Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pahami Tips Dan Kiat Sukses Berjualan Online Untuk Pemula

Kiat sukses berjualan online menjadi salah satu faktor yang wajib diperhatikan oleh kamu yang terjun ke dalam bisnis online. Kecanggihan teknologi dan digital saat ini mengharuskan semua orang tetap mengikuti perkembangan zaman.

Dulunya kamu hanya membeli barang melalui toko atau gerai kios di pasar. Sedangkan untuk saat ini semuanya perlahan beralih ke digital atau berbasis online termasuk dalam kegiatan jual beli. 

Di era digital serba online seperti sekarang, segala macam kebutuhan kamu sudah lengkap ada di internet. Dalam artian, apapun bentuk produk yang akan kamu jual bisa dilakukan secara online. 

Namun perlahan cara berjualan online ini memang jelas jauh berbeda dengan jualan pada umumnya. Maka dari itu baik untuk kamu segera mengetahui kiat atau tips berjualan online laris disini.

1. Tentukan Produk Barang atau Jasa

Salah satu hal penting sebelum kamu membuka toko jualan online adalah tentukan produk yang akan kamu jual kepada para konsumen atau pembeli. 

Produk tersebut dapat berupa barang maupun jasa. Semua produk yang akan kamu jual ini sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh pembeli.

Kalau kamu memiliki skill atau keahlian tertentu seperti pandai menulis, jago administrasi atau ahli membuat website, bisa kamu jadikan produk yang akan dijual. 

Namun, jika kamu memiliki modal yang lebih cukup bisa membuat suatu produk berupa barang yang dibutuhkan oleh konsumen dan langsung menjualnya.

2. Tentukan Harga Jual Produk

Setelah kamu menentukan jenis produk yang akan dijual, tips jualan online untuk pemula selanjutnya adalah tentukan harga yang pas untuk produk tersebut.

Cara mudah menentukan harga produk, ada beberapa faktor yang penting kamu menjadi fokus perhatian. Adapun faktornya seperti dengan mengetahui harga produk di semua pasaran, harga yang ditentukan oleh supplier serta biaya yang akan kamu keluarkan untuk operasional.

3. Buat Rancangan Bisnis yang Jelas

Selanjutnya langkah yang perlu kamu persiapkan adalah dengan membuat rancangan bisnis usaha yang sudah kamu dirikan. Rancangan ini dimaksudkan agar tujuan atau goals dari bisnis usaha kamu dapat tercapai. 

Selain itu, memang diperlukan kamu untuk dapat menganalisa pasar dan kebutuhan dari konsumen agar produk kamu dapat laku. Kemudian buatlah rancangan bisnis yang dapat kamu lakukan. 

persiapkan rancangan dengan membuat nama toko jualan online yang menarik perhatian konsumen, tentukan produk jualan dan produk yang selalu dibutuhkan konsumen, tentukan harga jual dari produk yang kamu buat. Terakhir adalah hitung secara keseluruhan modal yang kamu miliki untuk membuka usaha.

4. Tentukan Platform Jualan yang Tepat

Berikutnya adalah tentukan platform jualan yang bakalan kamu pakai untuk menjalankan bisnis. Dengan bisnis digital online, kamu bisa menggunakan jenis platform jualan online yang cukup populer seperti, Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli dan yang lainnya.

Selain itu, kamu bisa juga fokus pada sosial media seperti Instagram, Facebook dan Twitter. Untuk lebih detail mengenai produk yang kamu jual, kamu bisa membuat situs jualan tersendiri khusus untuk produk yang kamu tawarkan.

5. Aktif Promosi di Media Sosial

Langkah terakhir trik jualan online agar cepat laku adalah dengan aktif promosikan produk kamu melalui media sosial. Hal tersebut dikarenakan jangkauan dari sosial media yang begitu luas pasti akan membuat produk kamu lebih dikenal oleh masyarakat luas. 

Dengan menggunakan cara ini dijadikan sebagai ajang promosi produk kamu. Sosial media sudah sangat erat hubungannya dengan kehidupan sehari - hari. Maka dari itu dapat dimaksimalkan sebagai promosi untuk menggaet perhatian para penggunanya. 

Itulah beberapa kiat sukses berjualan online yang bisa segera kamu terapkan di dalam bisnis usaha yang sudah kamu buat. Segera terapkan semua cara di atas secara perlahan namun pasti ya.

Cari Artikel