Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
game-Offline-Terbaik

5 Manfaat Internet Of Things di Berbagai Bidang

Internet of Things, apakah Anda sering mendengar istilah tersebut?. Terlebih lagi pada masa globalisasi seperti ini manfaat Internet of Things mulai dirasakan oleh banyak orang.

manfaat internet of things

lantas apa itu Internet of Things atau yang disingkat dengan IoT?,  silahkan simak dengan seksama artikel ini.

Pengertian Internet of Things

Internet of Things adalah sebuah istilah yang mengacu pada proses integrasi atau koneksi antar perangkat teknologi menggunakan sebuah jaringan internet.

Dalam istilah teknisnya, IoT merupakan jenis komunikasi Machine to Machine dimana manusia berperan sebagai pengelola dan user dari machine tersebut.

Agar semakin mempermudah pemahaman Anda mengenai IoT, kita bisa mengambil contoh mengenai sebuah smartphone yang dapat terhubung dengan perangkat lain layaknya PC, laptop dan smartphone itu sendiri.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa IoT ini cukup penting dalam kehidupan manusia pada saat ini. Namun timbul lagi sebuah pertanyaan, apa sih manfaat dari Internet of Things ini dalam kehidupan manusia?.

Manfaat Internet Of Things di Berbagai Bidang

Dalam prakteknya sendiri, IoT sendiri sudah mempengaruhi dan memberi dampak positif di berbagai sektor, mulai dari bidang pendidikan, transportasi dan lain sebagainya.

Bidang Pendidikan

Dewasa ini, kita mengenal sudah mengenal metode pembelajaran dengan memanfaatkan jaringan internet yang disebut juga dengan e-Learning.

Contohnya aplikasi bimbel online yang banyak digandrungi pada saat ini. Tentunya jenis Internet of Things seperti ini cukup membantu dunia pendidikan mengingat situasi pandemi yang semakin tidak terkendali.

Selain itu, pemanfaatan berbagai layanan Google layaknya Google Classroom bisa dimanfaatkan oleh para tenaga pengajar untuk membagikan materi pembelajaran dan mengumpulkan tugas secara online.

Bidang Pembangunan

Tahukah Anda bahwa IoT ini bahkan memiliki dampak positif dalam hal pembangunan infrastruktur. Seperti pada program SmartCity yang ada di Indonesia.

SmartCity merupakan sebuah implementasi dari Internet of Things yang bertujuan untuk memajukan pembangunan di sebuah kota.

Hal ini dikarenakan di setiap pengembangan kota memanfaatkan teknologi informasi guna mengolah setiap aset dengan aman dan terstruktur.

Bidang Perekonomian

Kemampuan IoT yang mampu menyinkronkan setiap perangkat teknologi dalam satu jaringan membuatnya cukup baik jika digunakan dalam dunia pasar.

Pasalnya, sistem real time yang dimilikinya bisa dimanfaatkan untuk melakukan perekaman data aktivitas marketing dengan cepat dan tepat.

Sehingga setiap pelaku pasar bisa melakukan analisis wilayah dengan potensi pasar yang bagus dan kurang bagus.

Bidang Transportasi

Salah satu penerapan IoT dalam bidang transportasi yaitu pada teknologi Autonomous Car. Teknologi ini sendiri memungkinkan mobil dapat bergerak dan berjalan sendiri secara otomatis tanpa pengemudi manusia.

Selain itu, Autonomous Car juga mampu mengenali kondisi jalanan yang dilaluinya sehingga resiko kecelakaan akan semakin kecil.

Namun seiring majunya teknologi, kini Autonomous Car bukan hanya diterapkan pada mobil pribadi, namun juga ke berbagai jenis kendaraan lain layaknya bus, pesawat dan kereta.

Bidang Industri

Seperti sebelumnya, teknologi IoT yang memanfaatkan sistem kerja otomatisasi membuat manusia tidak perlu lagi mengoperasikan mesin secara manual.

Imbasnya para pelaku industri bisa memanfaatkan IoT ini untuk menekan biaya produksi dengan menggunakan mesin pabrik yang terkoneksi dengan komputer.

Selain itu, dengan adanya mesin pabrik yang dikendalikan dengan komputer maka juga akan memperkecil resiko kesalahan dan gagalnya sebuah produk.

Bagaimana apakah Anda sudah paham mengenai manfaat Internet of Things ini? Sejatinya pemanfaatan IoT ini bisa Anda temui pada alat-alat yang ada di sekitar Anda, layaknya kamera keamanan dan berbagai sensor smart devices lainnya.

game-Offline-Terbaik