7 Cara Menghemat Quota Internet di Android

Cara menghemat Quota Internet di Android – Kuota adalah nyawa dari sebuah ponsel pintar. Tanpa paket data, rasanya punya ponsel pun tiada guna. Tapi begitu punya paket data, kenapa  begitu cepat habisnya?

 

Cara Menghemat quota internet

Nah, memang terkadang kita bisa memakai paket data secara berlebihan. Untuk itulah diperlukan beberapa Cara menghemat data seluler. Berikut beberapa cara lengkapnya:

1. Membatasi Penggunaan Data

Sebenarnya, di dalam setiap android memiliki fitur tersendiri untuk membatasi penggunaan data. Fitur ini nantinya akan mengingatkan apabila Anda memakai data terlalu banyak atau melewati batas minimal.

Lazada Flash Sale hemat 99%
Cara Menghemat Paket Data Internet

Cara mengaktifkan fitur pembatasan data ini sebenarnya cukup mudah. Yakni sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan atau settings
  • Kemudian pilih opsi koneksi
  • Dari koneksi, akan ada pilihan Penggunaan Data, tekan itu
  • Lalu pilih Penggunaan Data Seluler
  • Dari penggunaan seluler nanti akan ditampilkan aplikasi mana yang memakan data paling banyak. Kemudian ada ikon gir, tekan itu
  • Di sana nanti akan ada pilihan Atur Peringatan Data dan Atur Batas Data. Aktifkan kedua fitur tersebut.

Nantinya, ketika Anda memakai terlalu banyak data, maka ponsel secara otomatis akan mengirim peringatan kepada Anda. Dan apabila batas data telah terlewati, koneksi Anda akan diputus secara otomatis.

2. Lakukan Update Aplikasi Hanya Lewat Wi-Fi

Cara menghemat kuota selanjutnya adalah dengan melakukan update aplikasi lewat Wi-Fi. Jamak diketahui bahwa sebenarnya ponsel selalu memiliki sistem untuk memperbarui perangkat. Biasanya sebulan sekali atau seminggu sekali akan muncul pengingat untuk pembaruan.

Menghemat Quota Internet Dengan Cara Update Apliaksi Hanya Dengan Wifi

Nah, pembaruan ini memakan banyak sekali paket data. Tapi kalau tidak diperbarui, kinerja dari ponsel tidak akan berjalan optimal. Cara mengakalinya sangat mudah: cari jaringan Wi-Fi (di kafe, kampus, restoran, atau bahkan di telkom free internet) dan update pembaruanmu dari sana.

Ini akan banyak menghemat kuota.

3. Matikan Data saat Tidak Terpakai

Beberapa aplikasi tetap berjalan meskipun tidak digunakan. Terutama aplikasi yang pemberitahuannya dinyalakan. Dan biasanya, aplikasi yang berjalan di belakang layar adalah aplikasi yang memakan data seluler.

cara menghemat quota internet, matikan data saat tidak terpakai

Oleh karena itu, meskipun Anda sedang meletakkan ponsel dan tidak memainkannya, data seluler tetap berjalan dan berkurang. Untuk mengakalinya, matikan data seluler ketika ponsel sedang tidak digunakan. Misalnya ketika tidur atau ketika Anda sedang melakukan kegiatan lain.

4. Aktifkan Fitur Data Saver di Chrome

Chrome adalah salah satu perambah yang ada di Android. Perambah ini memang cepat dan lumayan ringan dan aman. Nilai tambahnya adalah ketika Anda ingin berselancar di dunia maya, Anda bisa menghemat penggunaan data dengan mengaktifkan data saver.

cara menghemat quota internet dengan matikan fitur saver di chrome

Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu memasuki menu pilihan dan settings di Chrome. Tekan ikon titik tiga di pokok kanan atas dan pilih setelan dari down menu. Dari sana, Anda bisa mengaktifkan data saver yang ada di Chrome.

5. Batasi Penggunaan Instagram dan YouTube

Cara menghemat paket data selanjutnya adalah membatasi penggunaan instagram dan YouTube. Aplikasi chatting seperti WhatsApp dan Messenger tidak memerlukan begitu banyak data ketika digunakan.

cara menghemat quota internet dengan membagtasi penggunaan instagram dan youtube

Berbeda dengan YouTube dan Instagram. Kedua aplikasi ini memiliki konsumsi kuota yang lumayan banyak. Bahkan, jika dilihat dari daftar, penggunaan data akan didominasi oleh kedua aplikasi ini.

Cara mengakalinya adalah membatasi pemakaiannya. Tapi, jangan lupa untuk menon-aktifkan pemberitahuan agar aplikasi tidak berjalan di belakang layar

6. Ubah Fitur Maps ke Mode Offline

Satu lagi aplikasi yang banyak sekali menggunakan data adalah fitur Google Maps. Meskipun tidak digunakan, aplikasi ini akan tetap berjalan dan akan menggunakan banyak sekali kuota internet. Untuk itu, Anda hanya perlu mematikan Maps dan mengubahnya ke mode offline.

cara menghemat quota internet, ubah fitur map ke mode offline

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi maps
  • Sentuh Search Bar
  • Geser menu down ke bawah dan pili Save Map to Use Offline, maka Google Maps sudah berubah menjadi mode Offline dan data akan terselamatkan.

 

7. Non-Aktifkan Opsi Sinkronisasi

Beberapa aplikasi bisa melakukan penyinkronan secara otomatis. Dan melakukan penyinkronan ini berarti Anda akan kehilangan lebih banyak data. Untuk mengakalinya, Anda hanya perlu menon-aktifkan sinkronisasi otomatis.

cara menghemat quota internet dengan non aktifkan opsi sinkronisasi

Caranya mudah. Anda hanya perlu masuk ke pengaturan dan memilih opsi akun. Dari sana akan ada daftar aplikasi yang melakukan sinkronisasi secara otomatis. Anda hanya perlu menon-aktifkan beberapa aplikasi yang ingin Anda matikan sinkronisasinya.

Penggunaan kuota tanpa manajemen yang benar akan membuat Anda terus-terusan kehabisan data. Data internet juga sesuatu yang membuat kita kecanduan ponsel. Maka, untuk mengurangi kecanduan, Anda perlu mengurangi pula pemakaian data dengan cara-cara di atas.

Nah, itulah beberapa cara menghemat quota internet di Android. Semoga bermanfaat.

best seller lazada
About Author: