Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gurupppk.kemdikbud.go.id - Cek Online Guru Honorer Lolos PPPk Tahap 1

pengumuman seleksi ASN PPPK Guru 2021

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim melalui media streaming Youtube pada tanggal 08 oktober 2021 jam 9 pagi mengumumkan bahwa sebanyak 173.329 guru honorer telah lolos seleksi ASN PPPK Guru 2021 tahap 1.

Dengan berubahnya status dari guru honorer menjadi ASN PPPK, maka guru honorer yang diangkat tersebut akan memiliki kesempatan yang lebih banyak untuk mengikuti program peningkatan kompetensi, yang mana hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi para peserta didik, karena kualitas pengajaran yang akan didapatkan akan menjadi lebih baik.

Pada kesempatan ini Nadiem menyampaikan bahwa pemerintah pusat telah menyediakan sebanyak 1.002.616 formasi guru ASN PPPK. Kemudian yang diajukan oleh pemerintah daerah hanya sebanyak 506.252 formasi.

Disampaikan juga bahwa jumlah sekitar 500 ribut formasi ASN PPPK ini merupakan rekor tertinggi dalam beberapa tahun terakhir, sehingga hal ini patur kita syukuri dan rayakan bersama, ujar Nadiem.

Pada kesempatan seleksi ini pemerintah juga telah menetapkan tambahan kebijakan afirmasi, kebijakan afirmasi yang dimaksud disini adalah adanya penambahan nilai dari nilai maksimal kompetensi teknis.

Bagi mereka yang memiliki sertifikan pendidik, akan ditambahkan afirmasi 100%. Kemudian untuk usia yang diatas 35 tahun akan diberikan tambahan afirmasi 15%. Untuk penyandang disabilitas mendapatkan tambahan 10%, dan untuk para guru honorer THK-II akan mendapatkan tambahan afirmasi 10%.

Sementara itu bagi peserta yang usianya dibawah 50 tahun akan mendapatkan 10% dari nilai maksimal kompetensi teknis dan juga 10% dari nilai wawancara serta manajerial- sosiokultural.

Dengan diterimanya sebanyak 173.329 menjadi ASN PPPK, berarti sebesar 53,7% formasi guru telah terpenuhi dari 322.663 formasi yang dilamar pada seleksi ASN PPPK Guru tahun 2021 tahap pertama.

Cara Cek Pengumuman PPPK Guru 2021 Secara Online

Anang Ristanto selaku Plt Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Kemendikbud Ristek mengmunkan bahwa pengumuman kelolosan seleksi PPPK Guru 2021 dapat dilihat pada halaman web resmi PPPK Guru.

Peserta seleksi dapat mengakses halaman pengmuman melalui link https://gurupppk.kemdikbud.go.id/hasil_tahap_1/ . Pengumuman resmi ini akan dibuka secara resmi pada tanggal 8 Oktober 2021 jam 12 siang.

Untuk mengakses halaman pengumuman seleksi PPPK Guru ini peserta hanya diperlukan untuk memasukkan NIK dan nomor peserta masing - masing. Kemudian peserta bisa mengklik tombol "CARI" yang kemudian nantinya akan dimunculkan hasil dari seleksi kompetensi PPPK Guru tahap 1.

Selain melalui halaman gurupppk.kemdikbud.go.id pengumuman juga bisa diakses melalui akun yang terdaftar di BKN. Caranya adalah sebagai berikut :

  • masukan kehalaman web BKN dengan link https://sscasn.bkn.go.id/
  • Kemudian peserta dapat memilih menu login akun, peserta akan diminta memasukkan NIK dan password yang digunakan pada saat mendaftar calon peserta PPPK Guru 2021 sebelumnya.
  • Lalu pilih opsi masuk
  • Lalu peserta akan ditampilkan status kepesertaaannya Lulus atau Tidak Lulus, peserta juga dapat melihat nilai yang diperoleh dari serangkain test PPPK Guru 2021.