Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bagaimana Cara Menghilangkan Iklan di Android? Cek Di sini

Siapa yang sering menjumpai iklan saat sedang browsing melalui smartphone? Bagi Anda pengguna internet tentu sudah sering menjumpai hal demikian, bukan? Tentu saja kejadian tersebut akan sangat menyebalkan karena akan mengganggu aktivitas browsing Anda melalui smartphone Android. Lalu, bagaimana cara menghilangkan iklan di Android tersebut? 

cara hapus iklan di android

Perlu diketahui, salah satu tanda bahwa smartphone Anda terjangkit oleh malware yaitu adanya iklan yang sering muncul secara tiba-tiba. Malware sendiri merupakan sebuah program yang memang khusus diciptakan untuk menggandakan, mencuri, merusak, menyembunyikan hingga mengubah data. Nah, agar tidak semakin parah, berikut terdapat beberapa cara menghilangkan iklan di smartphone dengan mudah.

Cara Menghilangkan Iklan di Android dengan Mudah


Cara Menghilangkan Iklan di Browser Chrome

Chrome memang menjadi salah satu browser yang sering digunakan oleh banyak kalangan untuk melakukan aktivitas internet. Nah, bagi Anda yang sering menggunakan browser ini ada beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk menghilangkan iklan yang seringkali muncul. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuka aplikasi Google Chrome dan tiga titik vertikal.

Selanjutnya akan muncul beberapa opsi, maka Anda bisa meng-scroll ke bawah hingga menemukan opsi ‘Site Setting’ dan klik opso ‘Pop-ups and redirect’. Kemudian klik bagian toggle yang muncul hingga berubah menjadi warna abu-abu. 

Selain itu Anda juga bisa melakukan pemblokiran pada situs tertentu dengan klik opsi ‘Ads’ yang mana terdapat di bawah dari opsi ‘Pop-ups and redirect’. Setelah itu klik toggle hingga muncul warna abu-abu, maka iklan yang sering muncul secara otomatis akan terblokir.

Cara Menghilangkan Iklan dengan Aplikasi

Selain menggunakan Google Chrome, terdapat cara lain yang juga terbukti efektif dapat menghapus iklan pada smartphone Android yaitu dengan menggunakan aplikasi. Cara menghilangkan iklan di Android yang satu ini terbukti lebih banyak dipilih oleh para pengguna karena lebih mudah. Namun, untuk cara yang kedua ini Anda diwajibkan untuk mengunduh aplikasi dari pihak ke tiga.

Pertama, pastikan untuk mengunduh aplikasi ‘Adguard Content Blocker’ di Google Play store. Kelebihan dari aplikasi ini yaitu dapat diunduh secara gratis namun dengan mode terbatas. Jika Anda ingin menghilangkan secara sempurna maka disarankan untuk menggunakan aplikasi yang berbayar. Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh aplikasi ‘Adguard’ yaitu dapat bekerja dalam mode VPN.

Cara Menghilangkan Iklan dan Malware

Selain kedua cara di atas, masih ada satu lagi cara menghilangkan iklan di Android yang disebabkan oleh aplikasi jahat dan malware. Perlu diketahui, selain dapat menghilangkan iklan yang bermunculan aplikasi yang satu ini juga sangat dapat membuat perangkat yang ada di smartphone Anda lebih aman. Bagaimana caranya?

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menghapus aplikasi yang dianggap bermasalah. Selanjutnya tekan tombol power dan tahan opsi ‘Power Off’ yang bertujuan untuk me-restart smartphone di safe mode. Setelah itu Anda bisa menghapus aplikasi yang Anda download satu per satu. Perlu diingat setelah menghapus aplikasi lakukan restart agar smartphone lebih aman dan terlindungi. 

Setelah melindungi smartphone, maka langkah selanjutnya Anda bisa mengaktifkan fitur Play Protect dengan cara membuka aplikasinya di Google Play store. Kemudian pilih menu yang da di sebelah sisi kiri atas kemudian scroll dan pilih opsi ‘ Play Protect’. Jika sudah, klik toggle ‘Scan Device for Security Threats’ hingga tampilan warna hijau untuk mengaktifkan Play Protect.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan iklan di Android dengan mudah dan cepat. Bagi Anda yang menjumpai masalah di atas, maka segera lakukan pembersihan untuk menghindari kondisi malware yang semakin parah. Semoga informasi di atas bermanfaat!