Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Operator Dengan Jaringan Internet Tercepat Masih diPegang Oleh Telkomsel

kecepatan internet telkomsel

Ookla, Speedtest selaku situs penyedia uji kecepatan koneksi internet, telah menobatkan Telkomsel sebagai operator selular dengan internet tercepat di Indonesia selama quartal (Q3) tahun 2021.

Dilihat dari data yang dikutip melalui halaman situs Speedtest, Rabu (20/10/2021) terlihat Telkomsel mendapatkan skor 30,49 dari skala maksimal 40.

Selanjutnya Operator selular Indosat Ooredoo atau IM3 menempati urutan kedua dengan skor 25,68 disusul dengan operator XL Axiata yang ada pada posisi ketiga dengan skor kecepatan 23,93.

Diposisi ke empat ditempati oleh operator selular Smartfren dengan skor 19,03, sementara pada posisi buncit ditempati oleh operator selular Tri Indonesia (3) dengan skor kecepatan 15,52.

Selain kecepatan koneksi internet, Speedtest juga merilis tingkat latency untuk masing-masing operator selular. Latency adalah skala waktu yang dibutuhkan saat data dikirim hingga sampai kepenerima.

Latency diukur dengan satuam milidetik atau milisecond (ms), semakin besar latency, maka semakin lama data yang akan diterima oleh pengguna.

Untuk latency operator selular Telkomsel masih menempati posisi pertama dengan besaran waktu 30 ms, posisi kedua ditempati oleh Tri Indonesia dengan waktu 32 ms dan Indosat Ooredoo berada pada posisi ketiga dengan besaran waktu 36 ms. Selanjutnya di posisi ke empat dan ke lima di tempati oleh operator selular Smartfren dan XL Axiata dengan rata-rata waktu di 41 ms.

Speedtest juga mengukur konsistensu kecepatan internet untuk masing-masing operator. Hasil ini dikukur berdasarkan dari seberapa konsisten kecepatan download dengan minimal 5 Mbps dan kecepatan Upload di 1 Mbps.

Hasilnya, Telkomsel menempati urutan pertama dengan skor konsisten tertinggi 85,7%, posisi kedua di tempati oleh XL Axiata dengan skor konsistensi 82,7%.

lalu posisi ketiga, keempat dan kelima secara berurutan ditempati oelh operator selular Indosat dengan skor (82,6%), Tri Indonesia dengan skor (79,1%) dan Smartfren dengan skor (68,2%).