Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Teknologi Pembayaran Sekali Scan Saja Dengan QRIS (Quick Response Indonesia Standard)

Teknologi Pembayaran QRIS di Indonesia
(via balipost.com)

Teknologi Pembayaran QRIS di Indonesia - Akhir-akhir ini beragam kemudahan dalam proses transaksi uang semakin berkembang saja. Ada banyak dompet elektronik yang bisa dipakai, misalnya adalah OVO, DANA, GOPAY dan banyak lagi lainnya. Namun, dari beragam cara pembayaran tersebut, ternyata masih saja ada yang kurang dan merasa nggak simple

Padahal, jika dibandingkan dengan sepuluh tahun lalu, yang harus cek sms banking dululah, atau transaksi hanya sebatas pakai kartu kredit atau kartu debit. Kini, cukup klak-klik, sudah bisa bertransaksi. Nggak perlu bangun dari duduk atau rebahan, semua bisa dilakukan dalam satu genggaman. 

Namun demikianlah teknologi. Termasuk dalam hal pembayaran virtual, juga semakin berkembang. Termasuk, salah satu metode transaksi yang diluncurkan oleh Bank Indonesia (BI) untuk memudahkan masyarakat dalam bertransaksi. Sebab, Bank Indonesia meluncurkan teknologi pembayaran QRIS (Quick Response Indonesia Standard) yang berupa barcode dan bisa di scan oleh ponsel pintar zaman sekarang. 

Untuk mengetahui seperti apa teknologi pembayaran QRIS masa kini tersebut, mari simak dalam ulasan berikut ini. 

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Menggunakan Teknologi Pembayaran QRIS Quick Response Indonesia Standard

Hampir semua bank di Indonesia memiliki fitur ini di aplikasi mobile bangkingnya, sehingga bisa digunakan oleh nasabahnya. Untuk itu, sebelum menggunakan teknologi pembayaran QRIS (Quick Response Indonesia Standard), mari simak ulasan berikut ini. 

1. Daftar Gratis

Untuk mendaftar tidak dikenakan biaya, karena ini fasilitas dari perbank-an untuk mempermudah transaksi. Untuk mendaftarnya hanya perlu menyiapkan KTP, Buku tabungan dan NPWP. Adapun persyaratan lain, bisa langsung mendatangi customer service masing-masing bank yang digunakan. 

2. Tidak ada minimal transaksi

Ini sangat memudahkan, karena dalam bertransaksi tidak ada batasan layaknya melakukan transaksi manual ke teller. Jadi sangat cocok untuk usaha mikro sekalipun. 

3. Mudah dan Praktis

Alasan kuat yang menjadikan teknologi pembayaran QRIS (Quick Response Indonesia Standard) ini disukai oleh banyak orang adalah, kemudahan dan praktisnya. Misalnya saja, ada hendak beli barang atau makanan. Cukup scan QR Code milik penjual yang biasa diletakkan di meja kasir, lalu kirimkan tagihan sesusi nominal yang dibutuhkan. Tidak perlu ribet catat-catat lagi dan waktu transaksi juga real time. Jadi bisa dicek saat itu juga oleh penjual. 

4. Aman dan Cepat

Karena ini sistemnya casless maka lebih aman dibandingkan harus membawa uang cash. Karena kalau membawa uang cash, ada risiko hilang, jatuh, dicuri dan lainnya. Namun, dengan teknologi pembayaran QRIS (Quick Response Indonesia Standard) ini butuh berlapis proteksi jika ingin menyalahgunakannya.  Selain itu, proses transaksi yang sangat cepat, sangat menguntungkan kedua belah pihak dalam bertransaksi. Saat itu kirim dana, maka saat itu pula dana akan diterima oleh nomor tujuan. 

5. Satu Untuk Semua

Jiak dulu, setiap merchant akan punya QR code sendiri, kini dengan adanya teknologi pembayaran QRIS (Quick Response Indonesia Standard) ini, bisa disatukan dalam QR code statis. Jadi kalau dulu harus inget-inget mana QR Code Shopee, GOJEK dan lainnya, kini nggak perlu lagi. Cukup pakai QRIS (Quick Response Indonesia Standard) maka bisa selesaikan semua transaksi dari beragam merchant. Ucapkan selamat tinggal pada keribetan cek QR Code dari beragam merchant

Demikian ulasan singkat mengenai teknologi pembayaran QRIS (Quick Response Indonesia Standard), yang banyak digunakan oleh penjual untuk memberi kemudahan pada pelanggan dalam bertransaksi. Jika dulu harus sibuk catat sana-sini, input sana-sini, kini cukup foto atau scan dan violaaa sudah ada tinggal bayar saja.  Selamat mencoba.