Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Instal Android di PC Menggunakan Emulator dan Tanpa Emulator

Di tengah-tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat, kemunculan banyaknya software pun menjadi bukti bahwa teknologi nggak ada matinya. Seperti hal nya penggunaan Android di PC yang saat ini menjadi salah satu hal menarik di dunia teknologi.

cara install android di pc

Cara menjalankan Android di PC tanpa emulator maupun menggunakan emulator bisa dibilang sangat mudah. Mulai dari pemula hingga yang ahli di bidangnya bisa menjalankan Android dengan beberapa metode.

Sebagaimana yang akan dijelaskan oleh Sabineblog di artikel kali ini tentang cara instal Android menggunakan emulator dan tanpa emulator dengan mudah.

Cara Instal Android di PC Menggunakan Emulator

cara install android di pc menggunakan emulator


1) Android-x86

Bagi kamu yang sudah sering mengotak-atik program pasti sudah tidak asing lagi dengan emulator yang satu ini. Ya, Android-x86 yang bisa dijalankan seperti hal nya sistem operasi pada PC itu sendiri. Cukup dengan melakukan booting dari flashdisk maupun menginstalnya secara langsung sebagai OS di perangkatmu, emulator yang satu ini bisa dijalankan dengan performa terbaiknya.

2) BlueStacks

Memiliki popularitas yang lebih dari Android-x86, BlueStacks merupakan program emulator terbaik yang paling banyak digunakan sekarang ini. Selain bisa berjalan dengan baik di semua aplikasi Android, emulator yang satu ini mampu menghilangkan antarmuka atau tampilan tabler menarik di layar PC yang kamu miliki.

3) AndroidSDK

Untuk kamu yang masih pemula, sebaiknya jangan dulu menggunakan AndroidSDK sebagai emulator yang akan kamu gunakan. Sebab tingkat kerumitannya jauh lebih tinggi dari kedua emulator di atas. Namun, beda hal nya jika kamu ingin menguasai pemrograman Android lebih lanjut, maka emulator AndroidSDK inilah yang menjadi aplikasi wajib pertama yang harus kamu kuasai.

Cara Instal Android di PC Tanpa Menggunakan Emulator

cara install android di pc tanpa menggunakan emulator

Pernahkah kamu mendengar Phoenix OS? Sebuah sistem operasi berbasis Android 7 ke atas yang dibangun guna menjalankan system operasi Android di PC atau laptop. Namun, sebelum hendak menginstalnya, terlebih dahulu kamu harus mengunduh installer untuk sistem operasi perangkatmu.

Untuk kamu yang menggunakan Windows, bisa mendownload file EXE. Sedangkan untuk kamu yang menggunakan Mac diperkenankan untuk mendownload file ISO dan burn pada flashdisk sebelum bisa meluncurkan installer. Di samping itu, jangan lupa, lakukan perubahan pada pengaturan BIOS sistem perangkatmu terlebih dahulu.

Tanpa berlama-lama lagi, untuk mulai menginstal Android di PC dengan menggunakan OS Phoenix, berikut di bawah ini langkah-langkah yang harus kamu ikuti:

Langkah 1:
• Pertama, download Installer Phoenix OS Di sini

Langkah 2:
• Jika sudah, buka installer dan pilih "Install"

Langkah 3:
• Pilih opsi Partisi hardisk ruang untuk menginstal OS, jangan lupa ketuk "Next".

Langkah 4:
• Selanjutnya, pilihlah jumlah space yang ingin kamu gunakan pada hard drive untuk Phoenix OS. Kemudian, pilih "Install".

Langkah 5:
• Tunggu beberapa detik hingga Phoenix OS terinstal.

Note: kamu akan menerima notifikasi yang berisi bahwa kamu harus menonaktifkan "Secure boot".

Perlu diketahui, untuk penggunaan Phoenix OS ini bisa dibilang memang tidak melulu stabil pada perangkat yang kamu gunakan. So, jiia saat pertama kali dimuat tidak berhasil, cobalah untuk melakukan restart pada PC terlebih dahulu.

Nah, itu dia tadi beberapa penjelasan cara instal Android for PC yang bisa kamu coba. Baik menggunakan emulator atau tanpa emulator, keduanya cukup mudah untuk dilakukan.

Cari Artikel