Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kelebihan dan Kekurangan Realme C3 yang Harus Diketahui, Worth It?

Realme kembali menghadirkan produk terbarunya setelah sukses merilis Realme C1 dan dilanjutkan dengan adanya Realme C2. Realme C3 resmi diluncurkan di tanah air pada pertengahan bulan lalu setelah sukses memperkenalkan Realme 5i. Smartphone ini dihadirkan dengan dua pilihan warna yaitu Blazing Red dan Frozen Blue, dibanderol harga Rp 1.7 juta saja. Layak atau tidak Realme C3 menjadi smartphone pilihan yang dapat menunjang aktivitas di keseharian, simak dahulu kelebihan dan kekurangan Realme C3 berikut.

spesifiaksi dan harga realme c3

Kelebihan Realme C3


Smartphone entry level yang resmi masuk di Indonesia mengusung sesuatu yang beda. Pasalnya Realme C3 yang baru dirilis pertengahan bulan lalu, hadir dengan tiga kamera belakang. Lebih banyak dari jumlah kamera yang disematkan pada Realme C3 yang dirilis di India. Jika Realme C3 di India membawa dua kamera yang meliputi kamera utama dengan resolusi 12 MP dan kamera depth sensor sebesar 2 MP. Smartphone yang memiliki layar IPS LCD capacitive touchscreen 16M colors ini juga telah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3 sehingga tahan gores.

Sedangkan di tanah air Realme C3 membawa tiga kamera yang disebut sebut sebagai Triple Camera Game Monster antara lain kamera utama yang memiliki resolusi 12 MP, kamera depth sensor sebesar 2 MP dan kamera makro dengan resolusi 2 MP. Kualitas gambar yang dihasilkan juga cukup bagus bahkan dapat dikatakan memuaskan, warna yang ditampilkan pun natural sesuai dengan harga yang dibanderol. Hanya saja gambar tampak kurang detail dibandingkan smartphone Realme lain yang baru saja dirilis, agar memperoleh hasil gambar yang maksimal disarankan kamu ambil foto pada area yang cukup cahaya. Semakin sedikit cahaya yang ada maka hasil yang diperoleh akan semaki  menurun.

Realme C3 juga datang dengan membawa chipset Mediatek Helio G70. Meski pun sering dipandang sebelah mata, chipset ini rupanya dirancang dengan proses fabrikasi 12 nm. Selain itu, dalan smartphone ini terdapat prosesor octa core yang meliputi 2 core Cortex A75 dengan kecepatan 2.0 GHz untuk menunjang performa yang maksimal. Ada pula 6 core Cortex A55 berkecepatan 1.7 GHz untuk menghemat daya tanpa mengurangi kinerja smartphone tersebut, ditambah adanya GPU Mali G52 2EEMC2 untuk mengolah grafis pada Realme C3.

Satu yang terpenting khususnya bagi para gamer yaitu memiliki skor sebesar 190 ribu pada benchmark Antutu 8, jika diuji melalui Geekbench 5 Realme C3 memperoleh skor sekitar 336 untuk single core dan 1.257 untuk multi core. Skor yang terbilang cukup besar bagi smartphone di level yang sama, hebatnya lagi Realme C3 mampu menjalan game berat tanpa kendala bahkan tetap lancar meski pun pengaturan grafis HD dan frame rate yang digunakan tinggi. Tak hanya itu smartphone ini juga dapat digunakan untuk multi tasking dengan baik, bahkan perpindahan aplikasi dan navigasi yang dirasakan terbilang cepat.

Pada penyimpanan, Realme C3 menawarkan dua pilihan memori internal yaitu 32 GB dan 64 GB sedangkan pada RAM tersedia tiga pilihan antara lain 2 GB, 3 GB, dan 4 GB. Dengan kapasitas memori mau pun RAM yang mumpuni, smartphone ini dapat memberi performa yang lebih maksimal. Terlebih Realme C3 memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk menambah penyimpanan dengan micro SD.

Sedangkan untuk baterai, Realme C3 mengusung baterai sebesar 5000 mAh yang dapat bertahan hingga dua hari setelah satu kali pengisian daya secara penuh. Jika digunakan secara rutin, smartphone ini dapat bertahan seharian lebih 3 atau 4 jam. Selain itu, baterai yang dimiliki Realme C3 juga dapat dikatakan tahan lama.

Untuk fitur keamanan, Realme C3 menghadirkan sensor sidik jari di Indonesia. Satu hal yang tidak didapatkan pada Realme C3 yang dirilis di India, selain itu smartphone ini mengusung desain yang menarik yang memiliki konsep Sunrise Design dengan bodi smartphone yang dibalut oleh polikarbonat sehingga tidak mudah kotor, sidik jari tidak membekas, dan tahan goresan. Hebatnya lagi desain yang dirancang pada Realme C3 membuat smartphone ini memiliki keunggulan tahan air, pasalnya terdapat port segel dan beberapa penutup bodi yang didesain khusus untuk menangani masalah tersebut.

Realme C3 juga hadir dengan mengusung Realme UI yang baru pertama kali ada di Indonesia, Realme UI sendiri adalah user interface buatan Realme yang menggunakan basis sistem operasi Android 10 dan Color OS. Sehingga tampilan yang dibawa sederhana dan menyerupai sistem operasi Android murni.

Kekurangan Realme C3


Meski pun membekali dirinya dengan baterai yang jumbo, smartphone ini rupanya belum didukung dengan fitur Fast Charging untuk pengisian daya. Ditambah pula daya untuk pengisian hanya 10 Watt sehingga waktu yang diperlukan sampai Realme C3 ini terisi penuh, membutuhkan waktu yang cukup lama bahkan dikatakan sampai menembis 3,5 jam. Realme C3 juga belum didukung oleh port USB Type C, melainkan hanya memakai port micro USB.