Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Dasar Memahami Metaverse, Penting Bagi Pemula

Sabineblog.com - 5 dasar memahami Metaverse memang perlu diketahui oleh semua kalangan khususnya bagi para pemula. Kehadiran Metaverse menjadi penting karena dalam 5 hingga 10 tahun yang akan datang akan mengubah semuanya. Bentuk perubahan seperti aset yang sebelumnya nyata menjadi serba aset digital.

dunia metaverse

Namun untuk memahaminya, Anda perlu mengetahui berbagai pemahaman mendasar tentang dunia baru tersebut. Dengan memahami dasar-dasarnya, Anda harus mengetahui beberapa istilah yang ada di Metaverse.

Apa Itu Metaverse?

Metaverse adalah dunia dimana orang bisa saling saling terhubung untuk tujuan tertentu dan tidak terbatas pada ruang dan waktu. Semua orang bisa saling berbagi pengalaman hingga bisa dijadikan sebagai ladang untuk mendapatkan penghasilan. Selain itu, konsep dari dunia baru ini bentuknya bukan lagi 2D tetapi sudah 3D dan juga tidak ada perbedaan perangkat.

Apa Itu XR

XR atau Extended Reality merupakan bagian dari Metaverse yang prinsipnya menghadapkan layar pada manusia. Selain itu, istilah ini juga bisa disebut membenamkan Anda dalam dunia digital serta menambah pengguna. Kedua bagian ini di jalankan secara bersamaan yang tujuan akhirnya untuk mendapatkan keuntungan.

Oleh karena itu, banyak beberapa perusahaan yang memanfaatnya untuk mendapatkan uang milyaran dolar. Ada dua elemen dalam XR yaitu AR dan VR yang dianggap punya daya tarik tersendiri.

AR (Augmented Reality)

Augmentented Reality adalah suatu pengalaman pengguna yang memanfaatkan perangkat untuk beralih ke dunia digital. Perangkat di atas bisa berupa smartphone atau PC dan gambar yang ada di dalamnya berbentuk 3D.

Mudahnya, sistem ini sama dengan yang dijalankan Anda selama ini saat sedang mencari informasi di internet. Hanya saja dalam Metaverse bentuknya bukan lagi 2D tetapi 3D sehingga gambar yang ada di dalamnya tampak seperti dunia nyata.

VR (Virtual Reality)

Virtual Reality merupakan suatu alat yang digunakan untuk berinteraksi dengan orang lain dan bisa berupa headset. Bentuk headset yang digunakan berbeda dengan yang ada sekarang yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik.

Selain itu, suara yang dihasilkan tidak harus dari speaker tetapi dari alat lain yang menghasilkan suara yang luar biasa. Dengan demikian, pengguna dunia tersebut akan mendapatkan suara yang mungkin tidak didapatkan dari perangkat manapun.

MR (Mixed Reality)

Mixed reality adalah penggabungan dunia nyata dengan dunia digital dan membaur menjadi satu. Untuk proses penggabungannya, ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan agar proses pembaurannya bisa teraalisasi.

Salah satu contoh dari MR ini seperti lampu, pintu atau apapun yang ada di rumah dikendalikan dari aplikasi. Sehingga, ketika akan menghidupkan atau mematikan lampu bisa dilakukan dengan cukup menekan aplikasi tersebut.

Bentuknya tidak terbatas pada lampu dan pintu tetapi semua elemen yang ada di dunia nyata. Untuk menghubungkan keduanya, perantaranya adalah jaringan internet yang di dalam dunia Metaverse dikenal dengan nama Internet of Things (IoT).

Dari 5 dasar memahami Metaverse di atas setidaknya ada gambaran seperti apa dunia baru tersebut. Selama ini Metaverse memang hanya dipahami dan dilakukan oleh sebagain orang untuk mendapatkan penghasilan. Tetapi dalam beberapa tahun ke depan dunia ini di proyeksikan akan menjadi dunia masa depan.

Dengan memahami makna di atas, Anda bisa mempelajari secara langsung jika memang berminat. Dengan mempelajari sejak dini dan ini menjadi dunia masa depan maka beberapa tahun ke depan Anda akan mendapatkan keuntungannya.