Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sedang Booming, Berikut Cara Kerja Teknologi Metaverse

pengenalan dan cara kerja teknologi metaverse

Saboneblog.com - Di beberapa berita nasional, Metaverse banyak dibicarakan bahkan sempat trending dibeberapa media sosial. Dari sekian banyak berita, banyak orang yang bertanya-tanya terkait cara kerja Metaverse.

Metode ini harus dipelajari lebih dalam agar Anda mampu mengetahui Metaverse secara keseluruhan. Setelah mengetahui, Anda dapat mengkreasikan sendiri terkait apa yang harus dilakukan. Tidak sedikit juga dari para penggunanya yang mampu menghasilkan uang dari dunia Metaverse.

Asal-Usul Metaverse

Kata Metaverse sebenarnya tidak hanya populer baru-baru ini tetapi sudah lama dikenal sejak tahun 1992. Pada tahun tersebut, Metaverse disebutkan dalam novel berjudul Snow Crash yang ditulis oleh Neal Stephenson. Dalam novel ini menjelaskan perwujudan orang yang dibentuk secara virtual melalui avatar.

Sebelumnya istilah ini jarang didengar dan mulai populer ketika banyak developer game online masuk ke Metaverse. Darisinilah lalu, banyak perusahaan yang masuk ke dunia digital dan salah satunya adalah Microsoft.

Namun dari sekian banyak perusahaan teknologi yang tergabung, Facebooklah yang punya saham besar di dalamnya. Selanjutnya, ada juga Microsoft dan beberapa aplikasi lain yang dimiliki Mark Zuckerberg seperti Whatsapp, Instagram, dll.

Jadi dalam dunia Metaverse, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas dalam konsep 3 dimensi. Selain itu, pengguna bisa melakukan berbagai aktivitas seperti bersosialisasi, seminar online hingga mencari pekerjaan online.

Dengan banyaknya teknologi yang tergabung, Anda bisa memilih aplikasi yang sesuai keinginan. Bagi yang suka game, Anda bisa bermain game-game seperti Decentraland, Axie Infinity, dan game online lain. Dari semua game ini, Anda bisa bertemu seluruh pengguna seluruh dunia sekaligus bisa menghasilkan uang.

Cara Kerja Metaverse

Dalam Metaverse yang paling mudah dan bisa dirasakan oleh semua orang adalah Facebook. Raksasa media sosial ini menjadi yang pertama dan memiliki jutaan pengguna di seluruh dunia untuk saling berkomunikasi. Dengan Facebook, Anda bisa berkomunikasi dan juga bisa berjualan barang fisik dan digital.

Dunia Metaverse juga bisa berupa game-game online yang bisa dimainkan dan mempertemukan orang di seluruh dunia. Mereka bisa saling berinteraksi dan saling adu kreativitas untuk bisa menjadi yang terbaik dalam setiap permainan.

Tidak sekedar bermain, pada game di Metaverse juga bisa menghasilkan uang dengan mudah. Berbagai yang tergabung di dalamnya seperti Decentraland, Axie Infinity, Minicraft dan masih banyak game yang lain.

Konsep bermainnya juga bermacam-macam dari mulai membeli tanah, membuat kota hingga mencari harta karun. Semua kegiatan di atas dilakukan secara online dan semua terbentuk secara virtual. Untuk aktivitasnya, setiap pengguna bisa saling membeli dan menjual dengan mata uang digital.

Selain itu, cara kerja dari Metaverse bisa dilakukan dengan membuat aset digital atau dikenal dengan nama NFT. Anda bisa membuat gambar, video, atau apapun itu yang konsepnya dibuat dalam gambar yang lebih unik. Sehingga, orang yang melihat akan tertarik dan membeli aset digital tersebut.

Banyak pemain NFT yang sukses meraup keuntungan hingga milyaran rupiah dari satu aset digital saja. Jumlah di atas sangat fantastis dan bisa menjadi peluang bagi semua orang untuk berkreativitas membuat sesuatu yang unik.

Jadi cara kerja Metaverse dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai berinteraksi, bermain game, dll. Semua kegiatan di atas masih belum sempurna karena Metaverse mengusung konsep 3 dimensi. Sedangkan aplikasi dan situs web seperti sekarang bentuknya hanya 2 dimensi saja.