Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mengatasi Hp Xiaomi Lemot Dengan Mudah Dan Cepat

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Lemot

Bagaimana sih cara menatasi Hp Xiaomi lemot? Sebelum menjawab itu, baiknya pahami dulu seperti apa penyebabnya. Karena performa ponsel memang sangat menjadi perhatian, lantaran ponsel yang lemot atau kurang responsive dinilai kurang bagus. Selain kurang bagus dari sisi pengguna yang sebal karena harus menunggu booting, juga dari harga jual kembali akan sangat rendah. Padahal ponsel lemot dapat disebabkan oleh banyak faktor. Sehingga cukup dengan sentuhan kecil saja, bisa kembali performanya. 

Nah, bagi Anda yang menggunakan ponsel Xiaomi, jangan khawatir jika ponsel menjadi lemot dan terasa lambat dalam merespon perintah. Karena dalam ulasan ini nanti akan dibahas cara-cara praktis dalam memulihkannya. Penasaran seperti apa? Yuk mari simak dalam penjelasan berikut ini mengenai cara mengatasi Hp Xiaomi lemot

4 Cara Megatasi Hp Xiaomi Lemot

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Lemot

Dari beragam cara yang ada, maka langkah mudah dalam memulihkan atau cara mengatasi Hp Xiaomi  lemot adalah sebagai berikut. 

1. Bersihkan multitasking

Membuka satu aplikasi lalu berpindah ke aplikasi lain, ini memakan ROM (Read Only Memory). Sehingga dapat mempengaruhi performa ponsel. Semakin banyak aplikasi yang terbuka secara bersamaan, maka semakin berat juga ponsel dalam bekerja. Jika dibiarkan terus-menerus, ini dapat memengaruhi performa ponsel dan menjadikannya lemot. Jadi cek multitasking agar bisa lebih lega. 

2. Sapu Cache Aplikasi

Cache  merupakan file atau sampah yang secara otomatis tersimpan sebab menggunakan aplikasi. Tumpukan file cache yang berjumlah tinggi biasanya cukup menyita RAM (Random Acces Memory ) pada Hp android. Untuk cara mengatasi Hp Xiaomi  lemot karena cache bisa dilakukan dengan masuk ke master aplikasinya lalu pilih cache kemudian hapus. 

Cara mudah lain adalah install aplikasi pembersih, nanti akan ada pemberitahuan jumlah cache setiap aplikasi. Semakin sering aplikasi dipakai, maka cache yang dihasilkan pun akan semakin banyak. Jadi, kalau tidak cukup punya banyak waktu, bisa cek cache per aplikasi saja. 

3. Hapus Aplikasi dan Foto yang Tidak Diperlukan

Cara mengatasi Hp Xiaomi  lemot berikutnya adalah dengan melakukan pembersihan pada foto yang serupa, hasil take berkali-kali. Bisa juga dengan membersihkan file gambar dari WhatsApp. Biasanya ini yang jumlahnya snagat besar. Selanjutnya adalah, bagi yang suka screen shoot, maka cek penggunaan untuk fitur satu ini. Biasanya ini terbesar kedua setelah selfie atau gambar WhatsApp. 

Jangan dikira sticker-sticker lucu buatan sendiri atau teman yang dikirimkan di WhatsApp itu tidak memakan memori. Karena itu juga memakan memori ponsel dan bisa menjadi penyebab lemotnya ponsel. Jadi, yuk mulai rajib bebersih. Percakapan di WhatsApp, dari grup-grup yang tidak penting, segera clear chat agar memori penyimpanan dari aplikasi ini jauh lebih lega. Jika dirasa penting, maka bisa akalin dengan pindahkan chat serta seluruh medianya ke e-mail. Karena akun Gmail memfasilitasi beberapa GB secara gratis untuk penyimpanan cloud

 4. Cek Download-an Dokumen atau File

Merasa foto dan semuanya sudah hapus tapi kq hp masih lemot saja. Maka, cara mengatasi Hp Xiaomi  lemot berikutnya adalah cek kerapian dokumen hasil download. Agar lebih mudah, maka install file manager. Dapatkan aplikasi ini dari Playstore dan lakukan pembersihan setiap foldernya. 

Folder yang patut dicurigai adalah folder WhatsApp > media > download > nah ini cek saja mulai folder foto, video, sticker, dokumen dan lainnya. Selanjutnya yang rawan penuh adalah dari Telegram. Karena aplikasi ini berbasis cloud maka jika melihat film atau video panjang yang tidak compatible pemutaran secara cloud, maka kita harus download. Nah ini, penyebabnya. Filenya besar dan terdownload tanpa kia sadari. 

Demikian 4 cara mengatasi Hp Xiaomi  lemot dengan mudah dan cepat. langkah-langkah di atas bisa dilakukan oleh siapa saja untuk mencegah hp lemot. Namun, jika masih tetap, mungkin langkah reset factory bisa ditempuh. Selamat mencoba.