Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WIFI Dirumah Lemot? Coba Cara Ini Untuk Memperbaikinya!

Sabineblog.com - Untuk kamu yang butuh mobilitas tinggi dan harus selalu terhubung dengan jaringan internet pasti sangat kesal ketika koneksi WIFI tiba-tiba melambat. Padahal saat ini kamu sedang dikejar deadline dan sangat membutuhkan sekali.

memperbaiki wifi lemot

Sebenarnya, koneksi WIFI yang lambat tersebut bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satu yang paling sering adalah pengirim atau penghubung paket data dan masalah pengaturan router.

Jika masalah WIFI rumah lemot karena pengaturan router coba cara berikut agar sinyal WIFI di rumah kamu kembali lancar:

Cek Posisi Router

Coba cek posisi router jika lambatnya koneksi WIFI kamu disebabkan oleh router. Umumnya, salah posisi router bisa sebabkan koneksi WIFI jadi lambat.

Sebaiknya jangan letakkan router WIFI di sebelah jendela karena dapat membuat sinyal tidak tersalurkan dengan sempurna. Jangan juga meletakkan router di lantai karena dapat membuat pengiriman sinyal jadi terhambat.

Selain itu, jauhkan router dari barang-barang elektronik lain seperti TV, microwave dan telepon. Karena hal ini juga akan membuat pengiriman sinyal tak tersalurkan sempurna.

Pastikan Antena Router Dalam Keadaan Berdiri

WIFI di rumah kamu akan semakin kencang ketika posisi antena router dalam posisi berdiri atau vertikal. Dengan posisi ini sinyal WIFI akan terpancar secara horizontal sehingga dapat menjangkau ke seluruh ruangan.

Setting Pada Software Router WIFI

Lalu bagaimana jika sudah melakukan cara diatas namun sinyal WIFI masih lemot? Mungkin kamu bisa menggunakan cara lain yaitu mengutak-atik software router WIFI.

Untuk akses ke software biasanya memerlukan IP khusus yang bisa kamu lihat pada bagian bawah router. Setelah itu, masuk ke menu pengaturan lalu ubah channel frekuensi router.

Jika sinyal WIFI masih tetap lemot, mungkin kamu bisa melakukan upgrade firmware melalui router. Karena bisa jadi gangguan sinyal disebabkan oleh firmware di router kamu sudah kadaluarsa. Sehingga dapat mengganggu kualitas sinyal yang dikirimkan oleh WIFI kamu.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mempercepat koneksi sinyal WIFI yang lemot. Semoga bermanfaat.