Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Suarez Absen Empat Bulan, Barcelona Merotasi Lini Serang


pemain barcelona luiz suarez cedera 4 bulan

Salah satu pilar utama Barcelona, Luis Suarez sat ini sedang mengalami cedera yang cukup serius. Keadaan ini memaksa sebuah perubahan di lini depan tim karena dirinya absen. Striker asal Uruguay ini dipastikan akan menepi dari lapangan selama empat bulan ke depan untuk menjalani masa pemulihan.

Suarez Absen Empat Bulan, Barcelona Terpaksa Rotasi Lini Serang

Melihat cedera yang dialami salah satu punggawa inti tersebut, sang pemain dipastikan akan absen selama empat bulan kedepan. Kondisi ini bisa saja berakhir dengan cepat, bisa juga malah menjadi lebih buruk. Dengan kata lain, bisa jadi pihak klub bisa saja mencari opsi  untuk mendatangkan stiker baru. Melihat saat ini skuad Blaugrana sedang dalam tahapan penting di akhir kompetisi musim ini. 

Kehilangan sosok pencetak gol seperti Suarez tentu saja merugikan tim dimana mereka saat ini masih memimpin perolehan klasemen.
Posisi saat ini Barcelona tinggal memiliki lima orang penyerang, dan opsi mendatangkan striker baru bisa saja tidak jadi dipakai. Lini depan Barca masih ada sederet nama seperti Lionel Messi, Anthoine 
Griezmann, Ousmane Dembele, Carles Perez, serta Ansu Fati. Total ada enam pemain penyerang yang kini dimiliki termasuk Luis Suarez.

Mengubah Skema Bermain

Ernesto Valverde ataupun pelatih Barcelona yang akan datang nanti bisa jadi akan merubah pola bermain dari Barca menjadi skema (4-4-2). Dengan posisi ini maka secara otomatis Lionel Messi dan Anthoine Griezmann akan menjadi penyerang utama di lini depan.

Akan tetapi skema bermain ini tergantung bagaimana nanti dinamika dari para pemain tengah. Dengan empat pemain di tengah apakah mampu menyelesaikan permasalahan, atau hanya memperburuk penampilan tim. Hal tersbut masih dipertimbangkan mengingat posisi yang ditinggalkan Suarez cukup vital.

Opsi Kembalinya Strategi False Nine

Di era kepelatihan Pep Guardiola, Barcelona pernah memakai Lionel Messi sebagai penyerang utama dan mengambil peran sebagai false nine. Strategi yang dimaksud adalah bahwa sang kapten bebas menjelajah semua lapangan. Namun strategi ini berakhir ketika Luis Enrique datang dan membeli Luis Suarez untuk bermain di ujung tombak.

Andai saja strategi ini kembali dipakai, maka Lionel Messi akan bermain sebagai penyerang tengah. Posisi ini bisa jadi menempatkan Anthoine Griezmann, Ousmane Dembele, Ansu Fati, dan Carles Perez sebagai pemain sayap.

Opsi Griezmann di Tengah

Ada opsi lain yang dirasa lebih baik untuk digunakan, yaitu dengan menempatkan Anthoine Griezmann sebagai penyerang tengah. Hal ini malah akan menempatkan sang penyerang asal Prancis tersebut sesuai dengan yang biasa dia mainkan selama ini sebelum bergabung dengan Barcelona. Griezmann sudah terbiasa bermain pada posisi ini saat dirinya masih merumput bersama Atletico Madrid dan timnas Prancis.

Keuntungan yang didapatkan dari formasi ini adalah Lionel Messi masih bisa menempati posisi seperti semula. Yaitu menempati posisi kanan agak mundur sedikit, sedangkan sisi sayap lainnya bisa ditempati Fati maupun Dembele.

Mendatangkan Penyerang Baru

Jika formasi Griezmann sebagai penyerang tengah cocok maka bisa jadi pihak klub akan mendatangkan Abel Ruiz dari Barcelona B untuk menjadi pelapis. Namun sang pemain dikabarkan tengah mempertimbangkan masa depannya karena jam bermain yang minim di skuad utama. Berarti opsi ini juga tidak akan terwujud.

Opsi lain yang paling mungkin diambil jika mendatangkan pemain baru adalah dengan membeli Kevin-Prince Boateng di bursa transfer Januari 2020 ini. Manajemen Barcelona bisa jadi mendatangkan sosok tersebut untuk menjadi pelapis Suarez kali ini untuk membawa tim mengarungi sisa musim ini.