Aplikasi Office Selain Microsoft Office

Rekomendasi aplikasi office selain microsoft officeyang Bisa Membantu Pekerjaanmu di KantorSabineblog.com, Sebagian besar para pelajar, mahasiswa, dosen maupun para pekerja kantoran tentunya memiliki tuntutan untuk menyelesaikan tugas maupun pekerjaan yang diberikan pimpinan mereka dengan baik dan efisien. Berbicara pekerjaan kantoran anda tentu tidak asing lagi dengan istilah Microsoft office.

Disadari atau tidak dengan adanya aplikasi Microsoft office ini perkerjaan kita menjadi lebih ringan mulai dari membuat tulisan, kalkulasi data, membuat presentasi, maupun catatan – catatan lain penunjang pekerjaan anda. Sebenarnya banyak aplikasi milik Microsoft yang telah berjasa membantu pekerjaan kita, beberapa diantara aplikasi tersebut yang paling sering kita temui dalam kehidupan sehari hari adalah Microsoft office word, Microsoft office excel dan Microsoft office power point.

Dengan aplikasi  -aplikasi tersebut banyak orang yang merasa terbantu pekerjaannya, sedemikian pentingnya aplikasi tersebut bahkan ada beberapa dari mereka yang pekerjaan nya sangat bergantung pada aplikasi – aplikasi Microsoft ini. Namun bagaimana jadinya jika aplikasi – aplikasi milik Microsoft tersebut mengalami problem atau bahkan telah tiada ?, tenang bagi anda pengguna aplikasi milik Microsoft anda tidak perlu khawatir karena berikut akan kami coba paparkan beberapa aplikasi office altenatif Microsoft office yang bisa membantummu dalam menyelesaikan pekerjaan dengan mudah.

Lazada Flash Sale hemat 99%

Pilihan Terbaik Aplikasi Office Selain Microsoft Office

WPS office suite

WPS office suite

Aplikasi office selain microsoft office yang pertama adalah WPS office suite.  WPS office suite merupakan aplikasi mobile yang bisa membantu anda dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan, terutama mengenai pekerjaan yang berkenaan dengan urusan penulisan,  spreadsheet, dan  presentasi.

WPS sendiri merupakan singkatan dari writer, presentation dan spreadsheet. Untuk bisa mengaksesnya, WPS office suite  menyediakan versi gratis untuk anda jadi anda tidak perlu mengeluarkan biaya pembelian aplikasi. Dengan versi gratis ini anda akan mendapatkan 3 paket aplikasi utama yakni writer, spreadsheets, dan presentation. Dengan 3 paket dan berbagai fitur yang didalamnya WPS office suite hanya berukuran sebesar 72 MB.   Aplikasi WPS office suite ini hampir mirip dengan milik Microsoft, bisa anda jadikan alternatif pengganti Microsoft.

Google Docs

alternatif microsoft office Google Docs

Aplikasi office selain microsoft office yang kedua adalah google docs. Google docs merupakan aplikasi office milik perusahaan raksasa google. Selain untuk menyimpan data, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengolah data. Google docs  sendiri telah menyediakan 3 paket aplikasi bagi anda mulai dari pengolah kata (word processor), pengolah lembar kerja (spreadsheets) maupun presentasi (presentation).

Fitur dalam aplikasi ini hampir sama dengan Microsoft akan tetapi untuk bisa menggunakannya, anda perlu terkoneksi dengan jaringan internet. Aplikasi ini menawarkan kemudahan pengoperasian pada penggunanya, dengan terkoneksi jaringan internet anda sudah tidak perlu lagi  melakukan instal aplikasi dan mengeluarkan biaya  tambahan untuk bisa menggunakannya.

Sedangkan untuk penyimpanan anda juga tidak perlu khawatir karena dalam pengerjaan tugas file yang kita kerjakan secara otomatis akan tersimpan ke cloud  sehingga anda bisa dengan leluasa kapan saja dan dimana saja untuk bisa membuka file kerja anda. kekurangan dari aplikasi ini hanya pada kebutuhan koneksi internet saat menggunakannya saja. Sangat cocok bagi kalian terutama pekerja kantoran sebagai pengganti aplikasi Microsoft.

Libre office

Libre office

Aplikasi office alternatif microsoft office yang ketiga adalah libre office. Aplikasi ini merupakan aplikasi tidak berbayar yang dikembangkan oleh the document foundation (TDF). Aplikasi ni memiliki fitur yang hampir sama dengan Microsoft. Aplikasi ini memiliki beberapa komponen yakni libre office writer, libre office calc, dan libre office impress.

Dengan 3 komponen tersebut anda sudah bisa melakukan pekrjaan menulis, pengolahan angka mirip lembar kerja  excel, dan presentasi. Selain itu di libre office anda juga bisa mmebuat grafik vector dengan fitur draw, membuat dan menyunting formula matematika menggunakan fitur math, dan  ditur base untuk melakukan pekerjaan akses data dengan mudah.

Kekurangan dari aplikasi ini hanya pada ukuran instalasi yang bisa dibilang cukup besar yakni sekitar 200-220 MB dan juga format file yang terkadang . Tidak kalah fungsional, aplikasi ini bisa digunakan untuk penunjang pekerjaan sehari-hari tanpa harus menggunakan milik Microsoft lagi.

Open office

Aplikasi office alternatif microsoft office Open office

Aplikasi office selain microsoft office yang keempat adalah open office. Aplikasi office suite ini merupakan merupakan aplikasi hasil pengembangan oleh StarDivision yang diakuisisi oleh Sun Microsystem dan pada akhirnya dilepas sebagai proyek sumber terbuka.

Hampir mirip dengan Microsoft, open office juga memiliki beberapa komponen yang bisa menunjang pekerjaan kantor anda. Beberapa komponen diantaranya yakni:

  • openoffice.org writer yang bisa anda gunakan untuk menulis dan mengedit dokumen
  • openoffice.org calc yang bisa anda gunakan untuk memproses data angka
  • openoffice.org impress yang bisa anda gunakan untuk membuat desain presentasi
  • openoffice.org draw yang bisa anda gunakan untuk membatu pekerjaan anda terutama dalam membuat gambar 2 dimensi
  • openoffice.org math yang bisa anda gunakan untuk mengetikkan persamaan – persamaan matematika
  • Dan yang terakhir yakni openoffice.org base dimana dengan ini anda bisa melakukan pengelolaan database.

Untuk beberapa keunggulan yang ditawarkan yakni mengenai ketersediaan source code, kompetibel dengan format Microsoft office dan format office lainnya, dan akses format Open Document yang fleksibel. Dengan berbagai fitur dan keunggulan yang ditawarkan, hanya saja aplikasi ini memerlukan spesifikasi kompeter yang tinggi.

Zoho office suite

Zoho office suite aplikasi office selain microsoft office

Zoho office suite merupakan aplikasi office selain microsoft office yang berbasais web. Aplikasi ini dibuat oleh adventNet Inc AS. Zoho office suite ini juga memiliki berbagai fasilitas yang tak kalah menarik dengan milik Microsoft.

Diantara fasilitas yang ditawarkan oleh zoho office suite yakkni zoho write disini bisa melakukan pekerjaan menulis yang didukung dengan kolaborasi simultan antara pengguna satu dengan yang lain, selanjutnya dengan zoho sheet anda bisa melakukan pekerjaan pengolahan angka dan grafik.

Selanjutnya dengan zoho presentation anda bisa membutat presentasi online yang  memungkinkan untuk pengguna saling berbagi satu sama lain , selanjutnya zoho project yang berfungsi untuk membuat tugas-tugas, selanjutnya yakni zoho CRM yang menawarkan hubungan pelanggan manajemen dan fungsi akutansi, selanjutnya ada zoho faktur, zoho wiki, zoho diskusi, zoho notebook, zoho chat, zoho mail dan zoho chatting.

Aplikasi zoho office suite ini dapat digunakan dimana saja, sulit terkena virus, dan ketersediaanya sangat memadai. Hanya saja untuk menggunakannya anda memerlukan koneksi jaringan internet dan masuk menggunakan akun. Dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan zoho office suite mampu menggantikan peran Microsoft dalam membantu anda menyelesaikan pekerjaan kantor anda.

Abiword

Abiword office aplikasi office selain microsoft

Aplikasi office selain microsoft office ini merupakan aplikasi pengolah kata yang dikembangkan oleh AbiSource.Inc. Abiword sangat direkomendasikan untuk melakukan pekerjaan menulis. Aplikasi ini juga memiliki fasilitas mail merge yang dapat mengotomatisasi pembuatan surat. Selain itu Abiword  juga didukung dengan layanan yang mampu membaca dan menyimpan semua tipe dokumen dalam industri.

Terakhir aplikasi ini juga memuliki layanan AbiCollab.net yang memungkinnkan pengguna untuk menyimpan dokumen secara online berbagi dengan pengguna lain. Aplikasi ini sangat recomanded banget bagi anda yang ingin melakukan pekerjaan menulis.

Dropbox paper

Dropbox paper

Aplikasi ini merupakan sebuah media yang memberikan layanan pengolahan dokumen. Dengan dropbox paper anda bisa melakukan penyimpanan data secara online. Aplikasi ini memiliki keunggulan yang diantaranya yakni file yang bisa ter back up di drop box, file dapat diakses dimana saja baik menggunakan smartphone maupun laptop. Sangat cocok bagi media penyimpanan file pekerjaan anda yang aman.

Polaris office

Polaris office aplikasi office alternatif microsoft

Aplikasi ini adalah sebuah aplikasi office yang dikembangkan oleh Infraware.Inc. Polaris office sendiri merupakan layanan aplikasi office tidak berbayar yang bisa diakses menggunakan android , ios dan windows. Dengan aplikasi ini anda bisa membuat dan mengedit dokumen word, excel maupun presentation sesuai kebutuhan anda, anda bisa membuka dan berbagi file yang telah ada, melakukan berbagi data dengan pengguna lain, dan penyimpanan gratis pada cloud sehingga anda tidak perlu khawatir kehilangan file milik anda.

Namun untuk bisa menggunakannya anda harus punya akun dan tersambung dengan koneksi jaringan internet terlebih dahulu. Untuk mendukung penggunaanya polaris office sudah terintegrasi dengan beberapa cloud storage yang diantaranya yakni google drive, dropbox, dan one drive. Dengan berbagai fitur dan keunggulan yang dimiliki aplikasi ini layak kamu jadikan pertimbangan untuk bisa meninggalkan aplikasi Microsoft yang berbayar.

Word pad

blank

Aplikasi word pad merupakan sebuah aplikasi pengolah kata gratis yang memiliki berbagai jenis formatting dan gambar. Aplikasi office selain microsoft office ini dapat berfungsi untuk menyisipkan dokumen tertentu dalam bentuk file, rich text file untuk M5 dan DOS/Unicode. Word pad sendiri telah memiliki perkembangan yang besar dan memiliki fitur yang lebih lengkap dari note pad.

Word pad sendiri memiliki kelebihan yakni ukuran file yang kecil, tampilan yang sederhana dan menarik, dan untuk jenis maupun ukuran hurufnya bisa diatur. Sangat cocok bagi anda dalam mengolah kata secara gratis.

Apache open suite

Apache open suite

Apache open suite merupakan paket aplikasi yang bisa membantu  dalam menyelesaikan tugas kantor anda. Diantara paket aplikasi yang tersedia adalah pengolah kata (word processor), lembar kerja (spreadsheet), presentasi, ilustrasi vektor, dan database.

Tidak kalah dengan Microsoft office, apache open suite ini juga dilengkapi dengan layanan yang mampu mendukung untuk dilakukannya pembukaan terhadap dokumen, saling berbagi data dan dapat digunakan tanpa biaya. Memang aplikasi ini tidak begitu poluler, namun perlu diketahui bahwa apache open suite merupakan platform bag i 46 % website di seluruh dunia ini.

Nama resmi dari platformnya adalah Apache HTTP Server, dan untuk saat ini software ini dikelola dan dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Dengan apache open suite pemilik platform web bisa dengan mudah membuat konten di   web – dan karena itulah software diikuti dengan kata ‘web server’. Sangat cocok bagi anda untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan anda tanpa harus bergantung padaa Microsoft office lagi, karena disini pengguna juga bisa membuat web untuk pekerjaan publikasi ataupun edukasi bagi perusahaan.

Thinkfree office

Thinkfree office

Dengan aplikasi ini anda bisa mengelola berbagai dokumen milik anda secara online. Aplikasi ini sangat kompetibel dengan Micrososft. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa anda gunakan tanpa mengeluarkan biaya tambahan, hanya berupa berbekal koneksi jaringan internet dan laptop atau pc saja.

Dengan thinkfree office ini anda dapat melakukan edit file file Word, HTML, XML, teks biasa, RTF dan juga template Word.  Selain itu juga dapat menghemat dokumen seperti file Word, RTF, PDF, tidak hanya itu dengan aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk mempublikasikan berbagai dokumen ke blog Anda.

Dan yang terakhir aplikasi ini juga `menyediakan pilihan edit lanjutan dan mengekspor file ke dalam format PDF.  Aplikasi ini merupakan alternatif yang bisa dijadikan pilihan ketika anda tidak memiliki aplikasi Microsoft office yang berbayar.

Kpresenter

Kpresenter

Aplikasi office selain Microsoft office yang keduabelas adalah kpresenter. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang memungkinkan anda untuk membuat dan menyajikan presentasi dengan menarik. Dengan berbagai fasilitas yang diawarkan, aplikasi ini juga tidak kalah unggul dibanding dengan aplikasi penyaji presentasi lain.

Kpresenter merupakan aplikasi gratis yang tersedia untuk berbagai operation system, selain itu aplikasi ini juga kompetibel dengan file Microsoft power point.

iWork KeyNote

iWork KeyNote

Aplikasi ini sengaja dibuat oleh perusahaan telekomunikasi apple untuk operation system  X dan iOS. iwork keynote merupakan aplikasi yang bisa anda jadikan pertimbangan untuk memuat presentasi anda. iwork keynote juga dilengkapi dengan beberapa fitur seperti template, transisi, dan efek sihir yang bisa membuat presentasi anda semakin menarik.

Untuk keunggulan yang ditawarkan adalah mengenai tampilan yang muda digunakan dan menarik, kompetibel dengan micrososft office, fitur efek dan transisi membuat hasil presentasi buatan keynote bisa lebih menarik dari Microsoft office.

KOffice

KOffice

Aplikasi koffice ini mempunyai 3 paket aplikasi yang bisa membantumu dalam menyelesaikan pekerjaan kantor. Sama halnya dengan Microsoft office, aplikasi ini juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang pekerjaan kantor anda seperti:

  • KWord word processor yang bisa anda gunakan untuk melakukan pekerjaan mennulis dengan dukungan style dan penggunaan frame untuk tata letak
  • KSpread spreadsheet calculator
  • Kivio yang bisa membantu anda untuk membuat sebuah data berupa diagram alir mirip dengan Microsoft visio
  • karbon14 yang bisa anda gunakan untuk membuat atau menyunting gambar vector
  • KFormula yang memungkinkan anda untuk menyunting rumus atau formula matematik
  • KPlato project management software.

Aplikasi ini juga menggunakan Open Document Format (ODF) sebagai format file-nya. Dengan berbagai fitur dan keunggulan yang ditawarkan, aplikasi ini sangat cocok bagi anda. Dengan aplikasi ini anda tidak perlu lagi menggunakan aplikasi milik Microsoft office yang berbayar.

Nah penjelasan diatas adalah sekilas mengenai beberapa aplikasi office selain microsoft office yang bisa membantu perkerjaan kantor anda tanpa harus bergantung dengan menggunakan aplikasi milik Microsoft office yang berbayar. Perlu dingat bahwa setiap aplikasi memiliki berbagai kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tiinggal kita pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan kita. Sekian penjelasan mengenai aplikasi office selain microsoft office. Semoga dapat membantu, terima kasih.

best seller lazada
About Author: