Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Daftar Universitas Swasta Terbaik Di Indonesia

Masih banyak yang beranggapan bahwa kualitas universitas swasta di Indonesia tidak sebaik universitas negeri. Nampaknya anggapan tersebut tidak seluruhnya benar. Saat ini sudah banyak universitas swasta yang unggul pada suat bidang dibanding universitas negeri. Untuk mengetahui apa saja universitas swasta terbaik di Indonesia, ikuti ulasan berikut.

Daftar nama universitas swasta terbaik

1.     Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Berlokasi di Bantul, universitas ini sering masuk top ranking dan bersaing dengan universitas negeri lainnya. Hal ini wajar karena pengelolaan website universitas yang lengkap menyediakan segala informasi ditambah dengan banyaknya lulusan UMY yang berhasil. Jurusan dan program studi yang tersedia pun hampir semuanya terakreditasi A oleh BAN-PT.

2.     Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara

Terkenal keunggulannya di bidang informasi dan teknologi, universitas BINUS telah menyelenggarakan kelas Online atau kelas jarak jauh lebih lama dari universitas lain. Selain itu fasilitas yang dimiliki juga sangat mendukung mahasiswa dalam melakukan praktek dan belajar. Banyak juga selebriti terkenal yang lulus beralmamater universitas BINUS seperti Raisa, Esa Sigit, Aurel Hermansyah, William Tanuwijaya dan banyak lagi.

3.     Universitas Trisakti

Universitas Trisakti

Meskipun didirkan oleh pemerintah Indonesia, Universitas Trisakti pada akhirnya menjadi universitas swasta yang termasuk tua di Indonesia. Universitas Trisakti selalu masuk dalam daftar universitas swasta terbaik di Indonesia. Juga terkenal sebagai kampus reformasi, universitas ini telah banyak meluluskan banyak tokoh politik di Indonesia sepeti Yenny Wahid, Aziz Syamsudin, Basuki Tahya Purnama dan lainnya.

4.     Universitas Telkom

universitas telkom

Sering mendapat penghargaan di bidang inovasi, Universitas Telkom sudah tidak diragukan lagi. Tidak hanya dosen, banyak juga mahasiswa Universitas Telkom yang berprestasi dalam inovasi teknologi dan komunikasi. Prestasi dan inovasi tersebut bisa jadi didapat karena dukungan fasilitas dan kelas yang berakreditasi internasional. Website universitas pun sangat responsif juga up-to-date serta tersedia dalam Bahasa Inggris.

5.     Universitas Pelita Harapan

Universitas Pelita Harapan

Biasa juga disebut UPH, program studi saintek merupakan program yang paling banyak diminati oleh pendaftar. Universitas ini juga terkenal dengan jurusan kedokterannya. Selain itu, banyak kelas di UPH yang disampaikan dalam bahasa Inggris secara menyeluruh. Hal ini diterapkan karena UPH mengacu pada standar internasional.

6.     Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia


Menjadi universitas swasta tertua di Indonesia, gedung UII tersebar di beberapa daerah di Yogyakarta. Bukan hanya gedungnya saja, relasi dan kolaborasi UII pun tersebar di seluruh dunia. Akreditasi UII adalah A dan kebanyakan akreditasi jurusan dan program studi di UII pun berpredikat A. UII juga menawarkan beberapa beasiswa dan juga program kelas internasional.

7.     Universitas Katolik Parahyangan

Universitas katolik Parahyangan

Banyak yang mengenal Universitas Katolik Parahyangan karena prestasi internasionalnya. Contohnya adalah juara paduan suara tingkat internasional dan penaklukan tujuh puncak dunia. Di balik itu, UNPAR memiliki fasilitas lengkap di kedelapan fakultasnya. Sepak terjang universitas ini pun sudah dimulai sejak lama contohnya adalah doktor pertama dari universitas swasta adalah lulusan universitas ini.

8.     Universitas Muhammadiyah Malang

Universitas Muhammadiyah Malang

Satu lagi kampus Muhammadiyah terbaik di Indonesia adalah Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Universitas ini terkenal memiliki relasi luar negeri yang cukup luas. Program pertukaran mahasiswa dan banyaknya mahasiswa internasional yang belajar di UMM adalah buktinya. Di samping itu, banyak inovasi dosen UMM yang mendapat penghargaan contonya ASEAN Energy Awards dan lain-lain.

9.     Universitas Pasundan 

Universitas Pasundan

Dari tahun ke tahun, Universitas Pasundan tidak pernah keluar dari top 10 universitas swasta terbaik di Indonesia yang dirilis berbagai sumber seperti UniRank dan 4ICU. Terdapat puluhan program studi yang terakreditasi A. Terdapat juga beberapa dosen internasional yang mengajar di universitas ini. Banyak juga program pertukaran pelajar yang dijalin oleh Universitas Pasundan dengan universitas di negara Korea, China, Jepang, Thailand dan masih banyak lagi.

10.  Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana

Universitas Mercu Buana termasuk ke dalam jajaran universitas swasta top di Jakarta. Ada banyak alasan di baliknya contohnya adalah akreditasi kampus ‘A’. Kelas yang diselenggarakan juga beragam tidak hanya kelas reguler tapi juga ada kelas karyawan dan kelas jarak jauh. Universitas ini memiliki mahasiswa dari berbagai penjuru Indonesia. Mahasiswa UMB juga memiliki banyak peluang untuk mendapat beasiswa baik dari kampus atau pun luar kampus.

Kriteria universitas terbaik

Universitas swasta terbaik di Indonesia

Untuk dapat menyebut sebuah universitas berkualitas baik, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Bahkan beberapa halaman yang merilis daftar ranking universitas pun memiliki kriteria dan indikatornya tersendiri. Oleh karena itu, sebuah universitas bisa ranking pertama di bidang tertentu tetapi ranking kedua atau malah tidak mendapat ranking di bidang yang lain.

Lalu kriteria apa yang biasa digunakan untuk mengukur kualitas sebuah universitas? Secara umum, terdapat berbagai kriteria yang harus dipenuhi secara detail. Di anataranya, inilah beberapa kriteria yang sering dijadikan tolak ukur.

1.     Pengelolaan website atau domain universitas

Kriteria ini merupakan kriteria yang digunakan oleh UniRank dan Webometrics. Lebih mengedepankan aspek digital, kriteria ini menilai tentang halaman website dinamik yang sering terekam dalam google search engine atau mesin pencari. Pengutipan nama universitas dalam karya ilmiah yang diupload di internet dan direkam oleh mesin pencar juga menjadi salah satu kriteria.

2.     Publikasi, penelitian, inovasi dan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan profesor

Sesuai dengan Tri Darma perguruan tinggi, kualitas sebuah universitas akan terlihat dari karya para pengajarnya. Karya tersebut bisa berupa temuan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat. karya tersebut juga harus terekam. Terutama pada bagian publikasi, universitas yang baik adalah universitas yang dosennya aktif menulis atau membuat publikasi dan termuat di beberapa jurnal internasional terindeks scopus. Hal ini dikarenakan jurnal terindeks scopus lebih banyak pembaca dan peluang sitasi penulis yakni dosen lebih besar. 

3.     Akreditasi jurusan dan program studi

Di Indonesia sendiri BAN-PT atau Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi adalah badan yang bertanggung jawab untuk memberi nilai pada tiap universitas. Nilai atau akreditasi ini hanya bertahan selama beberapa tahun dan harus dinilai ulang. Untuk mencapai nilai ‘A’ tentunya banyak kriteria yang hanya diketahui pihak penyelenggara. Selain itu untuk menyandang ‘World Class University’ pun universitas juga harus memenuhi standar akreditasi internasional.

4.     Fasilitas yang tersedia

Fasilitas tentunya berperan besar dalam proses pengajaran dan penelitian. Fasilitas seperti laboratorium, perpustakaan digital, auditorium dan lainnya tentunya akan menambah nilai tersendiri. Tak jarang juga masyarakat menilai kualitas sebuah universitas dari yang tampak yakni fasilitas. Dalam bidang ini, universitas swasta terbaik di Indonesia tentunya lebih unggul.

5.     Lulusan  

Lulusan cukup berpengaruh dalam penentuan kualitas universitas. Hal ini dikarenakan lulusan merupakan outcome universitas yang terjun langsung di masyarakat. Semakin bermanfaat lulusan, citra universitas pun akan semakin baik. Kriteria lain adalah masa kuliah lulusan. Semakin lama masa kuliah justru menunjukkan sistem manajemen yang kurang baik bagi universitas.

Itu tadi pembahasan 10 universitas swasta terbaik di Indonesia beserta dengan kriterianya. Tiap tahun daftar dapat berubah menyesuaikan dengan kualitas masing-masing universitas. Adakah universitas favoritmu?