Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Thunderbolt 4 Resmi diUmumkan oleh Intel, Transfer Data Mencapai 32Gbps

 intel thunderbolt 4


Intel Resmi Umumkan Thunderbolt 4 – Intel merupakan pengembang dari konektor Thunderbolt. Memang saat ini alat konektor data transfer tercepat masih dipegang oleh Thunderbolt 3, namun posisi tersebut akan segera tergantikan setelah adanya kemunculan Thunderbolt 4 generasi terbaru dari Thunderbolt 3 yang masih dikembangkan juga oleh Intel.

Menurut Intel bahwa kemunculan versi terbaru dari Thunderbolt yakni Thunderbolt 4 ini merupakan sebuah komitmen dari Intel untuk bisa mendorong ekosistem perangkat komputer dan aksesoris yang dapat digunakan dimana saja, seperti USB Type-C. Pihak Intel juga mengklaim kalau Thunderbolt 4 ini menghadirkan performa yang lebih ciamik ketimbang versi sebelumnya, Thunderbolt 3.

Nah, terus bagaimana dengan fitur-fitur dan kecepatan dari Thunderbolt 4 ini? Apakah peningkatannya begitu signifikan? Untuk mengetahui hal itu mari ikuti pembahasan lengkap dari Thunderbolt 4 ini.

Kecepatan Thunderbolt 4

Kecepatan dari Thunderbolt 4 ini, Intel sendiri mengatakan bahwa kecepatan data transfer dari Thunderbolt 4 ini masih sama dengan versi sebelumnya Thunderbolt 3 yam mampu mentransfer data dengan kecepatan 40Gbps. Akan tetapi, kecepatan data transfer maksimal melalui port PCIe (PCI Express) menjadi lebih cepet 2 kali lipat ketimbang versi pendahulunya. Thunderbolt 4 ini mampu mentransfer data sampai 32 Gbps sedangkan versi Thunderbolt 3 hanya mampu mencapai kecepatan 16Gbps. Hal ini jelas Thunderbolt 4 mengalami peningkatan 2 kali lipat.


 Bentuk Fisik Konektor

Bentuk konektor pada Thunderbolt 4 ini akan masih tetap berbentuk USB Type-C. dan juga dukungan-dukungan yang masih sama dengan Thunderbolt 3 yakni, dukungan kabel dan aksesoris yang menggunakan konektor Thunderbolt 3 dan usb versi 3.1 keatas.


Konektor Thunderbolt generasi baru ini mampu mengisi daya sebuah laptop melalui USB Type-C dengan daya dikisaran 100 Watt.

 Minimal Pemakaian Layar

Untuk versi sebelumnya Thunderbolt 3 hanya mampu menggunakan satu buah layar saja dengan resolusi 4K. akan tetapi untuk generasi terbaru Thunderbolt 4 ini mampu menggunakan maksimal hingga 2 layar sekaligus dengan resolusi 4K, atau hanya satu layar dengan resolusi di 8K

Beberapa Fitur Baru Thunderbolt 4

Walaupun Thunderbolt 4 dari segi kecepatan dan lainnya yang tidak jauh meningkat ketimbang Thunderbolt 4 akan tetapi Thunderbolt generasi terbaru ini memiliki beberapa fitur terbaru, berikut penjelasanya akan kami bahas dibawah ini :

Pertama, Thunderbolt 4 ini mampu mendukung dock sampai empat port.

Kedua, Thunderbolt 4 ini dapat digunakan untuk membangunkan (wake up) Komputer dari posisi tidur pada saat computer tersebut terhubung dengan dock Thunderbolt.

Ketiga, Versi terbaru Thunderbolt ini mampu mengizinkan pengisian daya komputer setidaknya pada satu port komputer.

Keempat, untuk sistem keamanan dari Thunderbolt 4 ini sudah berbasis Intel VT-D yang mampu menangkap berbagai serangan berbaha yang secara langsung dengan menggunakan memori DMA.

Ketersediaan Thunderbolt 4

Walupun Thunderbolt 4 ini resmi diluncurkan oleh Intel, akan tetapi sejauh ini Intel belum menyampaikan tepatnya kapan versi terbaru dari hunderbolt ini akan meluncur ke publik. Namun, Intel menjanjikan kalau komputer pertama yang akan dipasangi dengan teknologi Thunderbolt 4 ini akan rilis pada tahun 2020 ini dengan kode nama “Project Athena”

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai diumumkannya genarasi dari Thunderbolt ke 4 ini, hal yang membuatnya menarik yakni untuk perangkat yang memiliki port Thunderbolt 3 masih dapat menggunakan Thunderbolt 4 ini, hal tersebut membuat pengguna tidak report-repot upgrade perangkat.