Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spesifikasi Tangguh dari Realme 6 Pro, Smartphone Mid-End Terbaik

Spesifikasi realme 6 pro

Tepat pada bulan Maret lalu, Realme resmi meluncurkan smartphone terbarunya yang masuk dalam kategori smartphone kelas menengah. Salah satu smartphone tangguh yang merupakan penerus dari Realme 5 Pro dan suksesor Realme XT, yakni Realme 6 Pro.

Realme 6 Pro diluncurkan secara online di indonesia bertepatan dengan serinya yaitu Realme 6. Jika dibandingkan dengan generasi pendahulunya, masing-masing smartphone memang dibekali dengan sejumlah peningkatan spesifikasi, termasuk Realme 6 Pro yang merupakan salah satu smartphone Mid-End terbaik di kelas Realme.

Selain menjadi salah satu smartphone Mid-End terbaik, Realme 6 Pro pun berhasil menjadi salah satu smartphone terlaris di pasaran saat peluncuran pertama kalinya. Spesifikasinya yang canggih mampu menggaet hati banyak orang untuk meminangnya. Penasaran seperti apa saja spesifikasi tangguh dari smartphone canggih ini? Simak penjelasannya di bawah ini!

Mengusung tipe layar IPS LCD 6,6 inci 

Spesifikasi realme 6 pro

Selain memiliki desain yang ciamik dan menarik, Realme 6 Pro mengusung ukuran layar yang sedikit lebih besar dari serinya. Berukuran 6,6 inci dengan tipe layar IPS LCD (resolusi Full HD Plus) yang mendukung refresh rate 90 Hz serta rasio layar 20:9 tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi banyak orang saat pertama kali melihat tampilan dari Realme 6 Pro.

Realme 6 Pro juga sudah terlindungi Corning Gorilla Glass 5 yang mampu membuat layar ponsel semakin kuat dan terlihat gagah. Selain pelindung layar asli pabrikan yang dipasang di atas pelapis anti gores tersebut, material press yang diiklankan oleh Realme pun memiliki desain anti air hingga mencapai tiga lapis. Dengan perekat yang tak kasat mata mampu menyatukan ketiga bagian tersebut. Dibanderol dengan harga Rp4,5 juta (8GB/128G), rasanya cukup sebanding dengan spesifikasi yang dimiliki oleh Realme 6 Pro. Maka tidak heran jika Realme 6 Pro sukses laris di pasar smartphone kelas menengah teranyar.

Namun, di sisi lain Realme 6 Pro hanya menunjukkan sebesar 421 unit tanpak kecerahannya disertai dengan peningkatan apapun. Kontras warna yang ditampilkan memang cukup baik pada angka 1300-an. Padahal kemungkinan besar masih bisa memasang Layar OLED pada ponsel ini, namun ini tentu akan mempengaruhi banderol harganya yang bisa dibilang sudah cukup murah.

Dibekali 4 kamera belakang yang canggih

Spesifikasi realme 6 pro

Perihal kamera, Realme 6 Pro dilengkapi dengan fitur kamera yang lebih canggih dari Realme 6. Dibekali dengan empat kamera belakang yang canggih: 64 MP (f/1.8, wide, PDAF), 12 MP (f/2.5, telephoto, 2x zoom), 8 MP (f/2.3, ultrawide 119 derajat), dan 2 MP (f/2.4, macro hingga 4 cm). Kamera utama berkualitas 64MP yang disertai dengan rentetan filter Quad Bayer menjadi solusi standar untuk smartphone menengah keatas saat ini. Image-nya bertipe 1/1,72" yang besar dengan piksel individu 0,8 mm yang bisa digabung hingga membentuk 16 juta piksel 'virtual' 1,6 mm.

Sementara bagian kamera depannya memiliki resolusi 16 MP (f/2.0). Selain itu, terdapat pula fitur ultra-wide dengan lensa 17 mm serta sensor 8MP, yang bisa memuat lebih banyak orang dalam satu bingkai atau menunjukkan kesan kesepian pada foto selfie penggunanya. Kamera depan ini memang memiliki resolusi yang cukup tinggi mampu menghasilkan gambar yang tajam serta jernih. Bahkan, dalam keadaan yang kurang pencahayaan pun Realme 6 Pro berhasil menampilkan gambar yang tajam dan ciamik. So, jika Anda menjadi salah satu pengguna dari Realme 6 Pro, maka Anda tidak perlu khawatir perihal kamera yang dimiliki oleh smartphone tangguh ini.

Ditenagai dengan System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 720G

Spesifikasi realme 6 pro

Tidak tanggung-tanggung, Realme 6 Pro ditenagai dengan System-on-Chip (SoC) Qualcomm Snapdragon 720G, serta CPU berupa Octa-core (2x2,3 GHz, 6x1,8 GHz) dan GPU berupa Adreno 618. Menjadi smartphone yang pro di segala aspek, Realme 6 Pro memang memiliki performa yang tinggi dan bisa dibilang sebagai smartphone yang luar biasa.

Ditenagai dengan SoC yang lebih baik daripada Realme 6 tentu saja mempengaruhi kehematan daya dan performa ponsel lainnya. Seperti yang diketahui bahwa smartphone yang ditenagai dengan Qualcomm Snapdragon 720G pasti memiliki spesifikasi yang cukup tinggi dari berbagai aspek lainnya, tentu membuat Realme 6 Pro semakin percaya diri saat bersaing dengan smartphone kelas menengah dari brand lainnya. Tidak lupa bahwa chipset pada Realme 6 Pro yang mengandalkan Snapdragon itu pun sudah dipastikan lebih unggul jika dibandingkan Exynos milik A51.

Kapasitas baterai 4.300 mAh (Flash Charge 30W)

Spesifikasi realme 6 pro

Meskipun tidak dibekali dengan kapasitas baterai yang mencapai 5000 mAh, akan tetapi Realme 6 Pro merupakan salah satu smartphone tahan lama dengan kapasitas baterai 4300 mAh. Menariknya, smartphone canggih ini sudah dilengkapi dengan fitur fast charging 30W yang akan membuat ponsel akan terisi dengan cepat saat mengisi daya. Bahkan, Realme 6 Pro telah terbukti dengan 31 jam penggunaan video call, ponsel hanya membutuhkan sekali pengisian daya.

Hal ini pastinya menjadi salah satu alasan mengapa smartphone Mid-End terbaik di kelasnya ini menjadi smartphone yang sangat diperhitungkan di pasaran. Namun, meskipun begitu, vendor smartphone yang merupakan sepupu dari Oppo ini mengklaim bahwa mereka tidak akan puas sampai di sini. Mereka akan selalu memperbaharui dan menciptakan smartphone dengan spesifikasi terbaru.

Didukung sistem operasi terbaru

Spesifikasi realme 6 pro

Salah satu kelebihan lainnya yang dimiliki oleh Realme 6 Pro yakni telah didukung dengan sistem operasi terbaru. Sistem Android terbaru semakin menjadikan smartphone yang satu ini menjadi lebih powerful serta memiliki software simpel namun kaya akan fitur.

Dalam kinerjanya, Realme 6 Pro mampu memberikan nilai yang besar pada kelasnya. Sebagai perangkat pertama yang mem-boot Android 10 dengan antarmuka Realme UI yang baru menjadikan smartphone tangguh ini memiliki antarmuka dengan homescreens yang tidak terlalu rumit, notifikasi yang begitu sederhana, serta pengalih tugas yang mudah dioperasikan. 

Fitur-fitur menarik lainnya

Spesifikasi realme 6 pro

Fitur-fitur menarik lainnya dari Realme 6 Pro seperti Wi-Fi, hotspot/Tethering, GPS, bluetooth, flash fingerprint scanner, 3.5mm headphone jack, quad cameras, dan splash-resistant. Realme 6 Pro memang kaya akan fitur-fitur yang mampu membuat performanya lebih menarik. Namun, sayangnya, dalam Realme 6 Pro ini tidak terdapat image stabilization pada perekaman video 4k serta display yang agak redup.

Terlepas dari semua itu, Realme 6 Pro tetap menjadi salah satu smartphone yang diandalkan oleh Realme. Meskipun bukan salah satu smartphone flagship, akan tetapi kemewahan yang dimilikinya menjadikan Realme 6 Pro hampir setara dan sejajar dengan smartphone level flagship. Dari harganya pun tidak terlalu mahal dan cukup terjangkau untuk Anda yang tengah mencari smartphone kelas menengah dengan spesifikasi mewah.