android dan menggeser panel tingkat kecerahan ke sebelah kiri. Kecerahan biasanya akan redup.

menghemat baterai handphone dengan cara mengatur kecerahan layar

Biasanya, kecerahan yang tinggi akan memakai baterai yang lebih besar. Maka dari itu akan lebih baik jika Anda mengatur tingkat kecerahan pada ponsel untuk menghemat lebih banyak baterai. Anda bisa memakai mode otomatis jika tidak ingin berulang kali mengatur tingkat kecerahan.

3. Matikan Sinyal Radio yang Tidak Terpakai


Biasanya, di ponsel keluaran terbaru akan ada fitur NFC, Wi-Fi, GPS, dan lain sebagainya. Nah, fitur-fitur ini membutuhkan signal radio yang memakan banyak sekali baterai. Untuk menghematnya, Anda perlu mematikan sinyal-sinyal tersebut.

Matikan semua konektivitas yang tidak dibutuhkan dengan cara membuka jendel android dan menekan sekali pada ikon fitur di atas.

4. Jangan Melakukan Multi Tasking


Cara menghemat baterai handpone selanjutnya adalah dengan tidak melakukan multi tasking. Memang, pada dasarnya semua ponsel bisa melakukan multi tasking. Tetapi penggunaan fungsi ini secara berlebihan, apalagi sampai lupa menutup aplikasi yang berjalan di layar belakang ponsel, akan membuat baterai jauh lebih boros.

menghemat baterai handphone dengan cara tidak melakukan multi tasking

Cara mengakalinya adalah tekan tombol recent ponsel dan pilih tutup semua aplikasi. Hal ini untuk menghentikan aplikasi lain yang berjalan di ponsel dan bisa jauh lebih menghemat.

5. Jangan Menggunakan Live Wallpaper


Apakah Anda masih menggunakan wallpaper yang bisa bergerak? Jika iya, maka hentikan penggunaannya sekarang. Live wallpaper cenderung memakan baterai lebih banyak. Karena gambar bergerak di wallpaper bisa diartikan sebagai video yang berjalan terus menerus.

6. Gunakan Widgets Secukupnya


Widgets adalah ikon yang berada di beranda ponsel. Menggunakan widgets memang memudahkan Anda untuk masuk ke dalam aplikasi tanpa membukanya dari dalam layar. Tetapi sebenarnya, terlalu banyak widgets akan memakai baterai lebih banyak. Oleh karena itu gunakan widget secukupnya saja untuk menghemat pemakaian baterai.

7. Matikan Notifikasi Aplikasi yang Kurang Penting


Notifikasi yang muncul di pop up beranda memang terkadang penting. Tetapi, terlalu banyak notifikasi justru akan memakan lebih banyak baterai lagi. Jadi sebaiknya, beberapa notifikasi yang tidak penting ada baiknya untuk dimatikan agar tidak memakan terlalu banyak baterai.

8. Matikan Fitur Automatic Sync


Cara menghemat baterai HP selanjutnya adalah dengan mematikan fitur sinkronisasi otomatis. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengecek aplikasi yang kurang update di ponsel Anda. Nah, pengecekan seperti ini sebenarnya kurang baik untuk pemakaian baterai.
Karena sifatnya yang bekerja di belakang layar, jadi baterai menjadi lebih boros dari semestinya. Untuk lebih menghemat, Anda harus mematikan sinkron otomatis ini dari menu pengaturan > sinkronisasi > non aktifkan tombol sinkronisasi.

9. Pakailah Aplikasi Bebas Iklan di Ponsel


Ada banyak aplikasi yang mengandung iklan di dalamnya. Biasanya, aplikasi model seperti ini adalah aplikasi gratisan yang memiliki versi premiumnya. Memang tidak masalah jika menggunakan versi gratisnya. Tetapi tetap ada resiko yang harus diambil.

menghemat baterai handphone dengan cara menggunakan aplikasi bebas iklan di hp

Banyaknya iklan di dalam sebuah aplikasi berarti pemakaian baterai yang lebih banyak. Karena proses untuk load iklan sendiri cukup lama dan membutuhkan banyak daya. Untuk itu, cara mengakalinya adalah dengan menghentikan pemakaian aplikasi yang memiliki banyak iklan.
Sebenarnya, cara menghemat baterai smartphone cukup mudah dilakukan. Penggunaan aplikasi baterai saver justru tidak disarankan karena aplikasi tersebut berjalan di belakang layar dan memakann banyak baterai juga.

Lagi pula, di dalam ponsel bawaan sudah ada pengaturan untuk menghemat baterai lebih banyak. Anda cukup membuka pengaturan dan baterai. Dari sana ada beberapa opsi penghematan yang bisa Anda lakukan. Biasanya berlaku untuk ponsel keluaran terbaru dengan spesifikasi yang cukup mumpuni.

Itulah beberapa cara menghemat baterai handphone. Semoga bermanfaat.