Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Dia Cara Menambahkan Lokasi Di Google Maps Paling Gampang Dan Efektif

cara menambahkan lokasi di google maps

Menjadi monsternya teknologi, membuat google begitu digandrungi. Salah atunya adalah layanan google maps yang merupakan pemetaan online yang bisa menunjang bisnis online Kamu. Apakah anda sudah tahu cara menambahkan lokasi di Google maps? Jika belum tak perlu khawatir, sabineblog akan membahasnya kali ini.

Pemetaan online dewasa ini memang kian diminati. Pasalnya akan lebih memudahkan kita untuk mencari suatu alamat. Terlebih bagi yang punya bisnis online maupun offline. Tentunya Google maps akan sangat membantu. Selain itu, pemetaan online ini gampang diakses kapanpun, dimanapun. Yang penting tetap terkoneksi dengan sambungan internet.

cara menambahkan lokasi di Google maps dari sabineblog ini bisa anda jadikan solusi, lho! Apalagi bagi yang awam sekalipun, tetap bisa kok menerapkan step-stepnya. Dan dijamin it work, Engga sulit ko, mari kita simak penjelasannya dibawah ini.

Lengkap! Cara Menambahkan Lokasi Di Google Maps Dari Sabineblog.com


penggunaan google maps disebut-sebut sangat membantu. Bayangkan saja, untuk mengunjungi lokasi yang lagi hits, namun tak tahu jelas alamatnya Repot juga kan? Tapi, melalui aplikasi layanan Google maps siapapun akan dapat mengakses lokasi dimanapun tempatnya. Berasa jadi lebih mudah ya? Berikut langkah-langkah yang bisa anda praktikkan.

1. Tambahkan Lokasi Melalui Web Pada Komputer

Anda bisa meng-Add lokasi pada google maps melalui web yang mereka miliki. Cara ini cukup simpel dan muda, praktikkan yuk!

a. Masuk ke laman https://maps.google.co.id/ melalui peramban yang anda miliki
b. Anda bisa masuk menggunakan akun Google yang anda punya
c. klik menu utama yang terdapat di bagian kiri atas, tekan dan pilih tambahkan lokasi atau tempat
d. Isi seluruh data yang diminta
e. Cek dan pastikan seluruh data sudah siap,kemudian tekan tombol kirim, tunggu beberapa saat hingga proses review rampung.

2. Melalui Aplikasi Google Maps Pada Smartphone

cara menambahkan lokasi di google maps

cara menambahkan lokasi di Google maps kedua ini ialah melalui smartphone. Anda bisa mengunduhnya melalui app store, google Play hingga yang lainnya. Caranya ialah;

a. Setelah menginstall google maps anda bisa menyalakan GPS ponsel yang anda punya ke internet. perlu diingat, pastikan memori yang anda miliki mencukupi, sebab google maps memiliki ukuran yang lumayan besar.
b. Buka dan login dengan akun google yang anda miliki
c. Klik menu yang berada di pojok kiri atas pilihan add a missing place
d. Kemudian akan muncul notifikasi add a place
e. isi data secara lengkap dan teliti. Biasanya akan muncul pertanyaan-pertanyaan seputar jam kerja, anda bisa menampilkannya. Termasuk memasukkan nomor telepon, situs web agar gampang dihubungi.
f. Sebagai informasi, anda bisa menambahkan foto agar lokasi yang anda tambahkan gampang dikenali. Ada baiknya ada penambahan papan nama. Pasalnya hal ini akan mempermudah pihak Google untuk mereview nya 
g. Selanjutnya klik tombol yang berada di bagian pojok kanan  atas
h. Tunggu hingga Google melakukan review. Perlu diingat, habiskan review memiliki waktu yang berbeda-beda. Semakin komplit data yang Anda input, semakin cepat proses review tersebut.

3. Manfaatkan Google Bisnisku

cara menambahkan lokasi di google maps

Pastinya anda sudah tak asing lagi dong dengan yang satu ini? Yap, bisnisku merupakan  layanan dari Google yang dihadirkan bagi pelaku usaha agar dapat mengembangkan usaha secara online. Program ini dapat anda akses melakukan aplikasi pada play store maupun melalui web.

Salah satu keunggulan Google bisnisku ini ialah menambahkan  lokasi. Menariknya lagi, anda bisa memverifikasi secara langsung terkait kepemilikan usaha itu. Biasanya, pihak Google akan mengirim vetification Code melakukan surat atau telepon. cara menambahkan lokasi di Google maps ketiga ini disebut-sebut mudah untuk diaplikasikan. Apakah anda ingin menjajalnya?

Setelah tahapan verifikasi rampung, berarti Anda bisa sepenuhnya mengontrol tempat usaha yang anda miliki tersebut. Selain itu, adanya fitur personalisasi memungkinkan anda untuk mengatur atau mengubah pada layanan Google bisnisku.

Fitur Asyik Google Bisnis Yang Bisa Anda Nikmati


1. Membalas komentar dari pelanggan, namun anda tak dapat menghapusnya
2. Mengubah jam kerja atau meng-Add jam istimewa atau khusus, pada waktu tertentu
3. Mengubah, menambahkan foto profil, produk hingga cover dengan lebih gampang
4. Memposting konten yang mana akan ditampilkan secara berbarengan dengan hasil searching lokasi usaha anda melalui Google maps atau Google search. Dan masih banyak lagi yang lainnya

Cara Menambahkan Lokasi Melalui Google Bisnisku


a. Masuk menuju situs Google bisnisku
b. Login dengan memakai akun Google yang Anda miliki
c. Klik menu utama yang tertera Manage Locations
d. Tekan opsi add location, kemudian pilih single location (berada di sebelah kanan atas)
e. Saat tampilan baru muncul, ketikan nama usaha yang Anda punya. Hal ini untuk memastikan tempat usaha anda telah ada atau belum pada database Google. Tempat publik yang telah terekam oleh kamera Google street umumnya akan secara otomatis masuk ke dalam Google maps ini.
f. Jika lokasi yang anda tambahkan (tempat usaha) telah berada pada database Google anda tinggal klaim. Kemudian, anda bakal dinotifikasi untuk melengkapi terkait data lokasi usaha yang anda punya tersebut
g. Apabila lokasi usaha anda tergolong baru, klik pilihan create a Business with this name
h. Nah, di tahapan ini isi komplit data-data yang berhubungan dengan usaha yang anda miliki. Misalnya saja, alamat usaha yang wajib diisi tepat dan lengkap.
i. Untuk menentukan penetapan lokasi pada google maps, cek apakah titiknya sudah pas. Anda bisa memanfaatkan GPS ponsel untuk membantu Anda.
j. Jika telah rampung, anda lama diberitahukan  terkait metode verifikasi yang anda mau. Namun, jika usaha anda tergolong baru, hanya ada satu pilihan verifikasi, yakni melalui pos.
k. Sama dengan proses lainnya, lamanya verifikasi ini membutuhkan waktu yang bervariasi. Dan ketika surat verifikasi ini telah sampai di tangan anda, tinggal input kode yang tercantum pada surat pemberitahuan tersebut.
l. Apabila proses ini telah selesai, anda bisa mengontrol penuh usaha online anda pada Google. Dan tentunya mengoptimalkan aneka fitur yang telah disediakan.

Langkah-langkah tersebut di atas juga bisa dipraktikkan melalui Google bisnis versi mobile, lho! Sebagai catatan, anda tidak diperbolehkan mengubah nama tempat usaha anda secara berulang kali. Jika hal ini anda lakukan, maka Google bakal menangguhkannya.

Ingat! Seluruh lokasi yang anda input atau add melalui Google maps wajib diverifikasi melalui bisnisku. Oleh karena itu, jika anda ingin menambahkan tempat usaha menuju Google maps atau Google search secara serius ada baiknya langsung pakai Google bisnisku saja.

Bagaimana, gampang kan cara menambahkan lokasi di Google maps by Sabineblog ini. Dapatkan aneka tips juga info menarik lainnya seputar gadget dan teknologi hanya disini ya!