Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Spesifikasi Realme XT, Smartphone Idaman Para Gamer


Realme kembali hadir membawa Realme XT  yang dilaunching di akhir tahun lalu. Realme XT disebut sebut sebagai bukti jika Realme, brand asal Tiongkok ini bukan hanya fokus pada harga yang terjangkau. Namun, tetap memberikan beragam fitur unggulan. Hal itu didukung oleh pernyataan Palson Yi, Brand Manager Realme Indonesia yang mengatakan jika filosofi brand tersebut adalah menghadirkan produk terbaik dengan peningkatan. Ini spesifikasi Realme XT yang harus kamu ketahui.

Spesifikasi Realme XT

Realme XT mencul bersama layar Super AMOLED Dewdrop sekitar 6,4 inch yang memiliki resolusi Full HD Plus (1080 x 2340 pixels). Layar Realme XT mempunyai dimensi 158.7 x 75.2 x 8.6 mm dengan berat 183 gram dan kerapatan pixel hingga ~403 ppi. Selain diproteksi oleh Corning Gorilla Glass 5, Realme XT juga melewati proses pengemasan COF yang merupakan teknologi untuk meningkatkan warna yang presesi sesuai ukuran layar dengan rasio 91,9 persen.

Pada layar Realme XT tampak notch di sisi tengah atas dengan desain waterdrop. Notch tersebut menyimpan kamera depan dengan lensa wide beresolusi 16 MP dan aperture f/2.0 yang dilengkapi sensor Sony IMX471, terlebih pada kamera itu terdapat fitur HDR, panorama, dan AI Beautification 2.0 yang berguna untuk memaksimalkan penampilanmu di kamera. Lensa depan Realme XT juga mampu merekam video hingga resolusi 1080p.

Sedangkan untuk kamera belakang Realme XT mempunyai empat kamera yang meliputi kamera utama, lensa wide beresolusi 64 MP dan aperture f/1.8 dengan sensor Samsung Bright GW1 yang dinyatakan dapat menghasilkan gambar lebih jelas dengan warna yang cerah dan natural, melalui teknologi pixel binning four in one yang memaksimalkan aperture dan lensa 6P membuka untuk nenerima cahaya, sehingga ukuran gambar yang diperoleh empat kali lebih besar dari foto yang diabadikan dengan kamera beresolusi 16 MP. Teknologi tersebut juga membuat gambar yang dihasilkan lebih jelas dan detail walaupun zoom in zoom out, selain itu kamera utama Realme XT juga didukung fitur Ultra 64 MP. Lalu ada teknologi Tetracell dan 3D HDR yang dapat memperjelas gambar ketika dipotret.

Selanjutnya terdapat lensa ultra wide beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.3, lalu lensa macro beresolusi 2 MP dengan aperture f/2.4 dan lensa depth sensor beresolusi 2 MP dengan aperture f/2.4. Keempat kamera belalang Realme XT dilengkapi LED Flash, HDR, mau pun panorama dan mampu merekam video hingga 2160p, 1080p, 720p dengan teknologi Electronic Image Stabilization.

Realme XT membekali diri dengan chipset
Qualcomm SDM712 Snapdragon 712 (10 nm) dengan CPU Octa Core dan GPU Adreno 616. Dapur pacu tersebut memiliki clock speed sampai 2,3 Ghz, sehingga smartphone ini mempunyai performa lebih baik sekitar 10 persen dari generasi generasi sebelumnya. Tak ketinggalan, Realme XT juga menyematkan AI Engine yang berfungsi mengoptimalkan suara, gambar, dan kinerja ponsel.

Rupanya Realme XT menyediakan dua varian RAM berkapasitas 4 GB dan 8 GB dengan satu pilihan memori internal, 128 GB yang dilengkapi oleh UFS 2.1. Realme XT juga memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk menambahkan penyimpanan, karena terdapat slot microSDXC. Ditambah kapasitas baterai sebesar 4.000 mAh yang didukung oleh VOOC Flash Charge 3.0 dengan daya 20 Watt, sehingga Realme XT hanya memerlukan waktu 80 menit untuk mengisi daya secara penuh. Tak lupa Realme XT melengkapinya dengan fitur hemat daya layar dan AI cooling yang berguna untuk meminimalisir konsumsi.

Demi kenyamanan pengguna, Realme XT juga menyematkan aluminium konduktivitas termal yang tinggi dengan beberapa lembaran grafit dan gel termal, sebagai lapisan pendingin agar menjaga temperatur ponsel tidak panas. Sehingga ketika digunakan untuk multi tasking, Realme XT tetap nyaman digenggam. Tak ketinggalan Realme XT menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie yang dipastikan akan dapat pembaruan ke Android 10.0 dan dilengkapi dengan Realme UI.

Beberapa fitur yang dimiliki Realme XT sangat beragam, mulai dari fingerprint in display untuk keamanan yang diperoleh dari Goodix 3.0 dengan indentifikasi multi monitor yang dapat mengenali beragam warna sehingga keamanan lebih terjamin. Fingerprint itu sendiri memiliki kecepatan unlock sekitar 0,30 detik, Realme XT juga telah didukung fitur HyperBoost 2.0 dengan Game Boost 2.0, Frame Boost hingga Touch Boost untuk memaksimalkan performa game sampai 73,7 persen. Terdapat pula fitur Flash Storage dan Game Space untuk melancarkan performa dan menyimpan game, lalu ada fitur Do Not Disturb dan Semi Transparent Pop-ups yang berfungsi untuk meminimalisir gangguan saat bermain game. Itu mengapa Realme XT sangat cocok untuk kamu penggemar gaming.

Di luar fitur game tersebut, Realme XT juga menyediakan jach audio 3,5 mm dan telah menggunakan USB Type. Dark mode pun tersedia dalam smartphone ini untuk memberikan pengalaman berbeda dan memberi kenyamanan mata. Sedangkan untuk desain Realme XT memilih 3d curve glass dengan dua varian warna yakni Pearl White dan Pearl Blue.

Harga Realme XT

Bagi kamu yang tertarik membeli, kamu harus menyiapkan dana yang cukup banyak. Itu karena Realme XT dengan RAM 4 GB dan ROM 128 GB dibander harga mulai Rp 3.9 juta, sedangkan untuk RAM 8 GB dengan ROM yang sama 128 GB kamu harus mengeluarkan biaya sekitar 4,5 juta.