Merk SSD External Terbaik di Tahun 2024

Saat ini SSD (Solid State Drive) merupakan disk penyimpanan yang paling baik, fungsinya tidak berbeda dengan HDD (Hard Disk Drive). SSD memiliki beberapa keunggulan bila dibandingkan dengan HDD, seperti kecepatan transfer copy-nya lebih cepat 4x, melindungi data dari korup bila terjadi benturan dan tidak berisik ketika digunakan.

SSD juga tersedia dalam bentuk portable atau external, sehingga memudahkan kita untuk menggunakannya karena bisa dibawa kemana-mana dan juga lebih aman. Kali ini kita akan membahas 10 merk SSD external dengan kinerja dan kemampuan terbaik.

10 Merk SSD External Terbaik dan Tercanggih

 

1. Seagate Fast SSD

 
Merk SSD External Terbaik di Tahun 2022
External SSD satu ini memiliki performa yang tidak bisa dianggap enteng, karena Seagate Fast SSD memiliki kecepatan membaca hingga 540 MB/s dan kecepatan menulis hingga 500 MB/s. Terdapat dua pilihan warna Old Style (putih) dan New Style (hitam dengan lampu hijau LED).
Kamu bisa menikmati formatting bawaan dari SSD ini yang bisa meningkatkan performa, atau supaya bisa terbaca diberbagai operating system yang berbeda, kamu bisa melakukan format untuk merubah format SSD (exFAT, NTFS, dll). Tersedia fitur folder sinkronisasi, yang dapat digunakan supaya file yang didalamnya selalu uptodate dengan perubahan yang terjadi pada semua perangkat.
Hadir dengan 4 varian kapasitas disk, yaitu 250 GB, 500 GB, 1 TB dan 2 TB. silahkan dipilih kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan Kamu. SSD ini didesain tahan terhadap benturan, sehingga kamu tidak perlu khawatir kehilangan data dan juga garansi diberikan selama 3 tahun.

2. Samsung Portable SSD T5

 
SSD External terbaik Samsung Portable SSD T5
Kita semua sudah tahu, Samsung memiliki berbagai produk tekonologi dengan kemampuan yang mutakhir, tidak terkecuali SSD portable dari Samsung ini. Samsung portable SSD T5 ini memiliki ukuran yang cukup kecil, dimensinya hanya 57,3 mm x 74 mm dengan berat 51 gram. Dengan ukurannya yang kecil dan ringan sangat cocok dibawa kemana-mana .
SSD external ini memiliki kemampuan transfer data yang sangat mengagumkan, transfer data bisa mencapai 540 MB/s, 4x lebih tinggi dari external HDD biasa.
Bodi didesain sangat kokoh dan tahan terhadap guncangan, sehingga kamu tidak perlu takut kehilangan data pada saat SSD external kamu mengalami benturan, asalkan tidak terjatuh lebih dari ketinggian 2 meter. Untuk kapasitas memiliki empat varian yaitu 250 GB, 500 GB, 1 TB dan 2 TB.

3. SanDisk Extreme Pro Portable

 
External SSD terbaik SanDisk Extreme Pro Portable
Untuk urusan penyimpanan data SanDisk ini memang jagonya. Produk External SSD yang satu ini dilengkapi dengan software bernama SandDisk Secure Access, sehingga kamu bisa memproteksi folder kamu dengan password tanpa perlu khawatir data Kamu dicuri oleh orang lain.
Kecepatan transfer yang diatas rata-rata juga merupakan keunggulan dari produk ini, transfer data bisa mencapai hingga 1050 MB/s. Bahan alumunium yang digunakan untuk melindungi body menjadikan external SSD ini tahan akan panas dan guncangan. SanDisk Extreme Pro Portabel ini sudah menyandang sertifikat IP55 sehingga sudah tahan akan tekanan air 30 kPa selama 3 menit.
Ukuran dimensi SSD external ini 110,26 mm x 57,34 mm. Untuk varian kapasitasnya hanya ada 3 saja yaitu 500 GB, 1 TB dan 2 TB, tidak menyertakan ukuran 250 GB spserti pada produk external SSD pada umumnya. Memngingat performanya yang sangat baik, external SSD ini layak kamu miliki, untuk urusan garansi SanDisk memberikan 5 tahun, kurang apalagi…??

4. Crucial Portable SSD X8

 
SSD external terbaikCrucial Portable SSD X8
Bagi kamu yang mengutamakan kecepatan transfer benar-benar tinggi, Crucial Portable SSD X8 ini bisa menjadi pilihan. Kecepatan transfer yang dimiliki 1050 MB/s diklaim lebih tingg 1,8 x lebih dari produk external SSD lainnya yang ada dipasaran.
Dengan konektivitas yang dimilikinya berupa USB type C dan A, makan external SSD ini bisa kompatibel dengan banyak perangkat seperti PC, Notebook, Mac, Android, Ipad Pro bahkan dengan consol gaming seperti XBox One dan Play Station 4.
Sayangnya tidak memiliki fitur protection file bawaan da varian kapasitasnya pun sangat terbatas, hanya ada 500 GB dan 1 TB.

5. Samsung X5 portable

 
External SSD terbaik Samsung X5 portable
Bagi Kamu yang PC dan notebooknya sudah memiliki port Thunderbold 3, maka bersiap-siaplah dengan kehadiran External SSD super canggih ini. Body SSD external keluaran Samsung ini seperti mobil balap, sesuai dengan kecepatan yang dimilikinya.
Kemampuan membaca dan tulis External SSD ini sungguh luar biasa, yaitu untuk kecepatan transfer baca hingga mencapai 2300 MB/s dan kecepatan tulis 2300 MB/s, sangat mengagumkan bukan..?. Tapi untuk mencapai kecepatan super ini Kamu harus menggunakan koneksi antarmuka Thunderbolt 3 yang mampu menerima transfer data hingga 40 GB/s.
Bukan hanya transfer datanya yang super cepat, Samsung X5 portable ini juga memiliki ukuran dimensi yang kecil yaitu 119 mm x 62 mm dengan berat 150 gram. Dilengkapi dengan fitur manajeman suhu, bernama dynamic thermal guard, sehingga suhu external SSD dijaga dibawah 45 drajat celcius.
Bahan material yang digunakan untuk melindungi bodi externak SSD ini adalah magnesium allot sehingga mampu melindungi SSD dari goncangan dengan jarak ketinggian tidak lebih dari 2 meter.
Untuk keamanan data Kamu bisa mengenkripsi data dengan proteksi password berbasiskan enkripsi AES 256-bit yang merupakan salah satu enkripsi data paling aman di dunia. Samsung memberikan garansi 3 tahun untuk produknya ini dan memiliki tiga varian ukuran 500 GB, 1 TB dan 2 TB.

6. WD My Passport GO SSD

 
external ssd terbaik WD My Passport GO SSD
Semua produk yang dikeluarkan oleh WD tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, WD My Passprot GO SSD memiliki dimensi berukuran 95 mm x 67 mm. Cukup ramping sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana.
Bodi nya dilengkapi dengan bumber disegala sisi, sehingga dapat meredam guncangan pada saat benturan dari jarak ketinggian tidak kurang dari 2 meter. Terdapat fitur backup otomatis yang bisa kamu aktifkan melalui koneksi internet, sehingga kamu tidak perlu khawatir kehilangan data.
Kecepatan transfer datanya tidak perlu diragukan lagi, kecepatannya bisa 2x lipat dari external HDD manapun, dan WD memberikan garansi selama 3 tahun

7. ADATA SD600Q

external ssd terbaik ADATA SD600Q
Desain bodi berbentuk kotak, Kamu pasti akan menyukai ADATA SD600Q ini karena terlihat sangat hi-tech. kecepatan membaca dan menulis external SSD ini mencapai 440 MB/s, ini artinya file berukuran 5 GB bisa ditransfer hanya dalam waktu 27 detik saja.
material yang digunakan adalah plastik dan silikon yang bisa melindungi external SSD ini dari guncangan atau benturan hingga jarak ketinggian 1,22 meter. ADATA SD600Q ini dikoneksikan dengan menggunakan interface USB 3.2 Gen 1yang kompatible dengan semua platform yang ada, seperti PC, Mac, Android 5.0 dan konsol gaming.
Memiliki dimensi ukuran 80 mm x 80 mm dan 3 varian kapasitas disk yaitu 240 GB, 480 GB, dan 960 GB da juga dilengkapi dengan masa garansi 3 tahun.

8.  LaCie Portable SSD

 
external ssd terbaik
Jika dilihat dari ukurannya yang kecil, Kamu tidak akan menyangka performa yang dimiliki oleh external SSD ini, kecepatan baca dan tulis nya bisa mencapai hingga 540 MB/s. Konektivitas dilengkapi dengan USB type C dan USB 3.0 sehingga sangat mudah dihubungi ke perangkat windows maupun Mac.
Bagi Anda yang gemar bermain videografer pastinya tidak akan kecewa, karena Kamu bisa mengedit video 4K langsung fari hardisk ini tanpa takut data menjadi korup. Terdapat fitur LaCie toolkit yang bisa melakukan backup data secara harian, mingguan ataupun bulanan hanya dengan sekali klik.
Dengan menggunakan LaCie Portable SSD ini Kamu akan mendapatkan aplikasi Adobe Creative Cloud seperti Photoshop, Lightroom, After Effect atau premiere gratis selama 1 bulan.
Untuk varian kapasitas laCie Portable SSD ini memiliki 500 GB, 1 TB dan 2 TB dan menawarkan garansi selama 3 tahun untuk data yang hilang atau hardware yang rusak.

9. PNY Elite Portable SSD

external ssd terbaik PNY Elite Portable SSD
Ukuran exyernal SSD ini lebih kecil dari telapak tangan orang dewasa, dengan dimensi 60 mm x 35,4 mm, sehingga sangat mudah untuk dibawa kemana-mana.
PNY Elite postable SSD memiliki kecepatan baca sekitar 430 MB/s dan tulis 400 MB/s. Anda bisa menghubungkan external SSD ini ke semua perangkat yang mendukung interface USB 3.1 Gen 1 seperti Windows dan Mac.
Memiliki fitur backup data yang bisa Kamu jadwalkan sesuka hati dan penformatan ataupun partisi disk, proses ini dilakukan oleh software bawaan bernama Acronis True Data Protection. memiliki tiga varian kapasitas disk 240 GB, 480 GB dan 960 GB.

10. Seagate One Touch

 
external SSD terbaik Seagate One Touch
Seagate One Touch dangat cocok bagi kamu yang hobi dengan fotografi dan edit-edit gambar, pasalnya external SSD ini memiliki kecepatan transfer data yang cukup baik, bisa mencapai 400 MB/s dan dengan membeli perangkat ini Kamu akan mendapatkan keanggotaan Mylio Create gratis selama 1 tahun yang berfungsi untuk mengorganisir, mengedit, membagai serta mensinkrinisasi foto.
Ditmbah lagi Kamu akan mendapatkan layanan Adoble Creative Cloud Photography selama 2 bulan. Memiliki dua varian kapasitas di 500 GB dan 1 TB. Desain bodi menggunakan kain tenun dengan pilihan warna putih dan hitam.
Terdapat juga Special Edition yang memiliki corak kamuflase berwarna hijau, merah, biru dan abu-abu keputihan yang hanya tersedia pada disk berukuran 500 GB saja.
Demikianlah 10 External Disk terbaik dengan teknologi mutakhir yang bisa menjadi pilihan sesuai dengan kebutuhan Kamu, semoga bisa menjadi referensi.
External SSD ini sudah dilengkapi dengan software backup otomatis berkelanjutan yang akan membuat duplikasi data dari file Anda setiap kali dikoneksikan dengan sebuah platform.
best seller lazada
About Author: