Cara Scan dari Printer ke Laptop

Cara Scan dari Printer ke LaptopSabineBlog, Menyimpan dokumen dalam file digital adalah pilihan praktis saat ini. Seringkali kita perlu mengubah dokumen fisik ke file digital dengan cara scan. Ijazah sekolah atau akta kelahiran bisa dibuat file digitalnya untuk keperluan melamar pekerjaan. Untuk keperluan tersebut dibutuhkan scanner atau printer all in one yang terkoneksi ke laptop atau PC. Cara scan dari printer ke laptop cukup mudah dilakukan.

cara scan dari printer ke laptop

Cara Scan dari Printer ke Laptop

Apakah Anda ingin scan dokumen dari printer ke laptop? Berikut langkah-demi-langkah yang akan menjelaskan bagaimana Anda dapat melakukannya dengan mudah :

Baca: Aplikasi Scan untuk Android

  • Periksa apakah printer yang digunakan punya fitur scan. Printer jenis itu biasa disebut model all-in-one, juga dikenal sebagai printer multifungsi. Dapat menkopi dan memindai selain mencetak. Pengguna biasanya dapat langsung melihat itu karena printernya memiliki tombol Pindai.
  • Hubungkan printer ke laptop. Jika pengguna ingin memindai dari printer ke laptop, maka terlebih dahulu harus memastikan bahwa program bawaan printer diinstal pada laptop itu. Jika tidak, laptop tidak akan mengenali printer dan karenanya tidak dapat berkomunikasi dengannya. Banyak printer all-in-one modern dapat dihubungkan secara nirkabel, tetapi pengguna mungkin juga perlu menggunakan kabel USB.
  • Nyalakan printer. Pastikan printer terhubung dan tekan tombol daya pada perangkat jika belum menyala. Banyak printer inkjet melakukan proses pembersihan segera setelah dihidupkan.
  • Tempatkan dokumen pada flatbed pemindai. Buka tutup printer dan letakkan dokumen yang akan dipindai (sisi tulisan atau cetak menghadap ke bawah) di atas kaca pemindai. Jika ragu, lihat tanda di sepanjang tepi kaca untuk melihat dengan tepat di mana harus meletakkan dokumen. Kemudian tutup penutup printer.
  • Buka program printer atau program scan. Pengguna sekarang siap untuk memindai. Itu dapat dilakukan melalui software scan printer, atau melalui program Windows itu sendiri.
  • Jika pengguna ingin memindai melalui program pemindaian printer, lihat manual yang disertakan dengan printer atau cari manual di Internet; pengguna biasanya dapat menemukannya dengan cepat jika mengetikkan merek dan jenis printer di Google dan menambahkan kata ‘manual’ sebelum atau sesudahnya. Jika pengguna ingin memindai melalui Windows, buka menu Start dan buka Windows Fax and Scan. Setelah aplikasi terbuka, klik Pemindaian baru. Pengguna dapat memilih tipe printer yang terhubung dan mengkonfigurasi sejumlah pengaturan. Kemudian klik Pratinjau untuk melihat pratinjau pemindaian. Jika sudah sesuai, klik Pindai.

Baca: Cara Ngeprint di Laptop

Aplikasi Microsoft Scan

Metode termudah lainnya cara scan dari printer ke laptop yaitu dengan aplikasi Microsoft Scan. Perangkat lunak tersebut bekerja untuk hampir semua printer dan mudah digunakan. Aplikasi itu dibuat dengan bagus untuk memastikan bahwa semua orang dapat menggunakannya. Pengguna dapat mengunduh aplikasi tersebut dari situs resmi Microsoft. Ikuti semua langkah di bawah ini untuk melakukannya :

  • Klik Start di kiri bawah layar Windows dan cari aplikasi scan. Jika tidak dapat menemukannya, gunakan bilah pencarian. Atau cek disini
  • Buka aplikasi scan itu dan layar akan terbuka dengan beberapa opsi.
  • Pengguna dapat memilih printer yang ingin digunakan untuk memindai. Bila printer belum terdeteksi, pengguna perlu menambahkan printer.
  • Pada jenis file, pengguna dapat memilih dalam format apa pemindaian harus dilakukan. Format PDF adalah yang paling umum, tetapi pengguna juga dapat memilih PNG atau JPEG.
  • Setelah semua pengaturan benar, pengguna dapat mengklik tombol scan. Scanning sekarang akan dimulai.
  • Ketika pemindaian selesai, pengguna dapat menemukan hasil scan dalam folder scan. Folder scan sering ditempatkan dalam Document. Folder tersebut berisi semua hasil pindaian yang telah dibuat.
  • Dengan cara tersebut pengguna dapat dengan mudah memindai dan melihat dokumen di laptop. Jika pengguna tidak dapat memindai, periksa apakah semua langkah telah dilakukan dengan benar, jika masih belum bisa, pengguna harus menambahkan printer (Add Printer) sekali lagi.

Kesimpulannya, scan dokumen dari printer ke laptop Anda adalah cara yang bagus untuk mendapatkan dokumen Anda saat bepergian. Dengan mengikuti langkah-langkah dan cara scan dari printer ke laptop yang cukup sederhana di atas, Anda dapat yakin bahwa prosesnya akan cepat dan mudah.

About Author: