Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simak Review Monitor ViewSonic Elite XG550, Raksasa Dambaan Para Gamer

Monitor ViewSonic Elite XG550

Monitor ViewSonic Elite XG550 akan diluncurkan oleh ViewSonic Corp sekitar Q4 tahun 2020. Perusahaan ini mengeluarkan senjata besar dengan memproduksi monitor gaming raksasa OLED 4K berukuran 55 inci.

Monitor ini digadang-gadang sebagai monitor PC terbaik bagi para gamer menurut versi CES (Consumer Electronic Show) 2020. Anda penasaran? Silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Desain Anggun Monitor ViewSonic Elite XG550

Monitor ini pada dasarnya didesain seperti TV berukuran besar. Setiap sisi monitor memiliki bezel yang super tipis dan bersih. Logo Elite rapi tergantung pada bezel bawah, dan di bagian bawahnya terdapat alas logam berbentuk berlian. Hal ini membuat tampilannya tampak berkelas. Berlian berongga yang lebih kecil terletak di belakang, mungkin untuk mendistribusikan bobotnya.  

Monitor ViewSonic Elite XG550

Panel belakang tebal dan memiliki pencahayaan LED putih yang dikenal sebagai pencahayaan aksen ELITE RGB yang memenuhi layar. Saat ingin mengakses port, panel belakang ini harus dicopot dan hal ini cukup merepotkan. Kendati demikian, desain bezel yang sempit dan desain pencahayaan ini memastikan XG550 cocok untuk memainkan gim jenis apapun.

Monitor ViewSonic Elite XG550 memiliki tiga port HDMI, dua DisplayPorts, empat port USB Tipe-A, dan satu port USB Tipe-B. Monitor ini juga memiliki jack untuk menghubungkan dengan headphone. Belum ada informasi apakah raksasa ini memiliki speaker. ViewSonic sengaja menyembunyikan detailnya sebagai kejutan hingga saat peluncuran nanti.

Layar Raksasa Monitor ViewSonic Elite XG550

Layar XG550 memiliki panel OLED berukuran 55 inci dengan resolusi 4K ultra HD 3840 x 2160. Layar ini memiliki kecepatan refresh 120Hz yang bebas hambatan dan waktu respon G2G super cepat sebesar 0,5 milidetik. 

Monitor ViewSonic Elite XG550

Respon yang cepat mencakup 99% dari gamut warna DCI-P3 dan rasio kontras yang sempurna serta warna hitam yang pekat. Hal ini dikarenakan adanya teknologi OLED yang dapat menonaktifkan piksel individual sesuka hati. Kelebihan itulah yang menjadikan XG550 sebagai monitor gim terbaik pilihan CES 2020.

Dukungan HDR tidak disebutkan dalam penjelasan tentang layar ini. Belum diketahui juga apakah XG550 mendukung teknologi GPU NVIDIA G-Sync ataupun AMD Radeon Freesync. Bagaimana respon gamer yang pernah mencoba monitor ini? Silahkan simak terus artikel ini.  

Puas Nge-gim Project Cars 2 dengan Monitor ViewSonic Elite XG550

Beberapa gamer yang melakukan uji coba menggunakan monitor ViewSonic Elite XG550 mengaku terkesan. Penampilan Project Cars 2, sebuah gim balap mobil yang sangat terkenal, tampak sangat mengesankan saat dimainkan lewat XG550. 

Layar ini menampilkan Audi dengan warna merah cerah. Berkat resolusi 4K yang dimiliki monitor ini, kisi-kisi di bagian belakang tampak sangat tajam. Bagian tengah ruang pamer Pepcorn tampil sangat cerah dan terang benderang.

Tampilan layar yang mulus karena adanya refresh rate 120Hz memberi pengalaman seru bagi para gamer. Project Cars 2 tampak sangat hidup saat dimainkan di XG550 sehingga mereka merasa seolah-olah berada di kursi penumpang mobil. Kelak para gamer akan mencoba genre yang lain seperti The Witcher 3 atau Dark Soul 3. Tujuannya untuk mengetahui kelebihan lain yang bisa digali dari monitor ini. 

Produk ini akan tampil dengan beberapa sinkronisasi adaptif lainnya, namun belum ada kabar tebaru yang dapat mengonfirmasinya. ViewSonic akan mengumumkan harga dan lebih banyak penjelasan mengenai spesifikasi saat peluncurannya pada Q4 2020 nanti. 

Monitor ViewSonic Elite XG550

Demikianlah penjelasan mengenai monitor ViewSonic Elite XG550. Bila Anda tertarik, silahkan tunggu saat peluncurannya untuk mengetahui penjelasan yang lebih detail. Siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam karena sepertinya ViewSonic akan membanderol harga yang fantastis untuk tipe ini.