Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Puncak Karir Thibaut Courtois di Real Madrid


penjaga gawang madrid Thibaut Courtois

Penjaga gawang andalan Real Madrid, Thibaut Courtois beberapa waktu lalu memberikan sebuah pernyataan jika dia kini tengah berada dalam puncak karirnya. Mendarat di Santiago Bernabeu pada tahun 2018 silam dari Chelsea, kini kiper asal Belgia tersebut mampu menjadi salah satu pemain kunci dari Real Madrid.

Perjalanan Berliku Courtois


Sebelum memutuskan bergabung dengan salah satu raksasa La Liga Real Madrid, penjaga gawang asal negara Belgia ini cukup lama membela Chelsea di Liga Premier. Dan akhirnya di tahun 2018 lalu dia membuat keputusan yang sangat besar untuk meninggalkan Stamford Bridge dan bergabung dengan Real Madrid.

Seperti pemain baru lainnya di sebuah tim besar, Courtois tidak langsung menduduki posisi penting. Dia juga harus bersaing untuk bisa masuk line up utama. Perlahan tapi pasti kini dia berhasil mengamankan posisinya sebagai kiper utama Los Blancos.

Courtois juga mengaku jika menjadi pemain utama dalam sebuah kebanggaan tersendiri baginya. “Menjadi pemain utama dari Real Madrid, merupakan suatu hal yang penting bagi saya,” kata Courtois saat diwawancarai Real Madrid TV.

Dirinya mulai terpilih menjadi kiper utama dari El Real setelah Ikker Cassilas memutuskan untuk hengkang dari Madrid. Dengan hal tersebut maka dia langsung mendapat kesempatan untuk menjadi penjaga gawang berikutnya di Real Madrid.

Berada di Puncak Karir

Keputusannya untuk hijrah ke Spanyol dan memperkuat Real Madrid adalah supaya dia berkesempatan mencicipi gelar juara. Dia merasa tim berjuluk Los Merengues ini mempunyai kesempatan besar untuk meraih trofi juara. Untuk itu dia menilai jika bergabung dengan Real Madrid maka ini akan menjadi puncak karirnya dalam dunia sepakbola.

“Segalanya menjadi sangat penting di klub ini. Semua pertandingan yang akan dilalui, bahkan sesi latihan menjadi sangat penting.”

“Saya ingin berjuang agar bisa meraih trofi La Liga dan Liga Champions. Karena dengan memenangkan kedua trofi tersebut akan menjadi penanda puncak karir dari saya,” tambah Courtois.

Ketatnya Persaingan di Real Madrid


Seperti telah dikatakan diatas, jika awal kedatangan Courtois di Santiago Bernabeu tidak berjalan mulus. Dia bahkan mengakui jika untuk berdiri sebagai pemain utama dari Real Madrid bukanlah sebuah perkara yang mudah. Selain ketatnya persaingan, tekanan yang dia rasakan begitu besar untuk bisa menjadi salah satu starting eleven Los Blancos.

“Di klub ini tantangan akan selalu datang kepada anda, jadi anda harus tahu bagaimana cara untuk segera mengatasinya. Sebagai pemain Madrid anda tidak bisa bersantai-santai dan tidak bisa sepenuhnya merasa tenang.”

“Ketika anda sudah mengenakan seragam ini, maka tekanan akan selalu datang kepada anda. Itulah yang menjadi alasan mengapa tim ini begitu banyak memenangkan gelar,” ujarnya.

Belajar Dari Pengalaman

Lebih lanjut mantan penjaga gawang The Blues ini membeberkan jika kekuatan mental menjadi kunci dirinya bisa tampil impresif akhir-akhir ini. Di awal musim bergabungnya Courtois mendapat banyak kritik dari berbagai kalangan. Ini dikarenakan dia sering kali melakukan blunder saat diberi kesempatan untuk tampil. Namun di musim keduanya dia berhasil memperbaiki kesalahan. Tercatat dari 11 pertandingan dia sudah melakukan clean sheets sebayak delapan kali.

Pemain 27 tahun ini menilai bahwa kesalahan yang sudah terjadi tidak perlu terlalu diambil hati. Yang terpenting dari semua kesalahan tersebut adalah dia bisa mengambil pelajaran agar tidak terulang kembali di masa mendatang.

“Situasi seperti ini sempat saya alami di usia 20 tahun saya. Anda tidak perlu memasukkan segalanya ke dalam hati. Anda hanya perlu mengambil pelajaran dari kejadian tersebut.”