Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Mengatasi USB Device Not Recognized Paling Mudah

Usb device not recognized adalah sebuah permasalahan yang sering dijumpai oleh para pengguna pada saat mau menyambungkan antara USB ke perangkat laptop atau komputer.

Kondisi akan akan membuat kamu semakin khawatir dan bingung, apalagi jika perangkat USB mempunyai banyak file atau data penting di dalamnya. Namun jangan kamu bisa mengatasinya dengan mudah, asalkan mengikuti panduan dibawah ini.

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

Bagi kamu yang bingung dengan masalah berikut saya berikan cara mengatasinya untuk perangkat laptop atau pc dengan OS Windows.

1. Cabut dan Pasang Kembali Perangkat USB

cara mengatasi USB device not recognized

Metode pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mencopot dan memasangkan lagi perangkat USB dari perangkat komputer atau laptop kamu.

Setelah tampil pemberitahuan masalah ini pada taskbar, kamu bisa mencabut dari perangkat laptop. Kemudian tunggu beberapa saat atau secukupnya lalu pasangkan kembali.

Meskipun cara ini dianggap sepele namun jangan salah loh bisa mengatasi permasalahan ini!

2. Hubungkan Perangkat USB ke Port Berbeda

hubungkan perangkat USB ke port berbeda

Kondisi port USB yang tidak sudah tidak bagus dan longgar juga salah satu penyebab kenapa permasalahan ini muncul. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan apakah ada kerusakan di perangkat USB atau malah di Port USB di laptop atau PC. Kamu bisa mencoba menyambungkan perangkat USB ke port lainnya.

Yang sudah kalau perangkat laptop sekarang sudah di bekali dengan minimal dua port USB sehingga kamu bisa mencoba semuanya.

3. Hapus Instalan Driver Perangkat USB

mengatasi usb device not recognized

Tidak hanya perangkat keyboard atau mouse saja, namun semua device eksternal yang tersambung ke laptop sebenarnya tanpa kamu sadari akan melakukan instalasi driver secara otomatis supaya bisa dipakai.

Hal ini pun terjadi pada perangkat USB. Jika proses menginstall driver eksternal ini gagal, maka akan menyebabkan USB device not recognized. Nah untuk mengatasi masalah, kamu bisa menghapus instalannya driver perangkat USB. Berikut langkah-langkahnya:

1. Pertama buka Device Manager pada kolom pencarian Windows.

2. Kemudian klik ikon collapse pada menu Disk Drive.

3. Setelah itu klik di perangkat USB milik kamu.

4. Selanjutnya klik kanan di perangkat USB milik kamu dan pilih menu Uninstall Driver.

5. Silahkan kamu ikuti saja arahan yang ada, dimana kamu akan diminta untuk menunggu sampai prosesnya selesai.

6. Apabila semua langkah sudah di lakukan, kamu bisa melepas perangkat USB dari laptop.

7. Terakhir tunggu beberapa saat, kemudian hubungkan kembali.

4. Matikan Power Management USB Root Hub

cara mengatasi usb device not recognized

Apabila kamu yakin jika masalah ini bukan karena perangkat USB milik kamu? Jika iya, kamu bisa mencoba dengan mematikan power management USB root hub.

Cara ini berguna untuk mencegah drive USB eksternal mematikan daya yang bisa menjadi pemicu tampilnya permasalahan ini. Untuk langkah-langkahnya bisa simak dibawah ini:

  1. Pertama buka Device Manager terlebih dahulu.
  2. Setelah masuk program tersebut, kamu klik ikon collapse pada menu Universal Serial Bus Controllers. Lalu pilih USB Root Hub.
  3. Pada opsi USB Root Hub klik kanan dan pilih menu Properties. Pilih tab Power Management.
  4. Lalu hapus tanda ceklis di bagian Allow computer to turn off this device to save power.
  5. Apabila sudah, kamu klik OK. Selesai.

Bagaimana, sangat gampang sekali bukan cara mengatasi permasalahan USB Device Not Recognized di perangkat laptop baik pada Windows 7,8, dan 10?

Silahkan kamu pilih diantara cara di atas yang menurut kamu paling efek. Metode diatas juga bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan ini pada perangkat Android maupun USB eksternal lainnya ya!