Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Teknologi Virtual RAM yang Bikin Smartphone Makin Ngebut!

Sabineblog.com - Jika kamu mengikuti perkembangan smartphone yang dirilis beberapa bulan belakangan ini, kamu pasti pernah mendengar sekilas istilah Virtual RAM, Extended RAM, dan Dynamic RAM Expansion. Meskipun menjadi komponen penting di dalam smartphone namun masih banyak orang yang belum paham terkait Virtual RAM atau Extended RAM. Jadi apa yang dimaksud dengan teknologi Virtual RAM?

mengenal virtual RAM pada smartphone

Apa itu teknologi Virtual RAM dan bagaimana cara kerjanya?

RAM atau Random Access Memory adalah sebuah komponen dalam smartphone yang bertugas untuk menyimpan data yang digunakan untuk jangka waktu pendek. Tidak seperti memori penyimpanan internal, RAM tergolong sebagai memori super cepat.

Saat membuka sebuah aplikasi, akan terjadi sebuah proses yang akan disimpan di RAM fisik. RAM memungkinkan kamu untuk membuka aplikasi secara cepat tanpa adanya lag atau delay. Di saat yang sama, Virtual RAM memanfaatkan memori penyimpanan internal dari smartphone sebagai ‘RAM Darurat’ atau yang lebih populer disebut sebagai Virtual RAM.

Singkatnya, Virtual RAM adalah sebuah fitur di mana sebagian dari memori penyimpanan internal digunakan untuk menambah kapasitas RAM di dalam smartphone. Sesuai dengan namanya, ini adalah RAM jenis virtual yang berarti jumlah kapasitas RAMnya tidak ditampilkan secara fisik seperti kapasitas RAM utamanya.

Misalnya, sebuah smartphone mempunyai kapasitas memori internal 256GB dan RAM sebesar 8 GB dan kamu akan menambah kapasitas RAM sebanyak 5 GB. Itu berarti kamu akan memiliki RAM sebesar 13GB dan kapasitas memori internal sebesar 251GB.

Kelebihan Teknologi Virtual RAM

Teknologi Virtual RAM memungkinkan pengguna smartphone untuk meningkatkan kapasitas RAMnya. Kapasitas RAM yang semakin besar dapat membuat kinerja smartphone jadi lebih smooth. Proses multitasking antar aplikasi smartphone jadi semakin lancar. Kemudian, proses buka aplikasi semakin cepat dan efisien. Keberadaan teknologi Virtual RAM tentu penting untuk pengguna yang mengandalkan smartphone untuk mendukung aktivitasnya sehari-hari.

Kekurangan Teknologi Virtual RAM

Meski dinilai dapat meningkatkan kecepatan performa smartphone, ternyata Virtual RAM juga memiliki kekurangan. Virtual RAM tidak secepat RAM fisik sehingga tidak dapat membuat kinerja smartphone menjadi lebih cepat dan optimal. Virtual RAM dianggap hanya sebagai memori virtual yang membantu berjalannya aplikasi smartphone.