Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Perbedaan smart TV dan android TV Perubahan jaman sudah bertambah cepat, berpengaruh pada tehnologi yang berkembang semakin kekinian. Satu diantaranya yang sekarang ini mengalami peralihan besar karena tehnologi ialah televisi. Kemungkinan mayoritas dari kalian sempat mempunyai TV tabung pada 15 tahun kebelakang, atau sampai sekarang ini masih tetap memakainya. Tv datang pertama kalinya dan dipasarkan secara komersil semenjak tahun 1920-an, dan semenjak waktu itu tv sudah jadi barang biasa di dalam rumah, perkantoran, atau  institusi, terutamanya menjadi sumber keperluan akan hiburan dan informasi serta jadi media advertising atau periklanan.

Makin majunya tehnologi tv sekarang, TV telah berevolusi menjadi Smart TV atau Android TV. Keduanya sama - sama sebagai tv dengan inovasi terbaru yang mengangkat feature mutakhir untuk memanjakan pemakainya. Tapi apakah kamu sudah mengetahui perbedaan antara Smart TV dan Android TV ini? Saat ini masih banyak yang tidak mengerti dan menganggap keduanya adalah sama saja. Smart TV dan Android TV mempunyai perbedaan dari sisi feature yang dibawa. Untuk memperjelas perbedaan smart TV dan Android TV akan penulis jelaskan pada artikel kali ini, silahkan disimak.

Smart TV

perbedaan smart tv dan android tv

Pada jaman sekarang ini mayoritas perangkat tv terkini, bahkan juga yang tidak begitu mahal, sudah diperlengkapi dengan feature Smart TV. Sudah pasti perangkat ini membutuhkan akses internet untuk terhubung semua feature yang ditawarkan Smart TV. Umumnya Smart TV mempunyai Ethernet port ada di belakang TV untuk tempat anda mencolokkan kabel dari router rumah. Beberapa type lebih hebat dapat terkoneksi dengan Wi-Fi.

Smart TV mempunyai beberapa feature sama seperti yang berada di handphone seperti kemampuan untuk streaming YouTube dan membuka Netflix. Ada pula beberapa Smart TV yang dapat mengakses web yang kita gemari dengan browser yang ada di dalamnya. Bahkan juga dapat bermain games.

Kehebatan dari Smart TV

Sama seperti yang kita ketahui, dengan Smart TV kita dapat lakukan hal apa saja yang tidak dapat dikerjakan di TV biasa. Ini karena dalam Smart TV telah terpasang otak tambahan yang memungkinkannya dia jalankan perintah apa saja seperti sebuah computer. Di Smart TV kamu dapat melihat film apa saja lewat sebuah situs streaming khusus. Disamping itu, kamu juga bisa terhubung video youtube dengan benar-benar gampang, dengan catatan Smart TV harus tersambung dengan internet. Tidak hanya sampai disana saja, Smart TV memungkinkan pemakainya untuk melakukan searching di internet dengan benar-benar gampang. Tetapi sayang, terhubung browser lewat Smart TV dirasakan cukup sulit dibanding seperti melakukan akses diperangkat yang lain.

Android TV

perbedaan smart tv dan android tv

Google mengeluarkan android TV pertama kalinya pada 25 Juni 2014 lalu, sebagai alternatif Google TV. Versi Android TV paralel dengan platform Android pada handphone. Seperti handphone yang bakal selalu mendapatkan up-date, Android TV akan mendapatkan up-date ke versi terkini. Tetapi ini kembali lagi ke merk TV masing-masing.

Android TV sebenernya hampir sama seperti Smart TV. Namun Android TV mempunyai spesifikasi tinggi dan sudah pasti mekanisme operasi Android yang membuat lebih kaya. Android TV ada yang datang berbentuk set-top-box yang dipasangkan pada tv. Ada pula langsung terintegrasi dengan tv.

Android TV dipasang dengan aplikasi bawaan baik itu layanan tv streaming, games dan music. Disamping itu Google sudah bekerja bersama dengan provider content streaming terkenal seperti Hulu, Netflix, Spotify dan yang lainnya. Untuk content, Android TV sudah menyiapkan beberapa pilihan, baik film, acara TV, musik atau games. Ada yang gratis, ada pula yang paket berbayar.

Berlainan dengaan Smart TV biasa, Android TV seperti handphone di mana ada Google Play Store. Kita dapat mengambil beragam aplikasi dan games di perangkat TV. Bila kurang, dapat dicari di Google Play-store sesuai kemauan pengguna smart TV android.

Feature yang lain ialah mempermudah pengguna bisa memakai feature Google Voice Input. Feature ini untuk memakai perintah suara lewat mic yang ada pada remote android TV. Pada beberapa smart TV biasa feature ini juga ada. Tetapi kelihatannya Google voice mempunyai "pengalaman" yang lebih bagus dalam memproses perintah suara.

Android TV dapat terhubbung dengan GamePad yang kompatibel dengan handphone android dengan jaringan Bluetooth atau kabel USB

Feature Hebat dari Android TV

Android TV pertama kalinya dikeluarkan oleh Google di tahun 2014, sampai sekarang ini penggemarnya telah makin banyak. Tidak lain karena feature hebat yang dipakainya yang dapat membuat penggunanya makin termanjakan. Android TV ini mempunyai bergam seri sebagaimana pada android di handphone atau tablet. Android TV ada juga yang memakai sistem operasi android seri Marshmallow, Nougat dan lain sebagainya. Berkenaan dengan feature yang ada pada Android TV, diantaranya adalah:

Google Playstore

perbedaan android tv dan smart tv

Di android TV pemakai dapat dengan bebas terhubung Google Playstore dengan meng-install program yang disukai. Tetapi tidak semuanya aplikasi di android handphone dapat diinstal di Android TV, cuman beberapa saja yang dapat dijalankan. Didalamnya juga ada aplikasi bawaan seperti, TV Streaming, Music, dan games.

Google Voice Input dan Kontrol

perbedaan smart tv dan android tv

Disokong dengan Google Voice Input yang memungkinkan para pengguna berinteraksi dengan perangkat melalui perintah suara. Selian itu, Android TV bisa juga disambungkan dengan beragam perangkat kontroler seperti, games pad, mouse, keyboard, aplikasi remote kontrol, earphone, spekaer dan lain-lain. Kamu bisa menyambungkannya  dengan memanfaatkan feature bluetooth di Android TV.

Google Cast

perbedaan smart tv dan android tv

Feature satu ini bermanfaat untuk menampilkan hasil pencarian atau video youtube dari perangkat lain seperti netbook atau handphone. Perangkat yang tidak kompatible dengan TV android bisa juga ditangani dengan feature ini.