Cara Mencerahkan Layar Laptop Yang Benar

Bosan menatap layar laptop yang gelap? Coba naikkan kecerahannya. Prosedur cara mencerahkan layar laptop mungkin berbeda untuk model dan merek laptop yang berbeda seperti Acer dan Hp. Namun secara umum prosesnya tetap sama. Untuk mengubah kecerahan, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol pintas atau menggunakan kemampuan sistem operasi itu sendiri.

Banyak laptop ultrabook modern mendukung pengaturan kecerahan adaptif seperti seri terbaru laptop Asus dan Lenovo yang secara otomatis menyesuaikan tingkat lampu latar tergantung pada cahaya sekitar. Agar fitur ini berfungsi, laptop harus dilengkapi dengan sensor cahaya sekitar. Memang tidak semua model laptop baru memiliki fitur seperti itu.

cara mencerahkan layar laptop

Mencerahkan Layar Laptop dengan Pintasan Tombol Keyboard

Cara tercepat untuk mencerahkan layar laptop adalah dengan bantuan tombol pintasan keyboard khusus. Untuk model laptop yang berbeda, kombinasi tersebut dapat bervariasi. Dalam kebanyakan kasus, tingkat kecerahan layar laptop diubah dengan menekan tombol Fn dan salah satu tombol F (F1-F10) secara bersamaan. Selain itu, kecerahan dapat disesuaikan dengan kombinasi tombol Fn dan panah naik atau turun.

Lazada Flash Sale hemat 99%

Kombinasi tombol di keyboard hanya dapat ditentukan secara empiris. Biasanya, ada tanda khusus berupa logo “matahari” pada tombol yang sesuai. Tahan tombol Fn dan klik tombol tambah kecerahan hingga Anda mencapai hasil yang diinginkan.

Cek: Cara Bersihkan Layar Laptop

Melalui Menu Pengaturan

Menyesuaikan lampu latar menggunakan tombol, tentu saja nyaman, tetapi penyesuaian itu biasanya agak kasar dimana kecerahan layar berubah secara bertahap, dan mungkin saja layar menjadi terlalu terang atau terlalu gelap. Mendapatkan kecerahan layar laptop yang pas lebih mudah didapatkan melalui pengaturan sistem.

  • Buka menu “Start” dan buka bagian “Control Panel”. Itu dapat ditemukan di menu samping atau cukup dicari di bilah pencarian.
  • Selanjutnya buka menu “Power Options” dan klik tombol “Select a power plan”. Di dalamnya Anda akan menemukan item “Kecerahan layar”.
  • Menggunakan tombol slider, Anda dapat menyesuaikan kecerahan dengan menyeretnya menggunakan mouse atau menggunakan panah pada keyboard.

Menu yang sama dapat diakses dengan cara yang lebih singkat menggunakan bilah task Windows – menu paling bawah yang berisi menu Start. Untuk melakukannya, cukup klik ikon baterai dan pilih bagian “Windows Mobility Center” dari menu drop-down. Biasanya, di dalamnya Anda tidak hanya dapat mengatur kecerahan, tetapi juga suara dan konsumsi daya laptop.

Mencerahkan Layar Laptop dengan Pengaturan Driver Kartu Grafis

Metode ini lebih cocok untuk menyesuaikan kecerahan monitor eksternal pada PC, tetapi mungkin berhasil untuk beberapa laptop terutama yang dilengkapi dengan kartu grafis diskrit.

  • Misalnya, jika laptop Anda bekerja dengan proses video Nvidia, program khusus biasanya sudah tersedia.
  • Untuk membukanya, cukup klik kanan di mana saja di layar dan pilih Control Panel Nvidia.
  • Arahkan ke menu Display lalu sesuaikan pengaturan warna desktop. Di blok “Metode pengaturan warna”, pengaturan kecerahan tampilan akan tersedia.

Jika Anda tidak dapat mengubah kecerahan layar laptop menggunakan tombol shortcut, masalahnya mungkin terletak pada tak adanya driver untuk tombol fungsi Fn. Unduh driver yang diperlukan dari situs web pabrikan laptop Anda dan instal. Jika tombol berfungsi (misalnya, memungkinkan Anda menyesuaikan tingkat suara), periksa apakah driver video card berfungsi dengan baik.

Namun bisa jadi masalahnya ada pada perangkat keras. Misalnya, lampu latar atau semacam kabel bisa putus. Untuk mengatasi masalah itu Anda harus menghubungi service center laptop.

best seller lazada
About Author: