Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Resi BPOM Kosmetik & Lainnya Agar Tahu Asli Atau Palsu

Membeli kosmetik tidak bias dilakukan di sembarang tempat. Seperti yang kita tahu, produk kosmetik ini sangat berbahaya bagi tubuh. Banyak kasus orang yang mengalami masalah kulit dan wajah karena salah penggunaan kosmetik. Sebelum kemu beli, terlebih dahulu kamu harus cek produk tersebut di BPOM. Sudah tahu bagaimana cara cek resi BPOM kosmetik?


Buat kamu yang belum tahu cara mengecek resi BPOM dan legalitas produk asli atau palsu, di artikel ini akan saay jelaskan langkah-langkahnya.

1. Cek Kode BPOM

Pertama kamu harus melakukan pengecekan pada kode BPOM yang ada pada produk kosmetik yang kamu beli. Setiap produk yang kamu beli tentu akan memiliki kode BPOM sekalipun itu produk palsu, mereka akan menuliskan kode BPOM palsu pada produknya.

Nah kamu tinggal lihat saja pada bagian kotak bagian bawah produk. Di sana ada kode BPOM yang kamu kamu lihat dengan mudah. Nah kode inilah yang akan kamu gunakan untuk melakukan pengecekan apakah benar produk itu terdaftar di BPOM atau tidak.

2. Buka Situs BPOM

Untuk bisa melakukan pengecekan legalitas produk kosmetik, kamu bisa langsung cek melalui halaman situs BPOM. Kamu bisa cek produk apa pun tidak hanya produk kosmetik saja. Kamu bisa cek legalitas produk makanan, minuman, obat ataupun yang lainnya.

Untuk melakukan pengecekan legalitas produk kecantikan (kosmetik) ataupun yang lainnya bisa kamu cek di situs BPOM https://cekbpom.pom.go.id/. Untuk melakukan pengecekan, kamu tidak perlu daftar dan membuat akun. Kamu bisa langsung input nomor produk kosmetik yang ingin kamu cek saja. Setelah itu, halaman website BPOM ini akan menampilkan data legalitas produknya.

3. Input Kode BPOM

Untuk mengetahui legalitas dan kebenaran dari produk kosmetik yang kamu beli, silahkan kamu input nomor resi BPOM tersebut pada kolom yang tersedia di halaman situs BPM tersebut. Di sana kamu akan melihat beberapa menu yang bisa kamu gunakan.

Kamu tinggal klik pada menu cari berdasarkan nomor registrasi, kemudian ketikan kode registrasi BPOM produk yang kau dapatkan sebelumnya, lalu klik cari. Nanti akan muncul halaman detail produk yang kamu input. Beberapa data yang akan ditampilkan di antaranya adalah:

1. Nomor registrasi produk

2. Nama produk kosmetik

3. Merek produk

4. Jumlah & kemasan

5. Bentuk sediaan

6. Komposisi produk

7. Nama pendaftar produk (produsen)

4. Cek Kesesuaian Data di Web dan di Kemasan

Selanjutnya, silahkan kamu cocokkan data yang muncul di halaman website BPOM dengan data produk yang ada di kemasan. Pastikan semua data yang muncul antara data di kemasan dengan data yang muncul di halaman web BPOM ini sama semuanya. Dengan demikian, artinya produk ini benar dan bukan termasuk produk palsu.

Tapi jika kode register ini tidak terdaftar atau tidak muncul ketik kamu cari, maka sudah bisa dipastikan bahwa produk tersebut adalah produk palsu dan tidak layak guna. Ketika kamu menemukan produk semacam ini, maka saran saya jangan gunakan produknya. Karena akan sangat membahayakan. Produknya tidak lolos uji dengan baik oleh pihak BPOM.

Nah itulah beberapa cara cek resi BPOM produk kosmetik yang asli dan palsu. Gunakan cara di atas untuk mengetahuinya dengan baik. Jangan tetap memaksakan menggunakan produk kosmetik palsu yang tidak terdaftar di BPOM. Karena itu akan sangat berbahaya bagi kesehatan.