Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Telah Hadir Apple MacBook M1 Max, Cek Spesifikasi dan Harganya!

Sabineblog.com - Pada tanggal 19 Oktober 2021 Apple merilis MacBook M1 Max dengan membawa ukuran layar sebesar 14 inci dan hadir juga bersama varian Pro 16 inci. Dengan disertai dukungan bezel nan tipis dan disertai dengan dudukan kamera yang menggantung mampu menciptakan notch (poni).
MacBook Pro 2021 M1 Max

Laptop Apple MacBook M1 Max Telah Rilis


Apple kembali menggelar event terbesarnya pada tanggal 19 Oktober 2021 yang dilakukan secara virtual. Pada event tersebut Apple kembali mengenalkan varian MacBook terbarunya sesuai dengan rumor yang sudah beredar selama ini.

Di samping itu juga diumumkan kehadiran chip terbaru untuk MacBook besutan Apple, yang bernama M1 Pro dan M1 Max. Kehadiran kedua chip tersebut mampu menawarkan performa yang terbaik untuk industri laptop dunia.

Hingga akhirnya diumumkan kehadiran Apple MacBook M1 Max dengan membawa chipset yang sangat mumpuni. Chipset terbaru ini memiliki kinerja CPU dan GPU lebih kencang bila dibandingkan chip M1 pada tahun lalu.

Pihak Apple mengklaim untuk kinerja CPU lebih cepat 7% dan juga GPU M1 Pro2x lebih mumpuni dibandingkan dengan M1. Untuk varian M1 Mac terbaru kali ini akan lebih cepat 4X dibanding varian M1 terdahulu.

Kinerja Lebih Baik

Kinerja yang dihasilkan oleh Apple MacBook M1 Max maupun varian Pro mempunyai kinerja yang lebih baik daripada chip PC pada umumnya. Untuk GPU nya pihak Apple mengklaim bahwa chipnya mampu bekerja 7X lebih baik daripada grafis yang terintegrasi pada PC dengan daya yang sama.

Bagaimana tidak, jenis chipset ini ternyata mampu memberikan data benchmark yang sama dengan kartu grafis diskrit. Disamping itu, penggunaan daya juga lebih hemat sebesar 70%.

Pihak Apple juga sudah menyesuaikan Mac OS guna bisa memanfaatkan sepenuhnya dari chip baru tersebut pada setiap level. Tujuannya adalah agar supaya kinerjanya jauh lebih optimal.

Spesifikasi  dan Harga MacBook Pro M1 2021

Spesifikasi Macbook Pro 2021

Seperti sudah dibahas diatas, MacBook Pro 2021 ini memiliki ukuran layar 14 inci, ditambah dengan keistimewaan lainnya MacBook Pro 2021 ini sudah menggunakan chipset M1 Pro atau M1 Max hingga layar LED mini 120 Hz.

Fitur lainnya adalah memiliki desain datar, pengisiaan daya baterai MagSafe, Layar LED mini dan slot SD Card serta port HDMI. Semua fitur yang terpasang disana menjadikannya sebagai perangkat untuk para professional kreatif seperti desain grafis dan fotografer.

MacBook terbaru yang ditenagai oleh chip M1 Max akan memiliki kinerja 3,7 kali lebih cepat dari CPU yang menggunakan Intel i7 dan kinerja grafis nya 13 kali lebih cepat, seeprti dilansir dari Techradar, Jum'at (22/10/2021).

Sedangkan untuk harganya, MacBook Pro 2021 CPU 8-Core, model 14-Core GPU M1 Pro dengan menggunakan memory 16 GB dan storage SSD 512 GB akan dibandrol dengan harga USD 1,999 atau setara dengan Rp. 28 juta.

Sementara untuk CPU 10-Core, model 16-Core GPU M1 Pro dengan menggunakan memory 16 GB dan storage SSD 1 TB dijual dengan harga USD 2,499 atau setara dengan Rp. 35 juta.

Untuk MacBook Pro M1 Max 2021 14 inci  tidak ada harga yang ditetapkan. Tapi Apple mempersilakan pengguna untuk mengkonfigurasi laptop melalui situs web Apple, pengguna bisa menyesuaikan memory 16 GB, 32 GB atau 64 GB dengan media penyimpanan yang tersedia hingga 8 TB SSD.