Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Aman Transaksi Digital, Hindari Kebocoran Data

tips aman transaksi digital

Sabineblog.com - Kemajuan fitur dalam teknologi transaksi digital memudahkan kita untuk mendapatkan semua yang kita mau. Namun hal ini juga diimbangi dengan risiko tindak kejahatan cyber yang kapan saja bisa terjadi.

Untuk itu, kita harus selalu waspada dengan menerapkan beberapa hal saat bertransaksi secara digital. Bagi Anda yang kerap melakukan transaksi via online, berikut beberapa hal yang mesti Anda lakukan;

Selalu Jaga Kerahasian Data

tips aman transaksi digital - menjaga kerahasiaan data

Cara paling aman untuk menghindari kejahatan dalam transaksi digital adalah selalu menjaga kerahasiaan data. Hal ini termasuk password, authentication code dan juga kode OTP.

Untuk menjaga keamanan, Anda diwajibkan mengganti password atau pin secara berkala. Jangan gunakan kombinasi pin yang mudah agar orang lain tidak mudah mengakses atau membobol pin Anda.

Selalu Aktifkan Fitur Two Factor Authentication


tips aman transaksi digital dengan mengaktifkan two factor authentication

Cara ini bertujuan untuk memberikan proteksi ganda dalam setiap transaksi digital yang Anda lakukan. Sistem pengamanan ini dilakukan dengan pengiriman kode OTP ke nomor ponsel sebelum melakukan transaksi.

Selama melakukan transaksi digital sebaiknya Anda menggunakan email khusus dan berbeda dengan email pribadi. Anda juga disarankan untuk tidak sembarang membuka tautan yang dikirim ke email untuk menghindari tindakan phising.

Selalu Aktifkan Notifikasi

tops transaksi digital dengan push notifikasi

Cara ini bertujuan untuk menghindari transaksi mencurigakan yang mungkin tidak Anda lakukan. Jika ditemukan notifikasi terhadap transaksi mencurigakan Anda dapat langsung menghubungi call center dari Bank yang Anda gunakan.

Hapus Riwayat Transaksi

tips aman transaksi digital dengan menghapus riwayat transaksi

Usahakan untuk selalu rutin menghapus riwayat transaksi pada ponsel atau gawai yang Anda gunakan. Cara ini dapat menghindari tindak kejahatan pembobolan data ketika ponsel tersebut hilang atau akan dijual.

Hanya Belanja Pada Situs Resmi

tips aman transaksi digital di ecommerce

Terakhir usahakan hanya berbelanja pada situs resmi yang memang sudah mendapatkan sertifikasi dari e commerce pilihan kamu. Anda juga perlu membaca review dari pelanggan sebenarnya yang biasa dicantumkan dalam kolom komentar.

Selain itu, pastikan Anda hanya mengunduh aplikasi e commerce yang memang direkomendasikan oleh PlayStore ataupun AppStore.Di Indonesia Anda dapat menggunakan marketplace resmi seperti Shopee, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya.