Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MariSilicon X: Chip Terbaru Oppo yang Bikin Foto Makin Kece!

Sabineblog.com - Kamera Oppo terkenal dengan teknologi AI nya yang membuat gambar menjadi lebih jernih dan cantik. Kini, tampaknya Oppo semakin terdepan dalam teknologi fotografinya dengan meluncurkan sebuah chip pertama besutannya.

chipset ippo marisilicon X

Chip tersebut adalah Marisilicon X. Chip NPU MariSilicon X pertama kali dikenalkan pada acara INNO Day yang berlangsung pada 14-15 Desember 2021. NPU Marisilicon X adalah sebuah komponen yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas foto dan video yang diambil menggunakan ponsel.

Seperti apakah kinerja dan kemampuan NPU MariSilicon X untuk menghasilkan foto dan video yang ciamik? Berikut ini adalah seluk beluk NPU MariSilicon X buatan Oppo!

Sekilas Tentang MariSilicon X

Marisilicon X adalah sebuah chip yang dikembangkan oleh Oppo. Chip ini dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja pemrosesan gambar pada kamera smartphone. Chip Marisilicon X dibangun dengan teknologi 6 nm dan dapat melakukan 18 triliun operasi per detik.

Senior Director of Imaging Oppo, Bo Jiang mengungkapkan bahwa bentuk fisik smartphone menjadi kendala untuk mengembangkan sektor kamera, misalnya pada bagian lensa zoom atau menambah sensor yang lebih besar. Maka dari itu, Oppo mengembangkan chip Marisilicon X yang memberikan peluang tak terbatas untuk pengembangan kamera smartphone.

MariSilicon X menggabungkan teknologi NPU yang mutakhir dengan image signal processor (ISP) serta multi-tier memory architecture dalam satu chip untuk menghasilkan kinerja perangkat sehingga lebih efisien dan maksimal ke depannya.

MariSilicon X sekilas mirip dengan teknologi Pixel Neural Core yang disematkan pada smartphone Pixel 4 dan Pixel 4 XL milik Google. Mereka memiliki ISP dan NPU yang terpisah dari chipset Snapdragon. Sebelumnya, ada juga Pixel Visual Core pada Pixel 2 dan 3 yang memiliki ISP terpisah dari chip Qualcomm.

Cara Kerja Chip MariSilicon X

Menurut pernyataan Bo Jiang, MariSilicon X memiliki kemampuan untuk memroses foto RAW secara real-time. Kemudian, NPU MariSilicon X mampu melakukan 18 triliun operasi per detik dengan bandwidth memori yang besar mencapai 8.5 GB per detik.

Kelebihan yang dimiliki MariSilicon X dapat menjalankan algoritma AI milik Oppo dengan optimal, seperti AI Noise Reduction hingga 20 kali lebih cepat dan merekam video dengan fitur AI Night Video 4K. Foto dan video pun jadi lebih jernih dan penuh warna.

Dengan bandwidth memori itu, MariSilicon X merupakan NPU yang efisien secara daya karena dapat mengurangi proses read-write cycle yang tidak esensial.

chipset terbaru besutan Oppo Marisilicon X

MariSilicon X juga mampu mengambil foto HDR 20 bit, dynamic range sebesar 120 db, serta 4 kali lebih kuat dibandingkan smartphone flagship Oppo yang sebelumnya, Oppo Find X3 Pro. Dilansir dari Kompas Tekno, ISP tersebut dapat memberikan rasio kontras pada area yang paling terang dan paling gelap sebanyak 1.000.000:1.

Chip MariSilicon X memiliki segala yang dibutuhkan untuk menghasilkan sebuah citra yang jernih dan tajam dengan teknologi yang meningkatkan kinerja perangkat namun dengan daya yang efisien, seperti proses foto RAW secara real-time dan kinerja sensor RGBW Pro Mode berkat Desain Double Raw Super Sampling dan Dual Image Pipelinenya.

Debut Chip MariSilicon X

Bagi pengguna Oppo yang tak sabar mencoba teknologi fotografi mutakhir dari MariSilicon X, MariSilicon X akan segera memulai debutnya pada kuartal pertama tahun 2022 mendatang. Nantinya, NPU MariSilicon X akan disematkan pada seri Oppo Find X. Oppo Find X adalah smartphone flagship Oppo yang memberikan pengalaman fotografi smartphone yang canggih.