Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Membersihkan Layar Laptop yang Aman, Coba Segera!

Sabineblog.com - Rasanya kini laptop telah menjadi sebuah perangkat yang tidak dapat terpisahkan dari aktivitas sehari-hari. Laptop menjadi perangkat yang dapat mendukung urusan pekerjaan, sekolah, serta hiburan. Masalah yang kerap dihadapi pengguna laptop adalah cara membersihkan layarnya.

cara membersihkan layar laptop yang aman

Membersihkan layar laptop memang susah-susah gampang dan tidak bisa sembarangan. Salah-salah dapat merusak layarnya. Sekarang kamu cukup terapkan cara-cara membersihkan layar laptop yang aman berikut supaya layar laptop kamu semakin jernih!

1. Kenali Jenis Layar Laptop yang Kamu Gunakan

Sebelum mulai membersihkan layar laptop, kenali dulu jenis layar laptop yang digunakan. Setiap laptop memiliki jenis layar yang berbeda, misalnya LCD, LED, atau lapis kaca. Untuk membersihkan layar laptop berjenis LCD dan LED, kamu bisa menggunakan kain microfiber.

Sedangkan untuk kamu yang menggunakan laptop dengan layar lapis kaca, kamu bisa menggunakan pembersih jenis isopropyl alcohol 70% atau tisu antiseptik. Keunggulan laptop dengan layar lapis kaca adalah lebih tahan terhadap kelembapan produk pembersih.

2. Matikan Laptop

Cara membersihkan layar laptop berikutnya adalah mematikan laptop terlebih dulu. Hal Ini bertujuan agar komponen layar laptop tidak rusak dan mencegah terjadinya korsleting listrik saat sedang membersihkan layar. Jangan lupa juga lepaskan sambungan yang terhubung ke laptop. Selain untuk urusan keamanan, dengan mematikan laptop, kamu akan lebih mudah Melihat kotoran, noda, debu, dan sidik jari yang menempel pada layar laptop. Proses pembersihan pun jadi maksimal.

3. Bersihkan Debu Pada Layar Laptop

Selanjutnya, bersihkan debu yang menempel pada layar laptop dengan menggunakan kain mikrofiber. Saat membersihkan layar laptop, hindari menekan dan memutar-mutarkan kainnya. Bersihkan layar dengan gerakan menurun dan usap satu kali agar layar laptop tidak rusak.

4. Membersihkan Noda Membandel Pada Layar Dengan Air

Jika terdapat noda membandel pada layar laptop, gunakan air untuk membersihkannya. Semprotkan air pada kain mikrofiber. Kemudian, tekan-tekan sedikit kainnya agar cairan meresap ke dalam kain. Barulah membersihkann layar secara perlahan dengan gerakan menurun.

5. Tunggu Layar Laptop Mengering

Sebelum mulai menggunakan laptop, sebaiknya tunggu layar laptop hingga kering dari air. Hal Ini bertujuan untuk menghindari kerusakan pada komponen layar laptop. Kamu bisa mengeringkannya dengan mengusapkan bagian kain mikrofiber yang kering.