Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khawatir Data Pribadi Bocor, Lakukan Ini Saat Bermain Media Sosial

tips bermain sosial media

Sabineblog.com - Beberapa waktu lalu di Instagram ada sebuah filter challenge yang mengharuskan kita share data pribadi mulai dari nama asli, nama panggilan hingga foto KTP. Tak selang beberapa lama, trend ini memakan korban di mana ada pengguna yang merasa tertipu setelah menggunakan filter tersebut.

Atas kejadian ini kita diminta untuk lebih berhari-hari bermain sosmed apalagi berkaitan dengan data pribadi. Lantas bagaimana cara melindungi data-data pribadi kita dari kejahatan cyber?

Tips Melindungi Kebocoran Data Saat Bermain Media Sosial

Agar terhindar dari kejahatan cyber yang membobol data pribadi kamu, berikut tips aman bermain media sosial:

melindungi kebocoran data saat bermain media sosial

Filter Follower Kamu

Tujuan dari bermain media sosial adalah membagikan momen, informasi dan menambah teman. Namun dengan bertambahnya teman justru akan berdampak buruk pada kita, apalagi jika mereka adalah orang asing.

Untuk itu, ada baiknya kamu mulai memfilter siapa saja yang bisa menjadi followers dan bisa berinteraksi denganmu. Pastikan juga kamu mengenal mereka semua agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Jika Kamu menemukan follower yang mencurigakan jangan sungkan-sungkan untuk mereport atau memblokir akun mereka, Cara ini dinilai efektif untuk menghindari tindakan kejahatan di media sosial.

Isi Data Diri Seperlunya

Ternyata data diri yang kita gunakan saat mendaftar sebuah akun sosmed bisa memicu terjadinya tindak kejahatan. Untuk itu, berikan informasi data diri seperlunya saja dan bukan data yang spesifik.


Saat diminta untuk melampirkan alamat lengkap sebaiknya berikan informasi tentang kota atau negara kamu tinggal. Jangan cantumkan nomor telepon atau data spesifik lainnya yang memicu terjadinya tindak kejahatan cyber.

Gunakan Fitur Privasi

Kamu juga bisa menggunakan fitur privasi dimana hanya orang dekat yang bisa melihat data dirimu. Selain itu, batasi tampilan baik postingan atau story agar tidak terlalu dilihat banyak orang.

Manfaatkan fitur close friend jika kamu ingin mengabadikan momen penting seperti liburan dan sebagainya. Pilih orang-orang yang memang terpercaya untuk menjadi close friend kamu agar tidak terjadi penyalahgunaan dan tindak kejahatan.

Hindari Posting Tag Lokasi

Ketika memposting status beberapa orang mungkin juga menyertakan tag lokasi di mana foto atau aktivitas itu dilakukan. Meskipun terlihat keren cara ini justru membahayakan untuk kamu. Dengan membagikan lokasi, akan membuka jalan orang jahat agar bisa melacak keberadaan kamu.

3 Hal yang Tidak Boleh Kamu Posting Ke Media Sosial

hal yang tidak boleh diposting di media sosial

Selain menghindari beberapa cara di atas, ada hal lain yang juga tidak boleh kamu lakukan saat bermain sosmed yaitu:

Membagikan Foto Barang-Barang Berharga

Seringkali kita merasa bangga saat membagikan foto sembari membawa barang mewah ke akun medsos. Meskipun terlihat keren, cara ini bisa memicu kecemburuan sosial hingga berakhir menjadi tindak kejahatan.

Informasi Terkait Keuangan

Selain barang-barang mahal, kita juga tidak boleh sering membagikan postingan terkait keuangan. sama halnya dengan sebelumnya, cara ini juga bisa menimbulkan tindak kejahatan serta kecemburuan sosial.

Rencana Liburan

Terakhir sangat disarankan untuk kita agar tidak membagikan rencana liburan ke akun media sosial. Hal ini bisa saja menjadi pemicu kejahatan seperti perampokan atau penjarahan saat rumah dalam keadaan kosong.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menghindari kebocoran data serta kejahatan dari media sosial. Mulai saat ini agaknya kita lebih berhati-hati dalam menggunakan media sosial agar tidak terjadi hal buruk di masa mendatang. Terima kasih sudah membaca, semoga bermanfaat.