Cara Mengecilkan Ukuran Photo di PC dan Android

Cara Mengecilkan Ukuran Photo di PC dan Android – Terkadang, ketika ingin mengirim foto yang berbentuk softcopy, sering kali ukuran foto bermasalah karena terlalu besar. Foto harus dikecilkan terlebih dahulu agar pengiriman softcopy bisa lebih baik.

Selain itu, kita perlu tahu bahwa sebenarnya mengurangi ukuran file juga bisa membuat kerja beberapa aplikasi ataupun website yang Anda kelola menjadi lebih baik. Kenapa bisa seperti itu? Sederhana sekali.

Sebab, pada dasarnya optimasi gambar yang merupakan salah satu syarat untuk mempercepat proses loading sebuah blog. Oleh karena itu optimasi gambar dengan cara mengecilkan ukuran masih dianggap perlu.

Lazada Flash Sale hemat 99%

Lantas, bagaimana cara mengecilkan ukuran photo?

Apakah Sulit untuk Mengecilkan Ukuran Photo?

Cara Mengecilkan Ukuran Photo di PC dan Android

 

Bagi orang yang awam, mungkin agak sedikit bingung tentang bagaimana melakukan kompress jpg di bawah 100 kb dan bagaimana cara mengoptimalkan gambar.

Padahal, ada begitu banyak tools dan aplikasi gratis yang bisa digunakan untuk mengkompresi gambar. Baik secara offline maupun secara online. Anda juga bisa melakukan kompresi di HP.

Jika Anda ingin mengompress gambar dengan lebih mudah, maka Anda bisa mulai menggunakan website pengompress gambar. Tetapi apabila Anda ingin melakukan kompress secara offline, ada juga beberapa aplikasi yang bisa digunakan.

Nah, di sini, kami akan menjelaskan bagaimana cara mengecilkan ukuran photo di PC dan Android, sekaligus juga situs-situs yang bisa Anda kunjungi untuk melakukan kompress gambar.

Website yang Bisa Dipakai Untuk Mengecilkan Ukuran Photo di PC dan Android

Mengompress gambar dengan menggunakan website atau situs pengecil gambar memang memiliki kelebihan sendiri.

Salah satunya adalah karena lebih mudah digunakan. Tidak perlu belajar lebih dalam atau menjalankan langkah-langkah dalam mengecilkan ukuran foto. Anda hanya perlu mengunggah dan situs akan langsung mengompress foto secara otomatis.

Anda hanya perlu melakukan drag and drop saja. Kelebihan lain dari menggunakan website untuk mengecilkan ukuran foto adalah bisa digunakan di PC dan Android sekaligus. Bahkan bukan hanya di Android, Anda juga bisa mengaksesnya di iPhone saja.

1. TinyPNG

Mungkin Anda sudah pernah mendengar mengenai situs Tiny PNG yang merupakan salah satu situs kompresi gambar online yang paling populer.

Meskipun memiliki nama PNG, tetapi situs ini juga bisa digunakan untuk mengompress file yang memiliki ekstensi JPG. Situs ini bisa mengurangi ukuran file sampai 70% dan memiliki teknik kompresi berbasis Lossy.

Kelebihan lain dari TinyPNG adalah bisa mengompresi gambar ini sampai 20 gambar dengan ukuran maksimal 5 MB. Uniknya lagi, TinyPNG juga bisa dijadikan plugin Photoshop, hanya saja memang tidak gratis. Biaya untuk membeli TinyPNG sekitar $50.

2. Compressor.io

Belum banyak yang mengetahui mengenai compressor.io karena memang masih terhitung baru dalam situs pengompressan. Web ini menyediakan layanan gratis dan sangat mudah untuk dioperasikan.

Selain itu, kelebihan dari situs ini adalah bisa digunakan untuk 4 tipe ekstensi file yang berbeda. Dari mulai JPEG, PNG, GIF, dan SVG. Ada juga pilihan untuk melakukan lossy atau lossless selama melakukan kompresi.

Kelebihan lain dari situs ini adalah memiliki batasan file maksimum lebih besar, yakni sekitar 10 MB.

3. Optimizilla

Ini merupakan situs ketiga yang bisa digunkana untuk melakukan kompresi gambar. File upload bisa sampai 20 MB dengan kualitas yang terjaga tetapi juga menggunakan algoritma lossy dalam format JPEG dan PNG.

Dalam web ini, Anda juga bisa melakukan preview terlebih dahulu sebelum diunduh.

4. JPEGMini

JPEGMini adalah situs selanjutnya yang bisa dipakai untuk mengompresi gambar tetapi tetap menjaga kualitasnya.

5. Yahoo Smush.it

Sesuai dengan namanya, ini merupakan produk buatan Yahoo yang mengambil sistemm lossless dan cukup populer di kalangan pengompress gambar. Di sini Anda bisa melakukan zip download ketika melakukan kompresi massal dan mendukung beberapa file dari mulai GIF, JPEG, sampai PNG.

Cara Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Aplikasi

Nah, sekarang adalah cara mengecilkan ukruan tanpa HP. Lagi-lagi cara ini bisa digunakan di HP dan PC. Tentu saja dengan menggunakan situs website di atas.

Berikut tutorial yang bisa Anda ikuti:

Buka salah satu situs pengompress yang tadi telah dituliskan. Bisa dibuka di laptop, PC, ataupun smartphone yang Anda miliki.

Pilih opsi unggah file atau ada juga beberapa situs yang bisa melakukan drag and drop

Setelah unggahan selesai, situs akan otomatis terkompres

Jika proses kompresi telah selesai, Anda bisa langsung mengunduhnya

Berikut beberapa situs yang bisa Anda kunjungi:

·         https://imagecompressor.com/id/

·         https://compressjpeg.com/id/

·         https://www.img2go.com/id/kompres-gambar

·        https://www.imgonline.com

·         https://tinyjpg.com/

·         https://compressimage.toolur.com/

·         https://www.iloveimg.com/

·         https://resizeimage.net/

·         https://picresize.com/

·         http://www.imageoptimizer.net/

·         http://www.shrinkpictures.com/

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di PC/Laptop dengan Aplikasi

Jika Anda menginginkan untuk melakukan kompresi sendiri, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Dan tutorial ini untuk Anda yang memiliki PC atau laptop.

1. Cara Mengubah Ukuran Foto dengan Aplikasi Paint

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:        

  • Jika Anda belum memiliki aplikasi ini, silahkan diunduh terlebih dahulu.
  • Buka aplikasi.
  • Masukkan gambar yang ingin Anda perkecil ukurannya. Anda juga bisa langsung membuka gambar dengan cara klik kanan dan memilih open with kemudian pilih Paint.
  • Pilih menu toolbar ‘Resize’.
  • Ubah ukuran foto di aplikasi Paint sesuai keinginan.
  • Klik tombol ‘OK’

2. Cara Mengecilkan Ukuran Foto dengan Adobe Photoshop

aplikasi photoshop untuk mengecilkan ukuran gambar

 

Photoshop memang sebuah aplikasi edit foto yang populer. Rasanya tidak ada yang tidak bisa dibuat oleh photoshop, termasuk mengecilkan ukurann foto. Jika Anda menginginkan untuk mengecilkan foto, maka Anda bisa melakukan beberapa langkah di bawah ini:
  • Buka aplikasi
  • Masukkan foto yang ingin dikompress ukurannya
  • Pilih menu image
  • Pilih menu ‘Image Size’.
  • Atur ukuran foto sesuai yang Anda inginkan
  • Setelah selesai, silahkan simpan hasil kerja Anda ke komputer

Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Android

Jika Anda menginginkan untuk mengecilkan gambar di Android, maka ada juga beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan.

Tentu saja mengedit dengan menggunakan hp jauh lebih mudah daripada menggunakan komputer. Berikut beberapa tutorial yang bisa Anda lakukan.

1. Cara Mengecilkan Ukuran Foto di Aplikasi Photo Compress 2.0

cara mengecilkan ukuran photo di android

 

Jika Anda mencari aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran foto di aplikasi, maka Anda bisa mencoba untuk mengunduh aplikasi photo compress 2.0 di playstore.

Lantas, bagaimana cara pakainya? Berikut ulasannya lebih lanjut:

  • Install atau download aplikasi Photo Compress 2.0 di Google Play Store Android.
  • Buka aplikasi dan tap menu ‘Gallery’.
  • Pilih file foto yang akan diperkecil ukurannya.
  • Selanjutnya klik ‘OK’.
  • Ketuk tombol ‘Compress’.
  • Pilih kualitas dengan geser toogle yang tersedia dan ketuk ‘Compress’ lagi.
  • Ketuk exit. File sudah otomatis terunduh di media.

Kesimpulan

Ada banyak sekali cara untuk melakukan kompresi foto. Dari mulai secara online sampai offfline. Dan semua sama mudahnya. Bagaimana? Apakah artikel cara mengecilkan ukuran photo di PC dan Android ini membantu?

best seller lazada
About Author: