Mengenal NFT, Ubah Karya Seni Jadi Cuan

Sabineblog.com – Saat ini tengah digembar-gemborkan mengenai pentingnya berinvestasi. Semakin berkembangnya zaman, instrumen investasi kini tak terbatas hanya pada investasi uang fisik saja, tapi juga investasi uang digital. Salah satu bentuk investasi uang digital yang lagi in saat ini adalah NFT.

Tahun ini, rasanya NFT menjadi model investasi yang lagi naik daun. Segala karya seni digital dapat dibanderol dengan harga mahal, entah musik, GIF, karya grafis, atau skin video game. Yuk, kita kenalan dengan NFT!

Apa Itu NFT?

NFT adalah singkatan dari non-fungible token. NFT adalah kumpulan aset digital yang merepresentasikan objek asli, seperti seni, video, musik, dan item yang terdapat di dalam video game. NFT membuat sebuah karya seni bisa dijualbelikan melalui blockchain.

Singkatnya, NFT adalah sebuah token yang dapat digunakan untuk mewakili kepemilikan dari karya seni. NFT dapat menandai kepemilikan seperti seni dan barang koleksi. Karya yang diperdagangkan di NFT hanya dapat dimiliki oleh satu orang karena setiap aset digital memiliki kode unik yang menandainya.

Cara Kerja NFT

Secara umum, karya seni konvensional seperti lukisan dapat bernilai sangat mahal karena mereka adalah satu-satunya. Berkebalikan dengan karya seni konvensional, karya seni digital dapat diduplikasi dan diperbanyak dengan mudah.

Dengan NFT, karya seni tadi dapat ditandai sehingga mendapatkan sertifikat kepemilikan digital yang dapat diperjualbelikan. NFT adalah barang koleksi yang unik karena hanya ada satu-satunya. Kerennya lagi, NFT tidak mudah hancur dan direkayasa.

mengenal teknologi NFT untuk menjual karya seni

Karya seni yang biasa diperdagangkan di NFT biasanya berupa GIF, barang-barang koleksi ataupun avatar virtual dan skin video game. Selain itu, masih ada juga video dan cuplikan peristiwa olahraga, music hingga desain.

Transaksi NFT berjalan seperti transaksi pada umumnya. Biasanya NFT dipasarkan di pasar digital, misalnya Rarible atau Open Sea. Untuk dapat bertransaksi NFT, pembeli harus memiliki mata uang khusus berbentuk ethereum dan dolar.

Bagaimana Cara Membeli NFT?

Saat kamu akan membeli NFT, pastikan kamu memiliki dompet digital yang dipakai, jenis cryptocurrencynya, dan mau beli di marketplace mana. Beberapa marketplace yang umum memperdagangkan NFT, misal NBA Top Shot atau Mintable. Jadi mau beli di mana nih?

Bagaimana Cara Menjual NFT?

Mekanisme penjualannya bisa sangat bervariasi tergantung dari platform marketplace masing-masing. Kamu akan diminta mengunggah konten NFT ke sebuah marketplace kemudian dilanjutkan dengan pengubahan konten ke bentuk NFT.

Selanjutnya, kamu bisa memasukan informasi, seperti harga jual dan deskripsi dari karya yang kamu buat. Biasanya NFT dibayar menggunakan ethereum, namun bisa juga dibayar dengan token jenis lainnya, seperti token Flow dan WAX.