Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Dear Gamers, Inilah 5 Rekomendasi Power Supply Full Modular Canggih Nan Tangguh

 

rekomendasi power supply untuk gamers

5 rekomendasi power supply full modular canggih nan tangguh - Pesatnya dunia teknologi sangat mempengaruhi banyak hal, salah satunya pada sektor gaming. Seperti yang diketahui bahwa para gamers saat ini berlomba-lomba memenuhi kebutuhan gamingnya yang serius dengan memiliki power supply dengan daya dan spesifikasi maksimal. Sebab daya yang dihasilkan pada sebuah power supply tentu sangat berpengaruh pada kinerja hardware secara keseluruhan.

Peran dan fungsi dari power supply full modular ini tentu harus diperhatikan, apalagi jika mengingat bahwa saat ini makin banyak power supply yang bermunculan dengan membawa pembaharuan teknologinya masing-masing. Namun, meskipun begitu, PSU full modular mampu memberikan tingkat kustomisasi yang sangat tinggi bagi penggunanya. Kelebihan yang paling menonjolnya adalah seluruh kabelnya termasuk kabel motherboard (24-pin ATX) dan prosesor (8-pin CPU) bisa dilepas dari power supply.

Dan untuk Anda yang merupakan salah satu gamers yang menjadi pengguna kelas enthusiast, maka sepertinya beberapa jenis power supply full modular di bawah ini dapat membantu Anda untuk memenuhi kebutuhan gaming yang nyaman dan maksimal. Penasaran PSU full modular apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini!

1. Fractal Design Ion SFX Gold

Fractal Design Ion SFX Gold

Berhasil menyabet sertifikasi efisiensi 80 PLUS Gold, membuat salah satu power supply modular ini menjadi salah satu perangkat yang sangat direkomendasikan bagi para gamers. Terlebih lagi, Fractal Design Ion SFX Gold sangat siap menghidupi seluruh komponen yang ada di gear gaming kita. Selain itu, SPU full modular yang satu ini dibanderol dengan harga yang tidak terlalu tinggi dan sangat cocok untuk Anda yang memiliki budget terbatas, namun ingin memiliki SPU full modular yang canggih nan tangguh.

Didukung dengan power output 650W serta form factor SFX-L, EPS 2.92 menjadikan SPU modular ini mampu dengan maksimal memenuhi kebutuhan gaming siapa pun. Sajian spesifikasi teknis yang tangguh bisa memberikan sirkulasi udara yang lebih baik berkat adanya manajemen kabel yang ditawarkan jika dibanding dengan PSU non-modular.

Selain itu, fitur cooling 140mm FDB Fan (S1201215HB) memiliki kinerja cukup baik sebagai pendingin tatkala komputer mengalami arus panas yang sukar untuk dikontrol. Tidak heran jika para gamers memilih perangkat ini sebagai SPU modular andalannya untuk memenuhi kebutuhan gamingnya. Pengalaman serta fasilitas terbaik akan didapatkan jika menggunakan Fractal Design Ion SFX Gold.

2. Seasonic SSR- 750PX

Seasonic SSR- 750PX

Sudah tidak asing lagi jika Seasonic ini menjadi salah satu brand yang sangat terkenal perihal kualitas dari power supply pabrikannya. Sebagai salah satu power supply full modular yang canggih, Seasonic SSR- 750PX mampu menghasilkan daya sebesar 750W disertai dengan efisiensi 80 PLUS Platinum. Hal ini tentu saja menjadi solusi terbaik bagi pengguna yang mengkonsumsi daya kelas menengah sebagai power supply kebutuhan gamingnya.

Kelebihan lainnya bisa dilihat dari efisiensi yang tinggi dan operasi yang tenang. Di mana berkat tingkat efisiensi yang tinggi dan tata letak yang cerdas dari sisi Focus Platinum ini mampu memberikan aliran udara yang tidak perlu ditingkatkan lagi. Apalagi jika melirik pada fitur form factor ATX12V v2.4, EPS 2.92. performa yang dimiliki oleh Seasonic SSR- 750PX bisa dibilang cukup mumpuni untuk para gamers yang menghabiskan waktunya untuk bermain game.

Sementara dari sisi harga, SPU full modular yang satu ini dibanderol dengan harga sekitar Rp2,9 juta. Jika dibandingkan dengan Fractal Design Ion SFX Gold, Seasonic SSR- 750PX memang memiliki harga yang sedikit lebih tinggi. Namun, dengan harga yang bisa dibilang terjangkau, Anda dipastikan akan mendapatkan power supply dengan spesifikasi mumpuni dan fitur yang disuguhkan akan membuat penggunanya merasa nyaman.

3. EVGA SuperNOVA 1600 T2

EVGA SuperNOVA 1600 T2

Tidak hanya Fractal Design Ion SFX Gold yang berhasil menyabet sertifikasi efisiensi 80 PLUS Gold, sebab EVGA SuperNOVA 1600 T2 pun memiliki sertifikasi 80 Plus Titanium yang diklaim memiliki performa cukup baik untuk men-supply tegangan listrik ke seluruh komponen PC secara efisien. Tidak cukup sampai di situ, PSU modular canggih ini juga dilengkapi dengan berbagai keunggulan lainnya seperti proteksi terhadap panas yang berlebih, mendukung penggunaan berkelanjutan dengan suhu maksimal 50 derajat celsius, double-ball bearing fan, da masih banyak lagi kelebihan menarik lainnya.

PSU full modular ini juga diklaim mampu mendistribusikan daya hingga 2.000 W. Bayangkan 2.000 W? Sangat besar sekali. Tidak lupa dengan disertai berbagai macam kabel dan konektor agar memudahkan penggunanya dalam pemasangan. Jadi, nantinya jika Anda merupakan salah satu pengguna dari perangkat ini, maka Anda tidak akan merasa kesusahan saat memasangnya pada PC Anda.

Menariknya, EVGA SuperNOVA 1600 T2 ini terletak pada garansinya yang sangat lama, yakni hingga 10 tahun. Perangkat ini tidak hanya dibilang sebagai PSU terbaik yang pernah ada, akan tetapi bisa dibilang sebagai  PSU yang banyak sekali memberikan keuntungan bagi para penggunanya. So, untuk Anda yang merupakan gamers sejati, sepertinya Anda wajib meminang PSU canggih yang satu ini.

4. Corsair AX1600i

Corsair AX1600i

Sebagai power supply yang cukup handal perihal menopang berbagai komponen hardware dengan spesifikasi kelas tinggi yang mengkonsumsi daya besar, Corsair AX1600i dapat dijadikan sebagai pilihan yang sangat ideal untuk membangun gear gaming dengan berbagai pheripheral high-end. Tidak ingin kalah, SPU yang satu ini juga mengantongi sertifikasi efisiensi 80 PLUS Titanium yang memiliki power yang besar.

Kelebihan lainnya, Corsair AX1600i mampu menghantarkan teganan listrik sebesar 1.600 W. Kipas FDB sebesar 140mm yang diusungnya juga tentu saja mampu memberikan kinerja secara optimal dengan suara yang rendah. Bahkan, di dalamnya terdapat mode zero RPM fan yang membuatnya nyaris tidak bersuara sama sekali pada tingkat pemuatan rendah ke sedang.

5. Corsair RM850X

Corsair RM850X

Resmi rilis pada tahun 2018, Corsair RM850X memang sudah terbukti masih mampu disandingkan dengan kebutuhan gaming masa sekarang. Corsair RM850X juga merupakan PSU yang bersertifikasi 80 Plus Gold dan telah disertai dengan kipas FDB. Hal ini tentu saja menjadikan PSU full modular ini cukup unggul dalam performa meskipun memiliki suara yang rendah. Ini dikarenakan kipasnya hanya akan berputar jika PSU sudah mencapai suhu tertentu.

Corsair RM850X juga mampu menghantarkan tegangan sebesar 850W, meskipun lebih rendah dari produk-produk sebelumnya, akan tetapi Corsair RM850X memiliki tingkat efektifitas yang cukup besae, yakni 90% pada muatan tegangan 50% (110V) dan 92% pada muatan yang sama (230v). Efisiensi yang dimilikinya dalam penghantaran tegangan listrik ini tentu saja cukup layak untuk diacungi jempol.

Nah, itulah 5 rekomendasi power supply modular untuk memenuhi kebutuhan gaming yang maksimal dengan spesifikasi mumpuni. Secara keseluruhan, semua power supply unit di atas memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Dan Anda bisa memilih PSU yang cocok dengan budget yang dimiliki untuk mendapatkan PSU dengan spesifikasi yang tinggi.