Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone Secepat Kilat, Anti Gagal!

cara mengaktifkan hotspot iPhone



Personal hotspot pada iPhone memang seringkali mengalami gangguan, semisal tiba-tiba hilang dan pada akhirnya nggak berfungsi. Maka dari itu, perlunya mengetahui tata cara mengaktifkan hotspot iPhone untuk dapat membagi jaringan internet ke perangkat lain maupun tethering wifi.

Mengingat bahwa hotspot merupakan salah satu fitur yang memiliki banyak manfaat bagi pengguna smartphone dan tentunya dibutuhkan banyak orang, maka sangatlah tepat jika kamu salah satu pengguna iPhone harus mengetahui cara mudah dan cepat mengaktifkan hotspot di iPhone.

Apalagi tidak jarang pengguna iPhone dibuat risau dan bingung karena ketidakmunculan hotspot iPhone. Tenang, hal ini bukan dikarenakan oleh kerusakan pada iPhone-mu. Melainkan karena perlunya konfugurasi jaringan yang lebih lanjut untuk menggunakannya di iOS terbaru.

Nah, untuk mengetahui bagaimana saja cara untuk mengaktifkan hotspot iPhone dengan mudah, simak langsung penjelasannya di bawah ini!

1. Menggunakan Reset Network Setting

Cara mengaktifkan hotspot di iPhone yang pertama bisa dilakukan dengan mengatur ulang sistem jaringan atau yang biasa disebut Reset Network Setting. Kemunculan masalah hilangnya personal hotspot bisa saja disebabkan oleh adanya error pada pengaturan yang biasa mengendalikan akses perangkat pada jaringan Wi-Fi atau seluler.

Namun, cara ini mungkin bisa menyebabkan adanya perubahan yang tidak disengaja selama proses upgrade OS. Berikut langkah-langkahnya di bawah ini:

• Masuk atau pergi ke menu Setting.

• Pilih menu General dan klik opsi Reset di bagian bawah.

• Klik Reset Network Settings untuk peringatan pop-up, lalu tekan Reset Network Settings. Perlu diingat, cara ini hanya untuk mereset pengaturan sehingga dapat kembali pada pengaturan awal dan menghindari terjadinya penghapusan data apa saja yang berada di perangkat.

• Tunggu beberapa menit hingga iPhone selesai merestart dengan sendirinya. Dan setelah melakukan booting ini, cobalah periksa layar Settings guna mengaktifkan personal hotspot.

Bagaimana? Mudah sekali bukan? Banyak pengguna iPhone yang memakai cara ini untuk mengaktifkan hotspot di iPhone-nya. Dan kamu pun dapat mencobanya langsung untuk membuktikannya.

2. Dengan Me-Restart iPhone

Ya, seperti yang kita ketahui me-restart smartphone merupakan hal yang sangat mudah. Oleh karenanya, cara yang kedua ini bisa dibilang cara yang lebih mudah dari yang pertama, sebab tidak membutuhkan waktu yang lama dan tidak banyak petunjuk. 

Ketika hotspot pada iPhone seri terbaru maupun lama tidak berfungsi, maka jawabannya adalah dengan cara me-restart perangkat. Meskipun caranya sangat simple, akan tetapi cara yang satu ini dapat memperbaiki berbagai masalah sederhana yang tengah terjadi pada iPhone maupun smartphone Android.

Dan untuk melakukan restart iPhone ini, kamu cukup menekan dan tahan tombol home. Setelah itu pilih opsi sleep/wake pada saat bersamaan hingga logo Apple terlihat di layar.

Sesimple dan semudah itu untuk mengaktifkan hotspot di iPhone. Namun, jika kamu tidak berhasil atau masih gagal, cobalah untuk melakukan cara yang pertama. Sebab di cara yang pertama biasanya tidak pernah gagal.

3. Setting APN

Jika cara pertama dan kedua belum berhasil, maka cara yang selanjutnya dengan melakukan aksi setting Acces Point Name (APN). Di beberapa kasus, APN yang diperuntubagi personal hotspot memang harus diisi secara manual oleh penggunanya. Jika tidak, maka fitur personal hotspot tidak bisa diaktifkan.

Dan selain untuk berbagi jaringan pada sesama iPhone, langkah ini pun bisa dilakukan untuk berbagi hotspot iPhone ke Android ataupun pada perangkat lainnya.

Berikut beberapa langkah mudahnya di bawah ini:

• Buka menu Setting di iPhone-mu.

• Temukan menu Cellular, lalu klik.

• Apabila sudah terbuka, pilihlah Cellular Data Network.

• Isilah isian APN, Username, serta Password yang sama di bagian personal hotspot.

• Proses telah selesai dan kamu bisa langsung mengaktifkan hotspot di iPhone-mu. 

Simple dan mudah sekali bukan? Namun, jika kamu masih mengalami kendala sehingga cara ketiga ini tidak berhasil atau malah mengalami hilangnya beberapa fitur penting pada iPhone-mu, maka kamu bisa mencoba untuk mengulangi cara di atas.

Begitulah beberapa cara mudah mengaktifkan hotspot di iPhone. Cara-cara di atas sudah sangat runtu dijelaskan. Barangkali kamu mengali kendala, maka cobalah untuk mencoba ketiga cara di atas. Sebab jika tidak berhasil di cara yang pertama, belum tentu gagal pula di cara yang kedua dan ketiga. Selamat mencoba.