Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

8 Aplikasi Pemutar Video Gratis untuk PC Windows

Di era ketika koneksi internet semakin cepat, banyak orang menonton film atau menonton video dengan cara  streaming. Hanya saja, tidak semua orang memiliki hak istimewa tersebut. Masih ada orang yang merasa streaming video kurang nyaman karena koneksi internet yang lamban. Bisa juga karena alasan untuk mengoleksi video tersebut agar bisa ditonton kemudian hari tanpa jaringan internet. 


Artikel Lainnya : aplikasi pemutar video untuk android, silahkan dibaca juga.

Karena itu, aplikasi pemutar video masih cukup populer, terlebih untuk perangkat PC Windows. Aplikasi semacam ini dapat diandalkan untuk menonton berbagai macam format video. 

Lantas, apa sajakah aplikasi pemutar video untuk PC ini? Untuk mengetahuinya, Sabineblog menyiapkan daftar aplikasi pemutar video gratis untuk PC dengan OS Windows 10 berikut ini. 


1. GOM Player

Aplikasi Pemutar Video di PC

GOM Player kami pilih jadi nomor satu sebagai rekomendasi terbaik untuk memutar video. Kenapa? Karena aplikasi ini tersedia gratis tetapi hadir dengan berbagai fitur yang lengkap, bahkan tergolong lengkap untuk ukuran sebuah aplikasi pemutar video. 


Fitur-fitur menarik yang ada di GOM Player diantaranya adalah speed control, screenshot untuk video, dan penambahan efek pada audio atau video. Ada juga fitur untuk mengganti tema tampilan sesuai yang kamu hendaki. 


Salah satu fitur favorit yang ada di GOM Player adalah pengaturan mudah untuk mengatur berbagai hal dengan tombol keyboard. Misalnya tombol keyboard “E” untuk mengurangi kecerahan dan tombol “R” untuk meningkatkan kecerahan. 


Ada juga tombol khusus untuk sinkronisasi takarir (subtitle) dengan video, baik untuk memajukan atau memundurkan subtitle. Fitur ini sangat bermanfaat jika subtitle kurang pas dengan adegan yang disajikan. Tergolong menarik bukan? 


2. K-Lite Media Player Classic 

Apliaksi Pemutar Video di PC


Sebenarnya aplikasi untuk memutar video ini adalah Media Player Classic, sebuah pemutar video yang sudah terkenal sejak lama. Pemutar video ini banyak digunakan sejak era ketika orang masih memakai Winamp untuk memutar lagu sampai ketika orang kini memakai Spotify untuk mendengarkan lagu. 


Lalu, kenapa ada tulisan K-Lite? Karena produk yang disajikan disini bukan hanya pemutar videonya saja tetapi juga codec video dan audio-nya. Dengan codec ini, berbagai jenis format video dapat dengan mudah diputar. 


Bahkan setelah menginstal K-Lite Media Player Classic, aplikasi pemutar video bawaan Windows 10 dapat memainkan video dengan berbagai format. Hal ini pulalah yang membuat aplikasi pemutar video bawaan Windows 10 kurang diminati karena dukungan codec yang sedikit. 


Media Player Classic sendiri memiliki tampilan yang sederhana dan mudah digunakan untuk pemula. Sayangnya, fitur shortcut atau jalan pintas seperti yang ada di GOM Player kurang begitu akrab sehingga orang lebih banyak memakai fitur menu dengan cara klik kanan saja. Selebihnya, aplikasi ini tergolong bagus dan layak dipasang di komputer kamu.  


3. KM Player

aplikasi pemutar video di pc


KM Player hadir sebagai salah satu aplikasi pemutar video yang layak diinstal di komputer Windows 10. Aplikasi ini mendukung berbagai format video dan resolusi video seperti UHD, 2K, 4K, dan video dengan format 3D. Selain itu, aplikasi ini menawarkan dukungan lebih dari 36 bahasa. 


KM Player hadir dengan tampilan desain visual yang lebih modern. Tetapi desainnya tidak akan menyulitkan kamu untuk memakai aplikasi ini. Selain itu, KM Player menawarkan video playback yang lebih smooth berkat file codex yang terintegrasi di aplikasi ini. 


Yang paling disuka dari KM Player adalah kualitas audionya yang lebih kencang. Jika dibandingkan dengan Media Player Classic misalnya. Pada tingkatan volume yang sama, suara yang keluar dari KM Player terasa lebih kencang. Hal inilah yang membuat KM Player lebih menarik digunakan. 


KM Player hadir sebagai aplikasi gratisan. Sayangnya, kamu harus terbiasa dengan hadirnya iklan di aplikasi ini tetapi iklan yang hadir tidak terlalu mengganggu. 


4. VLC 

Aplikasi pemutar video di pc


VLC Media Player adalah aplikasi pemutar video gratisan yang juga banyak dipakai. Terlebih karena aplikasi ini juga tidak hanya tersedia untuk Windows saja tetapi untuk ekosistem lain seperti Linux dan Android. 


Aplikasi yang dibuat oleh VideoLAN ini menawarkan fitur-fitur menarik. Fitur tersebut diantaranya adalah tweak playback quality dan hadirnya plugin tertentu. Selain itu, aplikasi ini juga aplikasi yang mendukung berbagai format video. 


Selain itu, VLC Media Player juga sudah mendukung video resolusi 8K dan video 360 derajat. Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan berbagai tools dan fitur. Tetapi sayangnya fitur ini disembunyikan dan harus rajin mengekplorasi aplikasi ini untuk menemukan tools dan fitur yang ada. 

5. Daum Pot Player 

aplikasi pemutar video di pc


Jika kamu adalah penonton setia drama korea, maka kamu layak memakai Daum Pot Player. Pasalnya, aplikasi yang satu ini menawarkan fitur pemutar video yang sudah terintegrasi dengan situs Viki, situs streaming video yang memuat banyak konten TV series Asia.


Tentu saja Daum Pot Player juga bisa diandalkan untuk memutar video lainnya, tidak hanya drama korea. Jangan ragukan juga kemampuan aplikasi ini untuk memutar berbagai format video. Kualitas atau performa audio dari aplikasi tergolong lebih baik dibandingkan aplikasi pemutar video lainnya. 


Yang paling menarik dari Daum Pot Player adalah tampilan antarmukanya yang cukup atraktif. Aplikasi ini juga hadir dengan berbagai macam customization yang bisa kamu eksplor lebih lanjut. 


6. Media Monkey 

aplikasi pemutar video di pc

Media Monkey merupakan aplikasi pemutar video yang menarik. Menarik karena aplikasi menawarkan fitur lengkap untuk memutar multimedia, jadi tidak hanya video. Bisa dibilang, aplikasi ini merupakan aplikasi pemutar video dan audio sekaligus dengan tampilan yang memungkinkan kamu bisa menjelajah semua data video dan audio layaknya Windows Explore. 


Fitur yang ada di Media Monkey memang tidak selengkap seperti aplikasi pemutar video lainnya. Tetapi sudah cukup mumpuni untuk memutar video. Terlebih karena aplikasi ini memiliki ukuran file yang tergolong kecil. Media Monkey ini bisa kamu donwload secara gratis. Tersedia juga versi berbayarnya dengan fitur yang lebih lengkap. 


7. 5K Player 

aplikasi pemutar video di pc

5K Player adalah sebuah nama produk pemutar video yang mendukung berbagai format video. Aplikasi ini memiliki keunggulan dari sisi tampilan yang tergolong clean dan mudah digunakan. Aplikasi ini juga kompatibel dengan berbagai codec dan format video. 


Fitur menarik yang ditawarkan oleh 5K Player adalah fitur untuk mengunduh video dan musik dari berbagai situs penyedia video seperti Youtube, Vimeo, MTV, dan Dailymotion. Sebuah fitur yang tentunya menarik dan jarang dimiliki pemutar video lainnya. Selain itu, aplikasi ini juga mendukung format video 360 derajat dan video dengan resolusi 8K. 

8. ACG Player

aplikasi pemutar video di pc


ACG Player adalah aplikasi pemutar video lainnya yang layak dipilih. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Microsoft Store secara gratis. Hanya saja, karena gratis, aplikasi ini disisipi iklan yang kadang agak sedikit mengganggu. Untuk mengatasinya, kamu bisa matikan koneksi internet ketika memutar video memakai aplikasi ini. 


Terlepas dari iklan yang mengganggu, ACG Player merupakan aplikasi pemutar video yang tergolong bisa diandalkan. Terlebih karena aplikasi ini memiliki tampilan desain yang minimalis. Selain itu, aplikasi ini juga tergolong ringan padahal aplikasi ini memiliki fitur yang cukup lengkap seperti efek untuk video dan audio, tampilan font subtitle yang lebih estetis, gesture control dan lainnya. 



Masih banyak aplikasi pemutar video gratis lainnya di PC Windows. Tetapi, daftar aplikasi di atas adalah rekomendasi dari Sabineblog yang bisa kamu jadikan referensi. Yang pasti, sebaikhnya hindari mengandalkan aplikasi pemutar video bawaan Windows 10 yakni Windows Media Player dan Xbox Video (Films and TV) yang kurang begitu bisa diandalkan.