Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur Baru dan "Bug" Yang Diperbaiki Update iOS 15.1

update iPhone ke iOS 15.1

Sabineblog.com - Sebenarnya Apple baru meluncurkan iOS 15 versi final pada bulan september lalu, tetapi di pekan ini Apple kembali akan melakukan update sistem operasi mobile iOS 15 ke 15.1, untuk device yang kompatibel.

Melalui Update pembaharuan iOS 15.1 ini Apple melakukan beberapa perbaikan bug yang ditemeukan pada perangkat iPhone dan meluncurkan beberapa fitur baru.

Berikut beberapa pembaharuan fitur yang dilakukan pada sistem operasi iOS 15.1.

Share Play

Fitur shareplay merupakan sebuah fitur yang memungkinkan pengguna iPhone dapat mendengarkan lagu dan menonton berbagai macam konten melalui berbagai aplikasi pihak ketiga, seperti TikTok, HBO Max, Hulu, Disney+, Twitch, Apple TV+, Apple Music, Apple Fitnes dan lain sebagainya langsung dari FaceTime.

Semua anggota yang ikut dalam panggilan FaceTime juga bisa melakukan untuk menjeda atau pause, memutar, memundurkan serta mempercepat tanyangan video yang sedang diputar.

Fitur Perekam Video ProRes

Pada pembaharuan iOS 15.1 Apple membawa fitur ProRes yang diperuntukkan iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max. Dengan fitur ini pengguna memungkinkan untuk mengambi video dengan kualitas yang tinggi.

Apple juga telah memberikan tambahan untuk opsi menonaktifkan peralihan kamera otomatis ke mode makro, fitur ini hanya ada untuk pengguna iPhone 13 dan iPhone 13 Pro Max.

Sehingga saat pengguna mendekati objek yang ingin ditangkap menggunakan kamera pada iPhone 13 dan iPhone 13 Pro Max, secara otomatis akan beralih ke mode makro, tanpa perlu melakukannya secara manual.

Apple Wallet Bisa Untuk Menyimpan Kartu Vaksin Covid-19

Pembaharuan iOS 15.1 ini menambahkan fitur baru berupa aplikasi Apple Wallet, dengan aplikasi ini memungkan untuk pengguna menyimpan kartu vaksin digital kedalamnya. Sehingga nanti untuk menunjukkan kartu vaksin bisa langsung dari iPhone atau Apple Watch.

Kamus Bahasa Mandarin

Pada update iOS 15.1 sudah tersedia kamus dwibahassa dalam bahasa mandarin (Taiwan). Pengguna iPhone bisa memanfaatkan fitur terjamahan dari kedalam bahasa mandarin dengan menggunakan aplikasi kamus tersebut.

HOME

Untuk aplikasi Home di iOS 15.1 kini hadir lebih atraktif dengan menyajikan informasi teknis seputar sensor kelembapan udara, kualitas udara ataupun juga tingkat kecerahan cahaya yang mendukung HomeKit.

Perbaikan Bugs

Adapun perbaikan bug yang dilakukan pada iOS 15.1 ini adalah sebagai berikut :
  • Memperbaiki permasalahan yang ada pada ruang penyimpanan saat aplikasi photos mengimpor foto dan video
  • Perbaikan pada aplikasi weather yang mempunyai masalah pada saat menampilkan update suhu dan gangguan pada background
  • Memperbaiki masalah pada saat pengguna mengunci layar iPhone, pemutaran audio dari aplikasi terhenti.
  • Perbaikan pada WIFI pada saat pengguna mendeteksi jaringan.
  • Melakukan perbaikan algoritma baterai pada lini iPhone 12 untuk memperkirakan kapasitas baterai
Selain meluncurkan update iOS 15.1, apple juga telah meluncurkan update sistem operasi (OS) ipadOS 15.1 untuk sejumlah perangkat tablet yang kompatibel.

Pembaharuan pada iOS 15.1 dan iPadOS 15.1 ini sudah bisa kamu download secara over-the-air (OTA). Biasanya untuk kehadiran update ini akan ada tanda notifikasi yang muncul pada perangkat.

Namaun apabila Kamu tidak mendapatkan notifikasi pembaharuan iOS 15.1 dan iPadOS 15.1 pada  perangkat, bisa melakukan update secara manual. Caranya adalah, masuk ke menu Settings, buka opsi General, kemudian dipilih opsi Software Update.