Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Potret Adu Spek Oppo Reno 3 vs Samsung Galaxy A51, Mana yang Lebih Tangguh?

Oppo Reno 3 Vs Samsung Galaxy A51

Oppo Reno 3 Vs Samsung Galaxy A51 - Tahun demi tahun memang selalu tercipta smartphone Android terbaru yang diiringi dengan pembaharuan spesifikasi. Seolah tidak mau kalah, beberapa brand besar dunia elektronik berlomba-lomba menciptakan ponsel pintar terbaru dengan harapan agar mampu bersaing di pasaran, bahkan di ajang bergengsi dunia gadget secara lokal maupun kancah internasional.

Begitu pun dengan Oppo Reno 3 dan Samsung Galaxy A51. Sama-sama rilis pada tahun 2020, kedua brand ini memiliki peminat yang lumayan tinggi. Di mana brand besar Oppo disebut-sebut sebagai produsen yang paling produktif, sebab dalam kurun waktu 3 bulan Oppo telah merilis sejumlah produk di berbagai segmen. Sementara Samsung adalah smartphone yang kedatangannya seringkali ditunggu-tunggu oleh pecinta gadget dan disebut-sebut sebagai smartphone yang masuk dalam kategori spesifikasi kuat.

Dibanderol dengan harga yang setara berkisar antara 4 - 5 juta, apakah Oppo Reno 3 dan Samsung Galaxy A51 memiliki spesifikasi yang sama-sama tangguh? Atau malah salah satu di antaranya ada yang jauh lebih tangguh? Simak penjelasannya di bawah ini!

1. Samsung A51 dibekali resolusi kamera 48MP, sedangkan Oppo Reno 3 dibekali hingga 108MP


Oppo Reno 3 Vs Samsung Galaxy A51

Resolusi atau sensor kamera adalah salah satu spesifikasi yang sangat dipertimbangkan oleh banyak orang saat hendak meminang sebuah smartphone. Apalagi saat ini segala sesuatu membutuhkan dokumentasi agar bisa dikenang di kemudian hari. Oleh sebab itu, secanggih apa pun fitur-fitur yang dimiliki sebuah smartphone, jika resolusi kameranya rendah maka kemungkinan besar tidak akan laku di pasaran.

Dan hal inilah yang menjadi salah satu faktor banyak orang mengagumi Samsung A51 dan Oppo Reno 3. Di mana Samsung A51 dibekali dengan resolusi kamera 48MP yang didukung penuh oleh sensor 1/2”, 0.8 µm dan aperture f/1.8 serta dilengkapi pula dengan PDFA. Sedangkan Oppo Reno 3 memiliki resolusi jumbo karena kamera ponsel ini punya resolusi hingga 108MP. Meskipun resolusi bawaannya 48MP, akan tetapi jika dibandingkan dari segi fotografi, Oppo Reno 3 memang lebih unggul daripada Samsung A51.

Namun, perihal merekam video antara Samsung A51 dan Oppo Reno 3 sama-sama memiliki optical zoom yang tangguh. Di mana nantinya setiap yang menggunakan kedua smartphone ini tidak perlu khawatir mendapatkan hasil video yang buruk, karena kedua smartphone ini dibekali dengan kemampuan hybrid zoom yang hampir setara.

2. Samsung A51 berkapasitas 4.000 mAh, sementara Oppo Reno 3 berkapasitas 4.025 mAh


Oppo Reno 3 Vs Samsung Galaxy A51

Beralih ke fitur kekuatan baterai, manakah yang lebih tangguh dan tahan lama? Samsung A51 dibekali dengan kapasitas baterai 4.000 mAh, di mana produk sebelumnya pun yaitu Samsung A50 memiliki kapasitas baterai yang sama. Jadi perihal kekuatan baterai tidak ada pembaharuan dari produk sebelumnya. Sementara Oppo Reno 3 berkapasitas 4.025 mAh. Meskipun tidak jauh beda, akan tetapi Oppo Reno 3 dikatakan sedikit lebih unggul dalam masalah kekuatan baterai.
Seperti yang kita ketahui juga bahwa kapasitas baterai menjadi hal yang sangat dipertimbangkan di dunia gadget. Apalagi semakin berkembang zaman, orang-orang pasti akan lebih memilih kapasitas baterai yang besar atau jumbo agar tidak perlu repot bolak-balik men-charger ponselnya sesaat setelah dipakai seharian penuh. Terlebih lagi saat ini sudah ada smartphone yang memakai kapasitas baterai 6.000 mAh, maka seharusnya smartphone-smartphone keluaran terbaru pun mampu bersaing dari segi apa pun termasuk kekuatan baterai.


3. Samsung A51 memiliki luas layar 6.5 inci, sementara Oppo Reno 3 seluas 6.4 inci


Oppo Reno 3 Vs Samsung Galaxy A51

Terlepas dari kapasitas baterai yang tidak jauh beda, Samsung A51 dan Oppo Reno 3 pun tidak memiliki perbedaan yang terlalu signifikan dari segi luas layar. Samsung A51 memiliki luas layar 6.5 inci serta memiliki resolusi yang mencapai 1080 x 2340 pixels, sementara Oppo Reno 3 berukuran 6.4 inci dengan resolusi 1080 x 2400 pixels.

Lagi-lagi meskipun tidak jauh beda, akan tetapi Oppo Reno 3 sedikit lebih unggul dari resolusi layarnya. Namun, terlepas dari semua itu, Samsung A51 dan Oppo Reno 3 ini sama-sama memiliki layar yang luas dengan kelembutan layar yang membuat penggunanya akan merasa nyaman saat menonton video atau bermain game seharian penuh.

4. Samsung A51 dibalut Corning Gorilla Glass 3, sedangkan Oppo Reno 3 dibalut Corning Gorilla Glass 5


Oppo Reno 3 Vs Samsung Galaxy A51

Dibekali dengan pelindung Corning Gorilla Glass 3 sehingga layar smartphone Samsung A51 bisa terlindungi dengan baik dari goresan ataupun lecet. Ini adalah salah satu kelebihan yang dimiliki Samsung A51 daripada smartphone lainnya. Namun, Oppo Reno 3 pun tidak ingin kalah bersaing perihal pelindung layar. Di mana Oppo Reno 3 dibalut dengan Corning Gorilla Glass versi 5 yang sudah dikenal kualitasnya sebagai pelindung layar yang sangat mumpuni.

Display yang dimiliki Oppo Reno 3 memang lebih unggul daripada Samsung A51. Di mana saat berada di luar ruangan, display yang dimiliki dari Oppo Reno 3 akan terlihat sangat cerah dibanding dengan display Samsung A51. Meskipun desain tampilannya yang sama-sama tidak jauh beda dari produk sebelumnya, akan tetapi Oppo Reno 3 dan Samsung A51 memang harus diakui keunggulannya dari berbagai fitur.

5. Samsung A51 didukung prosesor Exynos 9611, sedangkan Oppo Reno 3 didukung dengan prosesor MediaTek


Oppo Reno 3 Vs Samsung Galaxy A51

Kali ini sangat berbeda jauh, perihal prosesor Samsung memiliki keunggulan yang lebih dibanding dengan Oppo Reno 3. Seperti biasa, Samsung selalu didukung dengan prosesor Exynos 9611 di mana prosesor Exynos ini dikatakan hampir tidak memiliki kekurangan yang tentunya mampu memberikan performa yang lebih menyenangkan, multitasking, dan gaming pun minor dengan kata lag.

Sedangkan Oppo Reno 3 didukung dengan prosesor MediaTek. Meski tidak setangguh prosesor Exynos, akan tetapi prosesor MediaTek ini memiliki kelebihan tersendiri. Dan smartphone yang menggunakan prosesor ini masih tetap bisa merasakan performa flagship yang akan memberikan kenyamanan khusus bagi siapa pun yang menggunakannya. Tidak lupa dengan pihak Oppo yang bertekad untuk tetap menciptakan produk-produk baru agar bisa masuk dalam kategori smartphone kelas menengah hingga kelas atas.

So, kesimpulannya jika dilihat dari berbagai fitur, Oppo Reno 3 memiliki keunggulan yang sedikit lebih tangguh dari Samsung A51. Namun, di beberapa fitur juga Samsung A51 memiliki keunggulan yang lebih kuat dari Oppo Reno 3. Terlepas dari semua itu, kedua smartphone Android ini memiliki spesifikasi yang tinggi dengan harga yang bisa dikatakan cukup standar dan tidak terlalu menguras dompet Anda yang tebal itu.

Dan untuk Anda yang sedang mencari smartphone dengan harga terjangkau, Samsung A51 dan Oppo Reno 3 ini sangat direkomendasikan. Selain itu juga, banyak testimoni positif dari para penggunanya yang telah menggunakan kedua smartphone ini. Mereka menyebut kedua smartphone ini dengan istilah, "Harga standar dengan spek sangar".