Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Slide Powerpoint Profesional Untuk Pelatihan Online

Sabineblog.com - Di era digitalisasi ini, pelatihan tidak hanya dilakukan secara offline tetapi juga secara online. Oleh karena itu, pelatihan berbasis online ini sangat diperlukan untuk menggunakan Powerpoint sebagai medianya.

cara menbuat presentasi powerpoint yang professional

Pembuatan Powerpoint yang kurang menarik akan membuat para audiens kurang tertarik atau tidak memahami isinya. Maka dari itu perlu adanya cara membuat slide Powerpoint professional pada saat pelatihan.

Membuat slide premium seperti ini tidaklah mudah dan perlu dilakukan dengan baik dan benar. Semakin menarik dan profesional maka apa yang akan kamu sampaikan di pelatihan ini akan diterima dengan baik oleh semua orang yang mengikuti.

Kombinasi Shape dan Gambar

Membuat slide yang kesannya datar akan membuat orang merasa jenuh dan tidak tertarik pada apa yang disampaikan. Sehingga, kamu perlu melakukan suatu kombinasi berbagai hal khususnya dengan shapes dan gambar.

Kombinasi keduanya ini akan membuat gambar yang ada di Powerpoint tidak terkesan hanya copas dari satu situs. Dengan perpaduan ini, gambar yang biasa akan terlihat bagus karena gambarnya bisa dibuat kotak atau berada dalam satu lingkaran.

Selain itu, gambar-gambar yang sudah dibentuk juga bisa diberikan efek dari beberapa shapes. Dalam kombinasi ini, kamu juga perlu menyesuaikan dengan warna agar tidak terlihat kontras.

Menulis Poin-Poin Penting Saja

Dalam membuat slide presentasi, kamu hanya perlu menulis poin-poinnya saja pada media tersebut. Jadi penyampaian materi dengan poin seperti ini akan membuat orang terkesan dan menunjukkan kamu menguasai materi.

Kesan seperti ini akan membuat orang tertarik pada saat mengikuti pelatihan online yang kamu sampaikan. Selain itu, adanya poin tersebut akan membuat orang lebih mudah mengingat dan memahami isinya.

Pengaturan Gambar Dan Tulisan

Dalam membuat slide Powerpoint, kamu jangan hanya mengandalkan tulisan yang berupa poin-poinnya saja. Kamu juga perlu menambahkan satu atau beberapa gambar pada setiap slide yang ada.

Gambar dan tulisan ini juga harus diatur dengan baik agar orang yang melihat tidak bosan melihatnya. Peletakan gambar umumnya berada di sebelah kanan atau kiri tulisan tetapi kebanyakan di sebelah kanan.

Tulisan pada slide juga tidak boleh sembarang dan perlu memilih jenis font yang sesuai. Pilihan font yang menarik akan membuat tampilan slide lebih hidup dan juga menarik untuk dipandang.

Dalam hal tulisan ini, kamu perlu membuat tulisan yang lurus dan sesuai dengan gambar. Selain pilihan font dan gambar, keduanya juga harus dibuat secara rapi termasuk jarak spasi yang terkadang berjauhan.

Pilihan Warna

Dalam membuat slide, hal yang sering dikesampingkan adalah memilih warna pada shapes, tulisan, dll. Warna ini menjadi sangat penting karena karena sebaik apapun memilih shapes dan tulisan tetapi warna tidak sesuai akan terlihat kurang bagus.

Untuk itu, pilihlah warna yang sesuai dan membuat tulisan terasa lebih hidup dan nyaman dipandang. Ketika bagian dasar slide warna putih, kamu bisa menggunakan warna hijau di setiap shapes dan tulisan yang berwarna hitam.

Kombinasi warna di atas akan lebih terlihat nyaman daripada hanya warna hijau keseluruhan. Kamu bisa belajar memilih warna agar slide Powerpoint bisa maksimal dan menarik untuk dipandang.

Secara keseluruhan cara membuat slide Powerpoint profesional di atas bisa dijadikan bahan ketika akan membuat slide untuk pelatihan. Kamu bisa mengikuti step by step penjelasan di atas dan hasilnya akan sangat maksimal ketika sedang melakukan pelatihan.