Aplikasi Desain Rumah Terbaik Untuk PC

Banyaknya aplikasi desain rumah untuk PC, membuat kita menjadi bingung dan bertanya – tanya tentang apa yang membuat suatu aplikasi berbeda dengan aplikasi lainnya.

Menjadi arsitek, seorang yang berkontribusi mendesain rumah dan bangunan komersil serta ikut berkontribusi dalam proses pembangunan merupakan hal yang tidak mudah.

Hal itu juga telah mendorong para pengembang aplikasi  untuk berlomba – lomba meluncurkan berbagai macam perangkat lunak yang dapat membantu arsitek dalam mengerjakan pekerjaannya.

Lazada Flash Sale hemat 99%

Seiring berkembangnya jaman, para arsitek mulai meninggalkan teknik desain rumah konvensional yang masih memanfaatkan penggunaan media kertas dan alat tulis.

Kini, kebanyakan dari mereka sudah beralih ke teknik desain digital. Pada prinsipnya,  metode desain digital ini fungsinya untuk mempermudah pekerjaan si arsitek, memangkas biaya, dan menghemat waktu.

Teknik desain digital ini memanfaatkan berbagai software (perangkat lunak) khusus yang mendukung grafis 2D maupun grafis 3D untuk perancangan model bangunan.

Cek: Daftar Laptop 5 Jutaan, Desain Simpel dan Kekinian

Berbagai fitur yang disediakan oleh para pengembang aplikasi memberikan kemudahan tersendiri bagi para penggunanya dalam mendesain rumah atau mendesain bangunan.

Tidak hanya cocok bagi para profesional, fitur – fitur tambahan tersebut juga cocok bagi para pemula yang masih ingin belajar lebih banyak soal desain bangunan. Tenang saja kami akan membahas beberapa aplikasi desain rumah yang menarik untuk kamu. Berikut kami rangkum 10 aplikasi desain rumah untuk PC yang bisa kamu coba.

Pilihan Aplikasi Desain Rumah Terbaik Untuk PC

  1. Chief Architect

Chief Architect aplikasi desain rumah untuk pc

Aplikasi desain rumah untuk PC yang bisa kamu coba pertama adalah software bernama Chief Architect. Software ini memiliki fitur yang bisa otomatis mempercepat proses mendesain atau renovasi rumah sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Aplikasi ini cocok untuk mendesain model bangunan 2D maupun 3D. Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan oleh para arsitek dalam mendesain bangunan atau objek 2 dimensi maupun 3 dimensi karena hampir selalu memberikan hasil yang memuaskan. Awalnya, aplikasi ini di peruntukkan untuk hal – hal yang berkaitan dengan Home Design.

Sehingga, aplikasi ini memuat semua yang kamu butuhkan dalam mendesain rumah maupun bangunan komersial. Kelebihan aplikasi Chief Architect ini adalah secara otomatis menempatkan elemen pada tempat yang seharusnya untuk menghasilkan desain yang lebih akurat. Misalnya , ketika kamu menggambar dinding, maka Chief Architect secara otomatis mengubahnya ke dalam bentuk 3 dimensi dan menampilkan daftar bahan.

Dalam aplikasi ini juga sudah tersedia bermacam – macam desain interior yang jumlahnya bisa mencapai 12.000 model. Beberapa kelebihan Chief Architect yang bisa kamu dapatkan antaranya adalah, adanya eyedropper, bisa mengekspor gambar yang memiliki background transparan, dan juga bisa mengekspor file HD.

  1. Punch Software

Punch Software aplikasi desain rumah

Aplikasi desain rumah untuk PC yang kedua adalah Punch Software.  Software ini mengkolaborasikan kekuatan Nexgen dan Lightworks. Nexgen berguna untuk menghadirkan kualitas foto atau gambar yang realistis dan indah, sementara Lightworks memungkinkan penggunanya untuk menghasilkan desain perumahan atau proyek berskala besar lainnya secara realistis dan lebih cepat.

Jadi, Punch Software cocok digunakan bagi kamu yang mendapat permintaan dari klien untuk mendesain perumahan atau proyek berskala besar. Memanfaatkan Punch Software memungkinkan kamu untuk melakukan desain bangunan tersebut tanpa di bantu oleh tim pendukung. Aplikasi ini termasuk ke dalam kategori aplikasi premium berbayar. Meskipun begitu, kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi ini menyediakan berbagai macam fitur yang lengkap, sehingga biaya yang kamu keluarkan sepadan dengan manfaat yang kamu dapatkan.

Jika kamu menggunakan aplikasi Punch Software ini, maka kamu bisa lebih mudah untuk mendesain rumah berlantai 2 atau tiga bahkan lebih, mengapa ? Karena Punch Software memang dikhususkan untuk hal – hal yang berkaitan dengan desain rumah, jadi kamu bisa bereksplorasi lebih jauh dengan melakukan banyak hal kreatif di dalam perangkat lunak ini.

  1. Archicad

Archicad aplikasi desain rumah terbaik

Software bernama Archicade ini diklaim sebagai software yang serba bisa dan lengkap. Itu karena software Archicad memiliki beragam fitur yang dimiliki oleh software lainnya.

Bahkan, banyak juga orang yang menyarankan software ini untuk para profesional maupun pemula. Archicad berisi perintah – perintah yang menggambarkan ciri khas elemen – elemen bangunan, seperti dinding, atap, lantai, balok, plat, dan lain sebagainya.

Kelebihan software ini adalah dalam proses desain, kita hanya perlu mendesain  denah bangunannya saja, lalu penampilan dan perspektif bangunan akan diolah secara otomatis oleh sofware Archicad. Dalam mendesain bangunan 3D , Archicad dilengkapi dengan rendering engine.  Namun, sebagian orang menilai bahwa kualitas render yang dihasilkan Archicad masih belum semaksimal kualitas render software 3Dmax. Hal itu dapat dilihat dari kualitas render Archicad yang masih terlihat kaku dan kurang realistis.

Tetapi Archicad memiliki kelebihan lain yang bisa kamu perhitungkan, salah satunya adalah hadirnya fitur parameter mendetail dan penghitungan Bill Of Material yang mudah dipelajari.

  1. AutoCAD Architecture

AutoCAD Architecture aplikasi desain rumah 3D terbaik

Aplikasi desain rumah untuk PC berikutnya yang bisa kamu coba adalah AutoCAD Architecture. Software ini mempunyai kelebihan di sisi tampilan interfacenya yang sederhana. Selain itu, AutoCAD Architecture juga memudahkan kita dalam mendesain objek sehingga mengurangi kendala dalam kerja tim.

AutoCAD Architecture merupakan program khusus dari AutoCAD untuk mengurusi soal desain bangunan, seperti yang kita ketahui, AutoCAD merupakan aplikasi desain yang bisa digunakan untuk berbagai macam bidang desain, seperti mesin dan lain sebagainya, oleh karena itu, AutoCAD meluncurkan program yang khusus untuk digunakan menangani hal – hal yang berkaitan dengan arsitektur.

  1. Autodesk AutoCAD Revit LT Suite

Autodesk AutoCAD Revit LT Suite

Software ini merupakan gabungan dari AutoCAD dan 3Dmax. Kombinasi tersebut memungkinkan kamu untuk melakukan desain dengan lebih cepat dibandingkan menggunakan sofware lainnya. Dengan komponen parametrik, pemakai bisa memanfaatkan komponen – komponen yang sudah tersimpan di AutoCAD Revit untuk mendukung desain bangunannya, seperti pintu, tekstur bahan, serta furnitur.

Cukup menggambar sebanyak sekali saja, pemakai sudah bisa mendapatkan model dan gambar yang diinginkan. Hal itu karena pada software AutoCAD Revit terdapat logika keterbangunan yang bisa mempercepat proses desain gambar.

Namun, untuk soal detailling, itu tergantung dari pemakainya.

Autodesk AutoCAD Revit LT Suite ini pada dasarnya adalah aplikasi BIM ( Building Information Modelling ). Apa bedanya aplikasi BIM dengan aplikasi 3D modeling biasa?

Aplikasi 3D Modeling yang biasa hanya digunakan untuk hal – hal yang berkaitan dengan aspek visualisasinya saja, sementara itu , aplikasi BIM memungkinkan kamu untuk melakukan eksplorasi lebih jauh.

Singkatnya, aplikasi BIM dapat diartikan sebagai sarana yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat dan menggunakan model virtual dari bangunan, sehingga seolah – olah kamu sedang membangun rumah / bangunan sungguhan.

Autodesk AutoCAD Revit LT Suite juga mendukung penggunaan aplikasi analisis, seperti analisis struktur, analisis green buliding, heat load ( beban pendingin / pemanas ruangan ),  dan berbagai analisis lainnya.

Sehingga, sebelum kamu membuat bangunan yang sebenarnya, kamu bisa menganalisanya terlebih dahulu dengan membuat model Revit. Bagaimana, tertarik mencobanya ?

  1. Vectorworks Architecture

Vectorworks Architecture

Software bernama Vectorworks Architecture ini memiliki tingkat kerumitan yang lebih komplit di bandingkan dengan software desain lainnya.  Vectorworks Architecture digadang – gadang menjadi software yang efektif digunakan bagi para profesional yang menginginkan desain rumah atau bangunan yang lebih berkualitas.

  1. Sketchup

aplikasi desain rumah untuk pc Sketchup

Aplikasi desain rumah untuk PC selanjutnya adalah aplikasi bernama Sketchup.

Software ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu penyuka desain. Popularitas Sketchup di dunia desain bangunan memang sudah tidak perlu ditanyakan lagi, hampir semua penyuka desain baik itu profesional maupun pemula pernah menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi Sketchup memungkinkan kamu untuk mendesain objek 3 dimensi dengan lebih cepat dan mudah. Sketchup memiliki tampilan antar muka yang halus dan simple, serta dilengkapi dengan beragam tools (alat – alat) yang sederhana dan mudah diingat.

Banyak juga open source dan plugin yang mendukung kinerja dari Sketchup. Aplikasi ini tidak terlalu berat sehingga kamu bisa mendownload aplikasi ini pada perangkat komputer yang tidak memiliki spesifikasi tinggi.

  1. Microstation

Microstation

Setelah Sketchup, ada juga aplikasi desain rumah untuk PC yang bernama Microstation. Aplikasi ini cukup mudah untuk dipelajari oleh para pemula. Microstation merupakan paket platform desain arsitektur dan rekayasa perangkat lunak yang di kembangkan oleh Bentley System, Incorporated. Di antara beberapa hal itu menghasilkan vektor objek grafis dan elemen 2 dimensi dan 3 dimensi.

Microstation juga terkenal dengan stabilitasnya yang baik dibandingkan dengan aplikasi desain lainnya. Ada beberapa ekstensi yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan fungsionalitas Microstation, misalnya menyediakan daftar bahan yang akurat untuk setiap item yang termasuk dalam desain yang kamu garap.

Pihak pengembang, Bentley System, juga menyediakan beberapa ekstensi yang bertujuan untuk meningkatkan fungsionalitas pada sektor – sektor tertentu. Contoh ekstensi tersebut , misalnya   Bentley Architecture , yang memungkinkan Microstation untuk menghasilkan model 3 dimensi BIM yang cerdas, dimana parameter dapat ditentukan untuk setiap elemen arsitektur.

Ada juga ekstensi yang berfungsi sebagai medan digital yang di lengkapi dengan alat – alat terintegrasi untuk super – elevasi, jembatan, badai, drainase, dan jaringan sanitasi.

Namun, Microstation memiliki kekurangan dari segi kompatibilitas, misalnya microstation tidak bisa membaca gambar olahan AutoCAD. Kekurangan tersebut membuat proses desain kamu agak terhambat.

  1. AutoCAD

AutoCAD

Apa perlu saya bahas aplikasi ini? Masalahnya aplikasi ini sudah banyak diketahui oleh orang – orang dan sudah banyak digunakan oleh para profesional maupun pemula. Oke, baiklah, aplikasi desain rumah untuk PC berikutnya adalah AutoCAD.

Aplikasi ini banyak digunakan oleh insinyur sipil, arsitek, dan lain sebagainya, dalam mengerjakan proyek modelling objek. Mengapa AutoCAD juga cocok untuk insinyur sipil, arsitek dan mesin?

Itu karena AutoCAD bisa digunakan untuk semua keperluan gambar teknik, sehingga dapat digunakan di bidang teknik sipil, mesin, elektro, dan bidang teknik lainnya. Software AutoCAD mampu menghasilkan gambar yang lebih baik dari gambar manual, serta ukuran gambar yang dihasilkan pun lebih akurat karena AutoCAD mampu menghitung angka hinga 13 digit.

Saat menggambar dengan AutoCAD, kamu akan menggambar dengan menggunakan skala 1 : 1, sementara itu pengaturan skala gambar dilakukan pada saat akan di plot.

Desain gambar yang dihasilkan juga lebih rapi, ditambah lagi gambar tersebut juga masih bisa diatur sesuai keinginan kamu ketika kamu hendak melakukan print out.

Kelebihan lainnya yang mungkin akan kamu dapatkan ketika menggunakan software AutoCAD ini adalah praktis, cepat dan mudah, serta ruang kerja yang tak terbatas dengan koordinat tertinggi yang dapat di input 1099, cukup luas untuk menampilkan desain kamu yang berjumlah banyak dalam satu area yang sama.

Software ini terbilang cukup berat, sehingga kamu perlu memperhatikan beberapa hal yang diperlukan sebelum mendownload aplikasi berbayar ini.

  1. Softplan

Softplan

Terakhir, kita punya aplikasi desain rumah bernama Sofplan. Aplikasi Softplan ini tergolong perangkat lunak yang easy to use. Meskipun eaay to use, perangkat lunak ini sudah bisa memenuhi semua kebutuhan desain kamu.

Softplan juga bisa mendokumentasikan proyek desain yang sedang kamu garap secara  sistematis dan lengkap. Aplikasi Softplan menawarkan kemudahan bagi penggunanya dalam mendesain objek 3 dimensi, ditambah lagi terdapat fitur daftar bahan bangunan serta perkiraan biaya real time yang bisa memudahkan kamu dalam mengestimasi potensi anggaran yang kamu butuhkan untuk proyek yang sedang kamu garap tersebut.

Rendering objek 3 dimensi via Softplan juga menghasilkan kualitas rendering yang baik. Tidak hanya itu, desain yang kamu buat di aplikasi Softplan juga bisa di impor / ekspor  ke autoCAD.  Kelebihan terakhir yang juga tidak kalah penting ialah Softplan mengandalkan BIM dan kemampuan parametrik.

Itulah 10 daftar aplikasi desain rumah untuk PC yang kami rangkum dari berbagai sumber terpercaya.

Di era digital seperti ini, mempelajari penggunaan aplikasi – aplikasi desain memang memang merupakan hal yang penting.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan  menggunakan aplikasi desain ketimbang mengerjakan secara manual adalah waktu yang menjadi lebih cepat, penggunaan yang praktis, efisien, dan mudah dalam menyampaikan informasi kepada klien.

Perangkat lunak yang diperuntukkan khusus untuk mendesain rumah / bangunan komersil tersebut rata – rata merupakan aplikasi berbayar. Meskipun begitu, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakannya, karena jika kamu malas atau tidak mau membelinya, kamu masih bisa mencoba versi free trialnya yang bisa bertahan selama beberapa hari sesuai kebijakan pengembang aplikasi.

Siapa yang tahu setelah kamu mencoba versi gratis (free trial) dari aplikasi  yang kami sebutkan di atas, dari yang tadinya malas dan tidak mau membeli jadi tertarik dan semakin serius mendalami ilmu desain bangunan.

Apalagi untuk belajar desain, kamu tidak perlu repot – repot menyiapkan apapun. Tidak perlu menunggu lulus SMP dan masuk SMK, atau menunggu lulus SMA untuk kemudian mengambil jurusan arsitektur di bangku perkuliahan.

Kamu hanya perlu menyiapkan niat atau mental yang kuat dan teguh untuk mulai belajar desain. Tanpa niat kuat, apalah artinya laptop / PC canggih dan software – software desain itu ?

Mulailah dari sekarang, dari hal – hal kecil yang kamu sukai, hal – hal kecil itu nantinya bisa mengantarkan kamu pada hal – hal yang lebih besar.

Dengan mulai mempelajari penggunaan aplikasi desain , kamu sudah bisa mendesain rumah impian kamu dan keluarga tercinta.

Kamu juga mungkin akan bisa menjadi arsitektur sukses di masa depan nanti, bagaimana bisa?

Bisa saja, jika kamu terus berdoa dan giat belajar. Semoga bermanfaat.

best seller lazada
About Author: