Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Samsung Galaxy Z Fold 2 Resmi Rilis, Smartphone Layar Lipat Generasi Teranyar


spesifikasi samsung galaxy z fold 2


Smartphone Layar Lipat Generasi Teranyar, Harga dan Spesifikasi - Beberapa pekan yang lalu, Samsung telah membocorkan seperti apa spesifikasi lengkap dari smartphone terbarunya yang merupakan penerus dari generasi Fold sebelumnya. Ya, Samsung Galaxy Z Fold 2 yang menjadi smartphone layar lipat pertama dengan generasi teranyar resmi dirilis di beberapa negara, akan tetapi belum sampai ke Indonesia.

Keberadaan Samsung Galaxy Z Fold 2 ini menjadi perangkat generasi pertama yang mendapatkan isu ketahanan layar yang cukup tinggi. Mengusung desain yang ciamik dan lebih tangguh, vendor besar Samsung memperbaiki Samsung Galaxy Z Fold 2 dari seri sebelumnya dari segi daya tahan layar beserta engselnya. Selain itu juga Samsung meningkatkan kualitas layar baik bagian dalam maupun luar. 

Dalam acara Galaxy Unpacked, Samsung mengumumkan bahwa jika perangkat ini akan diperkenalkan secara global tepatnya pada bulan September ini. Sementara itu, pihak Samsung hanya fokus memberikan informasi mengenai seperti apa saja tampilan dan sedikit spesifikasi yang dibawa oleh Samsung Galaxy Z Fold 2.

Penasaran seperti apa saja spesifikasi yang dibawa oleh Samsung Galaxy Z Fold 2? Berikut di bawah ini penjelasannya.

Desain kamera yang hampir serupa dengan Samsung Galaxy Note 20

kamera samsung galaxy z fold 2

Dari tampilan luar, Samsung Galaxy Z Fold 2 mengusung desain kamera yang serupa dengan Samsung Galaxy Note 20 yang dikemas dengan tampilan layar luar dengan ukuran yang jauh lebih besar. Smartphone layar lipat ini juga hadir dalam dua varian warna, yakni Mystic Bronze dan Mystic Black. Tidak ketinggalan, Galaxy Z Fold 2 pun disertai bagian penutup lipatan (hinge) yang dapat dikustomisasi yang sesuai dengan keinginan pengguna.

Sementara untuk tampilan layar luarnya, Galaxy Z Fold 2 memiliki dimensi 6,2 inci yang dipadu-padankan dengan desain Infinity-O lengkap dengan kamera punch-hole. Perlu diketahui, bahwa Galaxy Z Fold 2 ini memiliki perbandingan yang cukup signifikan dari seri sebelumnya. Di mana seri sebelumnya hanya dilengkapi luas layar 4,6 inci saja. Sedangkan saat dibuka, layar di bagian dalamnya sedikit lebih besar di 7,6 inci, dan menggunakan tipe panel Dynamic AMOLED 2X yang mendukung refresh rate 120Hz. Kedua layar ini sudah mendukung konten HDR10+.

Dilapisi dengan lapisan Ultra Thin Glass (UTG) 



Perihal daya tahan, teknologi yang dibawa oleh Samsung Galaxy Z Fold 2 tidak perlu diragukan lagi. Sebab brand Samsung telah membekalinya dengan lapisan Ultra Thin Glass (UTG) seperti bagaimana hal nya Galaxy Z Flip, sehingga daya tahan ponsel tentu sudah terjamin dan meningkat. Tidak hanya itu, Samsung juga menggunakan kombinasi material kaca dan metal, di mana ketebalannya berhasil direduksi menjadi 6mm yang disertai dengan gap yang lebih tipis ketika ponsel sedang terlipat.

Sementara untuk sistem hinge-nya sendiri, Samsung menggunakan teknologi fiber elastis di dalamnya, yang memiliki kemampuan dapat membersihkan debu atau partikel kecil lain ketika ponsel dibuka dan ditutup. Dengan teknologi ini juga, Galaxy Z Fold 2 disebut-sebut sebagai smartphone dengan desain dan teknologi terbaru yang diperkirakan akan menjadi trendi di beberapa tahun yang akan datang. Wah, menarik sekali ya. 

Memiliki fitur Flex Mode


Salah satu hal yang menarik dan paling menonjol dari Samsung Galaxy Z Fold 2 yaitu memiliki fitur Flex Mode yang tidak dimiliki oleh smartphone biasanya. Selain digunakan untuk menjalankan aplikasi, fitur Flex Mode ini juga bisa dipakai untuk menonton video dengan tombol playback yang terpisah, serta dapat mengoperasikan kamera dengan tombol shuter, viewfinder, dan lain sebagainya dalam kondisi layar yang terpisah pula.

Karena fitur Flex Mode ini juga, Samsung melengkapi Galaxy Z Fold 2 dengan engsel ponsel lipat yang diberi nama 'Sweefer' dengan balutan bulu-bulu yang menarik. Dan seperti namanya juga, komponen ini bisa membantu membersihkan engsel dari partikel, debu, maupun kotoran yang bisa masuk.

Sektor kamera belakang yang dibekali dengan beragam fitur pendukung


Terkait kamera, smartphone dari Samsung memang tak pernah gagal. Begitu pun dengan Galaxy Z Fold 2 yang dibekali dengan lima kamera. Kelima kamera itu di antaranya, tiga kamera belakang dan dua kamera selfie beresolusi 10 MP (f/2.2) yang telah dimuat dalam lubang kamera (Infinity-O) ada layar utama dan sekunder.

Sedangkan untuk ketiga kamera belakangnya sendiri mencakup kamera utama yang memiliki resolusi 12 MP (f/1.8, Super Speed Dual Pixel AF), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), serta kamera telefoto beresolusi 12 MP (f/2.4).

Deretan sektor kamera yang terdapat pada Galaxy Z Fold 2 dibekali dengan berbagai fitur pendukung, seperti fitur Auto Framing untuk zoom otomatis tanpa perlu menggerakkan perangkat, Single Take, Night Mode, Bright Mode, Pro Video Mode, serta fitur Dual Preview yang bisa "menyulam" cover display menjadi viewfinder kamera tatkala ponsel dibentangkan.

Ditenagai dengan teknologi chipset mutakhir 


Keunggulan dari beberapa sektor ini tidak terlepas dari teknologi dapur pacu yang telah dilengkapi dengan chipset termutakhir besutan dari Qualcomm, yakni Snapdragon 865 Plus, serta dipadu-padankan dengan RAM sebesar 12 GB (LPDDR5) dan memori internal (storage) 256 GB atau 512 GB (UFS 3.1).

Dalam hal ini memang tidak terlalu istimewa, sebab beberapa smartphone Samsung sebelumnya pun telah dilengkapi dengan chipset seperti ini. Namun, meskipun begitu harus diakui bahwa smartphone yang menggunakan teknologi chipset ini merupakan smartphone flagship dengan kecanggihan tinggi. Sebagaimana hal nya chipset ditenagai Snapdragon 865 Plus, maka Samsung Galaxy Z Fold 2 juga memiliki dukungan jaringa 5G, baik Standalone (SA) maupun Non-Standalone (NSA).

Baterai berkapasitan cukup besar dengan fitur fast charging standar


Beralih ke sisi kekuatan daya baterai, Samsung Galaxy Z Fold 2 diusung dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh yang telah didukung dengan fitur fast charging 25W (wired) dan 11W untuk wireless. Tidak hanya itu, smartphone flagship ini juga bisa mengisi daya perangkat Samsung lainnya secara wireless dengan daya 4,5W.

Meskipun kekuatan dayanya standar dan tidak terlalu besar, akan tetapi tetap tidak mengurangi nilai performa dari Galaxy Z Fold 2 ini. 

Fitur pendukung yang beragam dan menarik


Keunggulan lainnya juga bisa dilihat dari beberapa fitur pendukung yang beragam dan menarik dari Samsung Galaxy Z Fold 2. Beberapa fitur pendukung lainnya itu mencakup fitur modul sensor pemindai sidik jari (fingerprint) yang telah diletakkan di bingkai perangkat (side-mounted), WIFI 6,Bluetooth 5.0, Ultra Wide Band (UWB), NFC, serta speaker ganda yang di-klaim mampu menghasilkan suara yang menggelegar.

Harga yang cukup tinggi


Meskipun mulai dipasarkan secara offline mulai dari 18 September mendatang, akan tetapi Samsung Galaxy Z Fold 2 ini sudah bisa dipesan tertanggal 1 September di situs resmi Samsung pada 40 negara, kecuali Indonesia. Telah diketahui bahwa Samsung Galaxy Z Fold 2 edisi Thom Browne dibanderol dengan harga 3.299 dollar AS atau berkisar Rp 48,5 juta.

Dilihat dari harganya memang lumayan tinggi, akan tetapi jika dibandingkan dengan spesifikasinya memang cukup worth it dan sebanding. Teknologi yang dibawa Samsung Galaxy Z Fold 2 memang patut dihargai dengan harga yang tinggi, apalagi mengingat bahwa smartphone ini merupakan ponsel layar lipat generasi teranyar yang dikeluarkan oleh vendor smartphone terbesar di dunia, Samsung.